Membebaskan diri kita dari rasa cemburu

Cemburu adalah luapan rasa memiliki yang kuat karena terlalu cintanya terhadap pasangan, tetapi ingat cemburu yang berlebihan akan menutup pintu hati dan pikiran positif yang akan merugikan satu sama lain.

16,104 views   |   24 shares
  • Dalam hidup berdampingan banyak sekali ungkapan rasa cinta dan sayang baik terungkap dengan kalimat maupun tingkah laku. Sering kali terjadi kesalahpahaman dengan salah satu ungkapan rasa sayang dalam tingkah laku yaitu rasa cemburu. Cemburu merupakan hal yang wajar dan sudah banyak terjadi pada setiap insan yang saling mencintai, bahkan juga akan terjadi pada seseorang yang merasa tersaingi dalam mengagumi seseorang. Yang ditakutkan apabila rasa cemburu tidak didampingi dengan pikiran positif maka dapat mengakibatkan kesalahpahaman dan menimbulkan masalah. Tidak sedikit korban kekerasan, pembunuhan, dan penyiksaan penyebab kecemburuan. Sangat disayangkan apabila rasa cemburu yang sebelumnya rasa cinta berubah menjadi suatu kebencian yang mendalam. Berikut beberapa cara melepaskan rasa cemburu dari dalam diri kita:

  • 1. Mencintai seseorang apa adanya

  • Dengan mencintai segala yang ada pada diri orang yang dicintai, akan menutup segala keburukan masa lampau. Mungkin pasangan Anda pernah melakukan sesuatu yang membuat Anda kecewa. Hal ini memang sulit dilakukan tetapi akan berdampak baik untuk hubungan Anda.

  • 2. Membangun sebuah kepercayaan

  • Kepercayaan sebagai pokok utama untuk kelangsungan hubungan percintaan, tanpa adanya kepercayaan hubungan tidak akan bertahan. Percayalah kepada pasangan. Beri kesempatan untuk menunjukkan kesetiaan kepada Anda. Dan yang sangat baik yaitu percayalah bahwa pasangan Anda adalah yang terbaik yang Anda miliki dan memang jodoh Anda.

  • 3. Tanamkan pikiran positif

  • Tidak hanya menanamkan rasa percaya saja, pikiran positif juga ikut andil dalam hubungan percintaan. Mungkin Anda bisa dapat mengatakan percaya dengan pasangan tetapi pikiran positif akan menambah ketenangan dalam hati dan pikiran Anda. Dampak negatif dari tidak berpikir positif ialah terjadi perang batin dalam diri dan secara tidak sadar menunjukkan sebuah luapan emosi yang tidak terkontrol sehingga mengakibatkan kesalahpahaman.

  • 4. Mengingat kenangan yang positif

  • Pada saat larut dalam kekecewaan terhadap pasangan, jangan pernah mengingat hal-hal buruk yang telah terjadi karena akan menambah kekecewaan dalam hati Anda. Bayangkan kenangan indah yang pernah Anda alami bersamanya agar mempersempit ruang untuk rasa kecemburuan yang timbul, seperti Anda mungkin pernah mengalami rasa senang dan bangga memiliki dia yang dulu pernah menunjukkan rasa cintanya dan menurut Anda kejadian itu hal yang paling terindah.

  • 5. Perbanyak waktu bersama

  • Advertisement
  • Dalam keseharian mungkin Anda dan pasangan sebelumnya tidak memiliki banyak waktu bersama, kini cobalah membagi waktu dan membuat perubahan jadwal apabila sama-sama memiliki kesibukan. Dengan memperbanyak waktu bersama akan sedikit demi sedikit melunturkan kecemburuan karena Anda akan merasa selalu dekat dengan pasangan.

  • 6. Menjalin komunikasi yang baik

  • Anda mungkin sudah tahu pentingnya komunikasi dalam hubungan percintaan, hal ini sangat berpengaruh dalam hubungan Anda karena dengan berkomunikasi yang baik akan memperkecil kesalahpahaman. Jangan selalu diam ketika ada permasalahan dan cobalah untuk berbagi dengan pasangan supaya tidak ada hal yang disembunyikan dalam hubungan Anda.

  • 7. Menanamkan kejujuran

  • Kejujuran dalam hal mengantisipasi timbulnya kecemburuan sangat diperlukan. Tidak jujur dalam segala hal akan menimbulkan rasa cemburu karena jika pernah terungkap sebuah kebohongan di dalam hubungan mengakibatkan Anda mudah berpikir negatif dan tidak ada rasa percaya kepada pasangan.

  • 8. Mengikhlaskan kejadian yang pernah terjadi

  • Hal yang paling sulit untuk dilakukan yaitu mengikhlaskan segala sesuatunya, tetapi hal ini sangat bermanfaat dalam menghilangkan rasa cemburu dalam hubungan. Keikhlasan dalam hal ini yaitu membesarkan hati dengan tidak mempermasalahkan kejadian yang telah terjadi. Maka dari itu pikiran negatif nanti akan hilang dan kepercayaan terhadap pasangan akan semakin kuat.

  • Semoga hubungan Anda dan pasangan dapat berjalan baik dan selalu harmonis dengan mengikuti beberapa saran dan tips yang ada di dalam artikel ini. Cemburu adalah luapan rasa memiliki yang kuat karena terlalu cinta kepada pasangan, tetapi ingat cemburu yang berlebihan akan menutup pintu hati dan pikiran positif yang kemudian akan merugikan satu sama lain. Percayalah bahwa pasangan Anda tidak akan berpaling apabila Anda selalu memberikan yang terbaik untuknya dan setia kepadanya.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Membebaskan diri kita dari rasa cemburu

Cemburu adalah luapan rasa memiliki yang kuat karena terlalu cintanya terhadap pasangan, tetapi ingat cemburu yang berlebihan akan menutup pintu hati dan pikiran positif yang akan merugikan satu sama lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr