5 cara menurunkan A1C

A1C adalah tes yang menunjukkan ukuran rata-rata gula darah dalam beberapa bulan. Tes yang dilakukan di rumah sehari-hari hanya menunjukkan ukuran gula darah pada saat itu.

964 views   |   shares
  • A1C dapat menunjukkan bagaimana rata-rata ukuran gula darah Anda dalam setengah tahun. Tes ini dapat dilakukan oleh dokter atau klinik dan tidak makan waktu lama. Bila gula darah Anda stabil dokter menganjurkan Anda mengambil tes ini setahun dua kali. Tes yang dilakukan di rumah sehari-hari hanya menunjukkan ukuran gula darah pada saat itu. Tes A1C memberi gambaran yang tepat bagaimana keberhasilan Anda dalam mengendalikan gula darah Anda. Jika nilai tes Anda kurang bagus, dokter mungkin ingin mengambil tes A1C setiap 3 bulan sekali. Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai cara menurunkan A1C yang diberikan oleh Dr. Gregory Dodell, seorang internis dari New York.

  • Apa arti hasil tes A1C?

  • Tes ini mengukur gula darah dalam tubuh Anda dengan mengukur jumlah glycated hemaglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah. Sewaktu glucose atau gula darah masuk ke dalam aliran darah, terikatlah glucose dengan hemaglobin. Makin banyak glucose yang masuk aliran darah, makin tinggi jumlah glycated hemoglobin. Ukuran A1C di bawah 5,7 adalah normal, sedangkan antara 5,7 sampai 6,4 dianggap pra kencing manis. Bila A1C di atas 6,4 berarti diabetes tipe dua.

  • Banyak faktor menentukan A1C seseorang seperti usia, sejauh mana diabetes Anda dan penyakit lain yang diderita. Umumnya orang yang terkena diabetes tipe dua menurunkan A1C sampai di bawah 7 adalah penting. Hal ini akan membantu mencegah komplikasi seperti kerusakan syaraf di kaki dan di mata.

  • Bagaimana cara menurunkan A1C?

  • A1C penting untuk mengendalikan gula darah Anda namun bukan satu-satunya indikasi dari kesehatan Anda. Seseorang yang kadar gula darahnya naik turun dengan drastis mungkin memiliki A1C yang bagus karena ukuran rata-rata gula darahnya bagus. Tetapi dengan kadar gula darah yang naik turun setiap hari, kualitas hidup akan berkurang dan kemungkinan terkena komplikasi bertambah besar.

  • Mengendalikan gula darah adalah pekerjaan yang sulit. Dr. Dodell selalu menasihati pasiennya agar menganggap pengendalian gula darah seperti pekerjaan resmi. Diperlukan kerja keras, namun hasilnya Anda akan menikmati kualitas hidup yang lebih baik dan kadar gula darah yang terkendali. Anda harus mengikuti gaya hidup yang sehat untuk dapat mencapai gol A1C Anda. Ada 5 hal yang disarankan Dr. Dodell.

    • Lebih banyak bergerak. Lakukanlah olahraga selama 30 menit dalam 5 hari seminggu. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan jalan kaki, mengayuh sepeda statik di rumah atau mengendarai sepeda keliling taman.

    • Makan dengan porsi yang sesuai. Anda boleh makan banyak sayur yang tidak mengandung karbohidrat (seperti sayur hijau, tomat, dll), tetapi hati-hati dengan buah yang manis. Jangan banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, roti, karena karbohidrat diubah menjadi gula dalam tubuh. Hindari juga daging berlemak, dada ayam lebih sehat daripada bagian paha. Jangan minum soda atau jus. Lebih baik memakai piring kecil untuk menghindari makan berlebihan. Mintalah nasihat dari ahli nutrisi bila perlu.

    • Makanlah sesuai jadwal. Makan dengan jarak terlalu jauh, makan berlebihan atau kurang makan dapat mengakibatkan kadar gula darah naik turun dengan drastis. Dokter dapat membantu menyarankan jadwal makan yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

    • Ikuti cara pengobatan Anda. Pengobatan diabetes ditentukan oleh kesehatan Anda sendiri. Ada yang dapat mengendalikan kadar gula darahnya dengan hanya memakai pil. Ada pula yang harus menyuntik dirinya dengan insulin. Jangan sekali-kali mengubahnya tanpa nasihat dokter.

    • Memeriksa sendiri. Walaupun dokter memeriksa A1C secara berkala, Anda perlu memeriksanya sendiri setiap hari. Buatlah catatan sehingga Anda dan dokter Anda dapat memonitor dengan baik apa yang menyebabkan kadar gula darah Anda naik turun. Kegiatan dan makanan apa yang banyak mempengaruhi kadar gula darah Anda.

  • Advertisement
  • Mengenal A1C Anda sangatlah penting dalam keseluruhan usaha Anda untuk mengendalikan diabetes Anda. Jangan segan-segan berkonsultasi dengan dokter jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai A1C Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 cara menurunkan A1C

A1C adalah tes yang menunjukkan ukuran rata-rata gula darah dalam beberapa bulan. Tes yang dilakukan di rumah sehari-hari hanya menunjukkan ukuran gula darah pada saat itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr