Tips menjadi karyawan yang baik

Di era global saat ini sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, Anda harus giat, tekun, dan tidak menyerah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

3,259 views   |   6 shares
  • Setelah Anda menempuh dunia pendidikan mulai dari Sekolah Dasar dilanjutkan Sekolah Menengah Pertama kemudian Sekolah Menengah Akhir dan diteruskan masuk ke jenjang yang lebih tinggi di dunia perkuliahan tujuannya adalah bekerja, untuk mendapatkan kehidupan yang layak bagi diri Anda dan bagi keluarga Anda kelak.

  • Di era global saat ini sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, Anda harus giat, tekun, dan tidak menyerah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Setelah Anda mendapatkan pekerjaan, di sinilah Anda memasuki dunia yang sebenarnya. Banyak karyawan yang terkena surat peringatan, teguran atasan, sampai pemecatan dikarenakan kelalaian dalam melaksanakan pekerjaan ataupun melanggar larangan-larangan yang ada dalam perusahaan dan lain-lain. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi karyawan yang baik.

  • 1. Datang tepat waktu

  • Ada kata bijak yang mengatakan "waktu adalah uang". Maksud kata-kata tersebut adalah jangan menyia-nyiakan waktu. Hargailah waktu Anda sebagaimana Anda menghargai diri Anda sendiri. Jika jadwal masuk kantor jam tujuh pagi usahakan jangan mepet atau sampai telat masuk kerja. Jika Anda telat dan melakukannya berulang kali pasti Anda akan terkena teguran atau sanksi dari atasan. Usahakan Anda sudah tiba di tempat kerja sepuluh menit atau lima belas menit sebelumnya.

  • 2. Berpakaian rapi

  • Berpakaian rapi adalah salah satu faktor untuk menjadi karyawan yang baik. Dari penampilan yang rapi seseorang dapat memperlihatkan karakter kewibawaannya. Jika masuk kerja dengan berpenampilan apa adanya, rambut acak-acakan, seragam kantor tidak disetrik, dan baju dikeluarkan, maka orang lain bisa beranggapan bahwa Anda tidak niat dalam bekerja. Sebaliknya jika Anda berpakaian rapi dengan seragam licin yang telah disetrika dengan rambut rapi tidak acak-acakan, maka Anda akan disegani oleh atasan dan rekan kerja.

  • 3. Memberi ide-ide atau kontribusi yang positif pada perusahaan

  • Saat perusahaan yang sedang berkembang untuk maju dan membutuhkan ide-ide yang positif untuk memajukan perusaan di sinilah peran Anda untuk mewujudkannya. Wawasan atau ilmu pengetahuan yang Anda dapatkan di bangku sekolahan dan perkuliahan kemudian Anda terapkan di perusahan. Jika wawasan dan ilmu Anda dapat diterima baik oleh persuahaan dan dapat memajukan perusahaan, pasti Anda akan memperoleh penghargaan atau reward dari perusahaan seperti kenaikan pangkat atau mendapatkan hadiah.

  • 4. Bersikap baik atau menghormati rekan kerja

  • Advertisement
  • Berperilaku baik dan menghormati rekan kerja sangat penting dilakukan di dalam perusahaan. Jangan sombong walaupun Anda mempunyai bawahan. Hargailah mereka dengan berkata-kata yang baik dan saat memberikan tugas jangan sampai keluar kata-kata kasar. Pada jam istirahat cobalah untuk melakukan pembicaraan ringan ataupun candaan ringan, buat seolah-olah semua rekan kerja sama tidak merasa dibeda-bedakan. Ini akan membuat situasi kerja yang kondusif dan mencegah adanya pembicaraan tidak baik di belakang Anda.

  • 5. Mematuhi peraturan yang dibuat perusahaan

  • Setiap perusahaan pasti mempunyai peraturan yang dibuat dan harus dipatuhi seluruh karyawannya. Seperti tidak merokok saat jam kerja, tidak makan saat jam kerja, tidak bermain telepon genggam saat jam kerja, harus izin saat keluar perusahaan, tidak mengobrol saat jam kerja, dan lain-lain. Sebagai karyawan yang baik, Anda harus menghormati dan menjalankan semua peraturan perusahaan. Walaupun Anda seorang perokok aktif yang sulit menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, usahakan untuk tidak merokok selama jam kerja karena perusahaan sudah menyiapkan waktu istirahat di siang hari dan jam-jam tersebut diperbolehkan untuk merokok di tempat yang sudah disediakan perusahaan. Jika Anda menaati peraturan perusahaan, ini akan memperkecil kemungkinan Anda ditegur atasan ataupun dikeluarkan dari perusahaan.

  • 6. Cepat dan tanggap dalam menyelesaikan masalah

  • Saat perusahaan sedang mengalami masalah jangan berdiam diri, acuh, dan menganggap biasa-biasa saja. Cobalah untuk tanggap dan mencoba mencari jalan keluar bersama untuk mengatasi permasalahan dalam perusahaan dengan cara berpartisipasi dalam rapat dan berpikir bersama.

  • 7. Bekerja dengan ikhlas

  • Jika Anda melakukan pekerjaan dengan tidak ikhlas dan melaksanakannya seperti beban maka pekerjaan yang Anda lakukan akan terasa berat. Dan Anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh atasan dengan baik. Sebaliknya jika Anda menganggap pekerjaan itu tidak seperti beban dan iklas saat menjalaninya, maka pekerjaan yang diberikan oleh atasan akan terasa mudah untuk dikerjakan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Tips menjadi karyawan yang baik

Di era global saat ini sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, Anda harus giat, tekun, dan tidak menyerah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr