Tetap aman ketika membonceng si kecil

Sangat penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan keamanan berkendara terutama ketika Anda berkendara sepeda motor bersama si kecil.

2,210 views   |   0 shares
  • Saat ini, di kota-kota besar di Indonesia, sepeda motor telah menjadi kendaraan yang banyak diminati oleh masyarakat. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan kendaraan ini. Tidak hanya karena harganya yang jauh lebih murah dibanding dengan mobil, tetapi juga dengan mengendarai sepeda motor juga lebih menghemat waktu. Terutama di kota besar seperti Jakarta yang terkenal oleh macetnya yang sangat parah, sehingga banyak masyarakatnya lebih memilih menggunakan sepeda motor. Karena bentuknya yang ramping, sepeda motor dapat menerobos kemacetan atau menghindari macet dengan mengunakan jalan-jalan kecil yang tidak bisa dilalui mobil. Tetapi, ketika berkendara dengan anak, ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan demi keselamatannya. Apa sajakah yang harus Anda lakukan saat berkendara dengan si kecil? Berikut tips-nya.

  • 1. Sesuaikan keadaan motor Anda bagi si kecil

  • Sebelum Anda membeli sepeda motor yang akan digunakan bagi keluarga, pilihlah sepeda motor yang aman seperti motor bebek atau motor matic. Jangan memilih sepeda motor yang besar seperti motor balap dan mempunyai kecepatan yang tinggi karena tidak aman bagi anak nantinya. Ketika Anda telah memilikinya, pasangkan perlengkapan tambahan seperti kursi duduk khusus untuk anak pada bagian depan sepeda motor Anda atau sandaran duduk di bagian belakang sepeda motor Anda. Sebelum berkendara, pastikan terlebih dahulu mesin atau kondisi sepeda motor Anda dalam keadaan yang baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menimpa anak Anda juga Anda nantinya.

  • 2. Pakaikan si kecil pelindung khusus untuk berkendara

  • Tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki pelindung khusus untuk berkendara sepeda motor, tetapi ternyata ada juga pelindung khusus berkendara untuk anak-anak. Anda bisa mendapatkan perlengkapan pelindung khusus untuk anak-anak ini di toko-toko penjual sepeda motor atau bengkel terdekat, misalnya seperti helm khusus anak kecil, sepatu pelindung bermotor khusus untuk anak kecil, atau sarung tangan khusus anak kecil. Saat ingin berkendara dengan anak Anda, pastikan dia memakai semua pelindung khusus untuk berkendara dengan sepeda motor agar mereka dapat selalu terlindungi.

  • 3. Mengajak pendamping bagi anak yang masih balita

  • Jika anak Anda masih balita, jangan biarkan dia ikut berkendara dengan sepeda motor karena risikonya besar. Namun jika Anda sedang dalam situasi yang mendesak, Anda dapat berkendara dengan sang bayi tetapi Anda harus mengajak pendamping atau pasangan Anda untuk menggendong dan menjaganya di belakang Anda.

  • Advertisement
  • 4. Perhatikan jalan dan selalu taati rambu-rambu lalu lintas

  • Hal yang sangat penting saat Anda sedang berkendara dengan membawa si kecil bersama Anda adalah memperhatikan jalan secara cermat dan selalu menaati rambu-rambu lalu lintas. Ketika Anda ceroboh dan tidak memperhatikan jalan atau rambu-rambu lalu lintas yang ada, ini mengancam keselamatan Anda pribadi dan anak Anda. Rambu lalu lintas dibuat oleh negara untuk mengatur lalu lintas agar ada keteraturan serta tercipta keamanan, dan masyarakat dituntut untuk dapat menaatinya. Kecelakaan sering kali terjadi pada mereka yang melanggar rambu-rambu atau peraturan berkendara. Jangan biarkan Anda mengalaminya juga.

  • Sangat penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan keamanan berkendara terutama ketika Anda berkendara sepeda motor bersama si kecil. Tentunya keselamatan si kecil adalah harapan dari setiap orang tua. Untuk itu, jadilah orang tua yang waspada. Ketika Anda melakukan tips di atas, ini akan membantu Anda dan si kecil terhindar dari bahaya yang tidak diharapkan.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Tetap aman ketika membonceng si kecil

Sangat penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan keamanan berkendara terutama ketika Anda berkendara sepeda motor bersama si kecil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr