Gemuk setelah melahirkan?

Kehamilan adalah suatu bentuk anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri dan jangan disia-siakan. Tidak semestinya seorang wanita menunda kehamilannya hanya karena takut pada penampilan.

6,798 views   |   shares
  • Umumnya bagi wanita yang belum menikah pasti memiliki bentuk badan yang ideal, namun setelah menikah dan memiliki seorang anak akan mengalami perubahan pada bentuk fisiknya, hal ini sering diakibatkan karena beberapa hal, salah satu contohnya adalah kehamilan.

  • Kehamilan adalah suatu bentuk anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri dan jangan disia-siakan. Tidak semestinya seorang wanita menunda kehamilannya hanya karena takut pada penampilan. Masih banyak cara agar bentuk tubuh dan penampilan Anda tidak berubah walaupun telah melahirkan. Untuk itu bagi Anda yang sudah menikah atau yang baru menikah dan ingin segera mempunyai keturunan jangan terlalu takut yang berlebihan dengan perubahan berat badan Anda. Berikut ini beberapa tips agar tubuh Anda tetap ideal walaupun telah memiliki beberapa anak.

  • 1.Membiasakan istirahat dan tidur yang cukup

  • Setelah Anda melahirkan sang buah hati pasti perasaan yang Anda rasakan adalah senang dan berbunga-bunga, itu adalah wajar dan alami dan hampir semua perempuan merasaan hal yang sama. Oleh karena itu, biasanya sang ibu sampai melupakan dan meremehkan hal-hal yang penting. Kemudian cenderung tidak memperhatikan kebutuhan yang penting seperti tidur yang cukup dan teratur. Biasanya setelah melahirkan harus menemani tidur bersama anak, dan biasanya tidur Anda akan terasa tidak nyaman. Oleh sebab itu segeralah Anda beranjak tidur sewaktu anak Anda mulai tertidur. Karena jika kurang tidur akan mengakibatkan dampak penambahan pada berat badan. Sebab asupan makanan tidak terbakar dan akan tertimbun menjadi lemak.

  • 2.Makanlah yang sehat disertai dengan nilai gizi yang cukup

  • Setelah melahirkan dan menyusui anak Anda harus memperhatikan asupan makanan yang sehat serta cukup nilai gizinya. Karena asupan makanan yang Anda makan tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh Anda sendiri, namun bayi Anda juga membutuhkan makanan dari tubuh anda yaitu ASI (Air Susu Ibu). Sebaiknya Anda makan yang normal saja yaitu tiga kali dalam sehari. Usahakan jangan makan di malam hari, jangan pula makan makanan ringan yang terlalu sering atau menjadi kebiasaan. Efek dari makanan ringan akan meningkatkan berat badan sangat serius. Disarankan untuk mengurangi konsumsi gula secara berlebihan, karena gula mengandung kalori yang berdampak langsung pada kenaikan berat badan. Jauhi makanan yang berserat seperti roti gandum, brokoli ataupun kacang-kacangan agar tidak terkena sembelit. Perhatikan makanan yang mengandung asupan gizi dengan manfaat yang lebih baik agar terhindar dari kalori yang berlebihan. Minum air putih yang cukup untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Pada umumnya Anda dianjurkan minum air putih sekitar dua sampai tiga liter air per hari.

  • Advertisement
  • 3.Olahraga ringan pada waktu pagi

  • Usahakan untuk berolahraga yang ringan-ringan saja. Seperti menggerakan anggota badan tangan dan kaki, melakukan senam, ataupun sekedar jalan-jalan santai di pagi dan sore hari, baik juga mengajak bayi dan suami Anda. Jika Anda lakukan ini secara rutin sangat banyak manfaatnya baik bagi jasmani maupun rohani. Jangan bermalas-malasan atau duduk-duduk saja. Lakukanlah pekerjaan rumah yang ringan-ringan seperti mencuci piring, mengepel lantai atau menyapu halaman rumah selama pekerjaan rumah tersebut masih dapat Anda lakukan. Tidak adanya upaya untuk berolahraga atau menggerakkan badan bisa dipastikan berat badan Anda akan terus bertambah.

  • 4.Usahakan untuk menyusui bayi Anda dengan ASI (Air Susu Ibu)

  • Di zaman yang serba canggih seperti saat sekarang ini tidak sedikit ibu yang telah melahirkan namun tidak mau menyusui bayinya dengan ASI (Air Susu Ibu) dan lebih memilih untuk memberikan susu bubuk kepada buah hatinya. Apa pun alasannya hal itu sangat tidak baik. Sebab di dalam ASI (Air Susu Ibu) terkandung banyak zat gizi dan juga antibodi yang berguna untuk kekebalan tubuh bayi Anda. Dan yang lebih fatal penyakit kanker payudara dapat menyerang ibu-ibu yang dahulunya tidak pernah menyusui anaknya sendiri.

Baca, hidupkan, bagikan!

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Gemuk setelah melahirkan?

Kehamilan adalah suatu bentuk anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri dan jangan disia-siakan. Tidak semestinya seorang wanita menunda kehamilannya hanya karena takut pada penampilan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr