Lebih bijaksana sekalipun harus jauh dari pasangan

Banyak pasangan yang tidak dapat hidup berdekatan karena masalah keuangan, pekerjaan dan banyak hal lainnya lagi. Bagaimana pasangan seperti itu dapat menjaga keharmonisan hubungannya?

10,750 views   |   9 shares
  • Banyak pasangan yang tidak dapat hidup berdekatan karena masalah keuangan, pekerjaan dan banyak hal lainnya lagi. Bagaimana pasangan seperti itu dapat menjaga keharmonisan hubungannya? Apakah peribahasa yang berkata jauh di mata dekat di hati berlaku bagi mereka? Ataukah kerinduan yang memenuhi hati setiap hari membuat cinta lebih berkembang?

  • Seorang wanita yang suaminya menjalankan tugas di medan peperangan tentu saja selalu kuatir dan berdoa bagi suaminya. Kerinduan dan kecemasannya membuat hatinya dipenuhi cinta kepada teman hidupnya itu. Tidak ada lagi kejengkelan karena suaminya terlambat pulang atau karena suaminya menghabiskan uang untuk perangkat elektronik. Jarak yang jauh tidak menyebabkan dia melupakan suaminya. Setiap hari dia berharap agar suaminya segera pulang. Suatu hari ketika dia sedang menyiapkan makanan di rumah dia mendengar seseorang mengetuk pintu. Alangkah terkejut dan gembiranya dia ketika membuka pintu dan melihat suaminya di depan matanya. Ternyata suaminya mendapat cuti dan ingin memberinya kejutan. Segera dipeluknya sang suami seraya bercucuran air mata bahagia.

  • Lain lagi cerita seorang wanita yang terpaksa ditinggal suaminya untuk bekerja di negeri orang. Selama ini dengan setia si suami mengirim uang setiap bulan. Mereka juga rajin saling menelepon dan berbicara melalui Skype. Sesudah tiga tahun berjalan mulailah si wanita mendengar selentingan bahwa si suami berpacaran dengan wanita lain yang juga bekerja di situ. Mungkin karena rasa sepi dan senasib, saling mengadu dengan bahasa ibu mereka, membuat kedua anak manusia itu melupakan kenyataan bahwa ada pihak lain yang menanti di tanah air.

  • Kedua kisah yang saling berlawanan ini menunjukkan betapa hati manusia dapat berubah atau tetap setia tergantung pada keadaan dan kemauan masing-masing. Bagaimana mengatasi jarak jauh yang memisahkan pasangan muda? Di bawah ini ada beberapa petunjuk yang dapat membantu.

    • Dengan kemajuan zaman Anda tidak usah lagi susah-susah menunggu pak pos setiap hari. Pakailah surel atau ponsel untuk berkomunikasi. Bahkan telepon tidak lagi sesulit dan semahal dulu.

    • Media sosial dapat membantu Anda mengirim foto bila ponsel Anda tidak cukup canggih untuk melakukannya. Pasang foto Anda di Facebook, Instagram atau media lainnya. Dalam semenit pasangan Anda dapat melepas rindu dengan melihat tampang Anda serta anak-anak.

    • Kirimlah makanan kesukaannya, mengingat di daerah tempat dia tinggal mungkin tidak dijual makanan khas daerah Anda.

    • Bila Anda sudah mempunyai anak, kirimlah foto gambar hasil coretan si kecil atau prakarya anak Anda. Berilah komentar yang lucu untuk membuatnya tersenyum dan teringat keluarga.

    • Jangan banyak bercerita tentang hal-hal yang menyusahkan karena akan mengganggu pikiran suami. Bila ada sesuatu yang kurang menyenangkan ceritakanlah dengan cara yang terbaik dan berikan solusinya sehingga tidak mencemaskan suami.

    • Beritakanlah hal-hal yang menggembirakan seperti anak lulus sekolah, atau gigi yang mulai tumbuh di geraham si kecil. Cantumkan foto bersama kabar itu sehingga suami juga dapat menikmati kabar itu lebih mendalam.

    • Jangan memburuk-burukkan mertua, ipar atau orang lain karena akan menimbulkan kesan yang kurang baik.

    • Dengarkan segala ceritanya dengan penuh perhatian, kalau perlu buatlah jurnal perjalanan hidupnya sehingga Anda tidak akan lupa ketika dia mengulang kisahnya.

  • Advertisement
  • -Berikan dorongan, semangat dan ilham supaya dia tetap rajin bertugas dan tidak melupakan Anda sekeluarga di rumah.

  • Ada banyak lagi cara lain yang dapat Anda pakai untuk menjalan hubungan yang harmonis dengan pasangan Anda walau berjauhan. Selama ada tekad untuk tetap setia dan memegang janji yang Anda ucapkan dalam pernikahan, hubungan Anda dapat bertahan. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada ketika Anda berkumpul lagi dan meneruskan jalinan kasih yang selama ini terpisah jauh. Anda juga dapat dibantu oleh doa-doa yang Anda ucapkan setiap hari bagi orang yang Anda kasihi. Bantuan Tuhan pasti akan menguatkan Anda berdua di mana pun Anda berada untuk mengingat kasih sayang di antara Anda. Anda juga akan memperoleh kekuatan untuk mengatasi persoalan dan godaan yang ada.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Lebih bijaksana sekalipun harus jauh dari pasangan

Banyak pasangan yang tidak dapat hidup berdekatan karena masalah keuangan, pekerjaan dan banyak hal lainnya lagi. Bagaimana pasangan seperti itu dapat menjaga keharmonisan hubungannya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr