Mengapa kita senang bergosip

Bergosip memang sudah menjadi hal yang biasa dalam masyarakat. Akan tetapi, ini merupakan sesuatu yang harus dihentikan. Banyak orang yang bergosip tidak memikirkan akibat yang mereka timbulkan atau bertanggung jawab atas tindakan mereka.

2,357 views   |   5 shares
  • Manusia hakikatnya adalah makhluk sosial dan tidak dapat hidup sendiri. Setiap dari kita tergabung dalam suatu kumpulan seperti keluarga, masyarakat dan negara. Terkadang kita membuat kelompok-kelompok tersendiri dengan orang-orang yang memiliki beberapa kesamaan. Ketika kita berkumpul bersama kelompok kita baik keluarga atau teman terkadang selalu saja muncul bahan pembicaraan yang secara tidak langsung membuat kita bergosip. Bergosip dapat terjadi di mana-mana, di rumah, di kantor, di sekolah maupun di tempat umum. Misalnya, ketika kita saling bependapat tentang teman kita sebut saja si A. Pendapat berbeda akan mulai bermunculan, dan tanpa kita sadari kita telah bergosip. Bergosip adalah keadaan di mana orang membicarakan sesuatu yang tidak dapat dipastikan kebenarannya. Di Indonesia, bergosip merupakan suatu fenomena yang sudah menjalar baik dalam kumpulan orang yang sudah tua maupun anak muda. Mengapa kita sering bergosip? Berikut alasannya:

  • 1. Ingin menjadi terkenal dalam kelompok

  • Salah satu alasan utama mengapa kita sering bergosip adalah saat kita ingin terlihat seperti orang yang mengetahui banyak hal dan menjadi orang yang penting dalam suatu kelompok. Terkadang saat kita sedang berkumpul, kita ingin menjadi pusat perhatian dan kita menceritakan sesuatu yang kita tidak tahu kebenarannya namun menjadi topik menarik untuk dibicarakan terutama menyangkut kehidupan orang lain. Bergosip dapat juga mempererat ikatan sosial suatu kelompok. Saat kita membicarakan sesuatu yang tidak benar tentang orang lain dan anggota kelompok setuju tentang itu, hal ini memberikan suatu kepuasan tersendiri bagi mereka.

  • 2. Terpengaruh budaya di luar

  • Saat ini, semua stasiun TV di Indonesia memiliki program gosip seputar dunia selebriti. Banyak orang terutama kaum ibu yang berganti-ganti saluran TV untuk menonton gosip-gosip terbaru. Hal ini memberikan contoh tidak baik bagi anak-anak mereka dan menganggap bahwa bergosip merupakan hal yang wajar di masyarakat. Ini membuat bergosip menjadi wabah yang cepat tersebar dan bagian tak terpisahkan dalam masyarakat.

  • 3. Tidak ada yang dibanggakan dalam hidup kita

  • Bergosip juga merupakan suatu pelarian dari kehidupan kita sendiri. Orang yang bergosip biasanya adalah orang yang tidak memiliki sesuatu yang dapat dibanggakan dalam kehidupan mereka. Mereka lebih tertarik untuk membicarakan kehidupan orang lain daripada kehidupan mereka sendiri. Kita memiliki kehidupan yang tidak menarik dan mulai bosan sehingga kita berlomba untuk mencari sensasi baru. Membicarakan orang lain dapat mengobati kegagalan maupun rasa bosan yang terjadi.

  • Advertisement
  • 4. Menilai orang lain lebih mudah daripada diri sendiri

  • Jika Anda sedang membuat daftar tentang kebaikan dan keburukan tentang orang lain, Anda dapat membuatnya dengan sangat cepat. Akan tetapi saat Anda mencoba untuk menilai diri Anda sendiri, mungkin diperlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan daftar tersebut. Kita dapat dengan cepat mencari keburukan atau membuat cerita yang kurang baik tentang seseorang dengan cepat. Kadang-kadang kita bercerita tentang sesuatu hal yang kita tidak tahu kebenarannya. Alasan kita sering bergosip adalah sulit bagi kita untuk menghakimi diri sendiri daripada orang lain.

  • 5. Bergosip memberikan kenikmatan tersendiri

  • Menurut seorang psikolog, bergosip dapat memberikan kenikmatan tersendiri bagi para penggosip. Faktanya, mereka mengetahui bergosip adalah hal yang tidak semestinya dilakukan, tetapi mereka terus melakukannya. Bergosip memberikan kepuasan tersendiri yang membuat para penggosip terus memiliki hasrat untuk menyebarkan gosip mereka. Mereka menjadi kecanduan dengan bergosip dan hal ini menjadi sulit dihentikan. Tiada hari berlalu tanpa bergosip. Teknologi membuat hal ini semakin mudah seperti dengan smartphone, internet dan media sosial. Mereka dapat menyebarkan gosip yang tidak benar tanpa batasan apa pun.

  • Bergosip memang sudah menjadi hal yang biasa dalam masyarakat. Akan tetapi, ini merupakan sesuatu yang harus dihentikan. Banyak orang yang bergosip tidak memikirkan akibat yang mereka timbulkan atau bertanggung jawab atas tindakan mereka. Mari kita bersama-sama mengintrospeksi diri kita dan menjauhi gejala-gejala bergosip yang mulai timbul.

Baca, hidupkan, bagikan!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Mengapa kita senang bergosip

Bergosip memang sudah menjadi hal yang biasa dalam masyarakat. Akan tetapi, ini merupakan sesuatu yang harus dihentikan. Banyak orang yang bergosip tidak memikirkan akibat yang mereka timbulkan atau bertanggung jawab atas tindakan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr