Mempersiapkan keluarga ketika bencana alam menerpa

Sebaiknya kita mengajarkan kepada keluarga kita apa yang harus kita lakukan pada saat-saat darurat di mana tidak ada toko yang buka dan kita harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

314 views   |   shares
  • Dengan banyaknya bencana alam yang terjadi di mana-mana, sekarang ini kita perlu mempersiapkan keluarga kita untuk menghadapinya. Sebaiknya kita mengajarkan kepada keluarga kita apa yang harus kita lakukan pada saat-saat darurat di mana tidak ada toko yang buka dan kita harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kita tentu saja tidak mengharapkan hal itu terjadi tetapi kita tidak bisa menghindari kemarahan alam yang mengerikan seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, dan banyak lagi lainnya. Jika kita terpaksa mengungsi atau terkurung di rumah beberapa hari atau minggu jangan sampai keluarga kita menderita selama itu. Di bawah ini ada beberapa skenario yang dapat kita pelajari.

  • Adakan pertemuan berkala bersama seluruh anggota keluarga untuk mengajarkan kepada mereka dan juga untuk mengingatkan apa yang sudah mereka pelajari. Lakukan ini dengan cara yang menyenangkan dan buatlah acara yang menarik supaya anak-anak tidak bosan. Hidangkan makanan kecil dan ajukan pertanyaan seperti kuis berhadiah, misalnya bagi yang mampu menjawab dengan benar mendapat hadiah makanan.

  • 1. Jika Anda mempunyai waktu hanya 10 menit untuk mengungsi, apa yang akan Anda bawa? Siapa yang bertugas mengambilnya? Dengan kendaraan apa Anda membawanya? Semua pertanyaan ini harus dipikirkan masak-masak jawabannya. Berilah setiap anak tugas atau tanggung jawab terhadap sesuatu yang penting sesuai dengan usia mereka.

  • 2. Jika Anda tidak bisa tinggal di rumah lagi karena keadaan tidak aman, apa yang akan Anda lakukan? Ke mana Anda harus mengungsi bila regu penyelamat belum datang? Dengan kendaraan apa Anda dapat ke sana, misalnya daerah tempat tinggal Anda terkurung banjir? Apa yang dapat Anda makan dan bagaimana caranya supaya tidak kedinginan?

  • 3. Jika tidak ada toko makanan yang buka bagaimana Anda dapat memberi makan keluarga Anda? Berapa lama simpanan makanan Anda dapat bertahan?

  • 4. Jika tidak ada air botol dijual, berapa banyak persediaan air minum di rumah Anda? Bagaimana Anda dapat bertahan tanpa air minum yang dijual? Apakah Anda mempunyai alat di rumah yang dapat dipakai menyaring air sumur sehingga layak diminum bila Anda tidak bisa memasaknya lebih dulu?

  • 5. Jika tidak ada layanan telepon, ponsel, atau surel, bagaimana Anda dapat menghubungi keluarga yang tinggal jauh?

  • 6. Jika tidak ada listrik untuk beberapa lama, apa yang dapat Anda lakukan? Bagaimana Anda dapat memasak, mencuci, dan mencari hiburan?

  • 7. Jika tidak ada bensin untuk mengendarai mobil menempuh perjalanan jauh, apa yang harus Anda lakukan? Berapa jauh Anda dapat pergi dengan bensin yang ada di tangki bensin Anda? Apakah kondisi mobil Anda cukup handal untuk dipakai menempuh perjalanan jauh?

  • Advertisement
  • 8. Jika tidak ada apotik, toko, atau klinik yang buka, bagaimana Anda dapat memperoleh obat bila ada seseorang yang sakit atau cedera? Obat apa yang sebaiknya Anda simpan di kotak P3K? Obat apa yang biasanya cocok bagi keluarga Anda?

  • 9. Jika tidak ada bank atau ATM yang bekerja untuk waktu yang cukup lama, bagaimana Anda dapat membayar barang yang Anda butuhkan dalam keadaan darurat? Berapa jumlah uang tunai yang sebaiknya Anda siapkan untuk keadaan semacam ini?

  • 10. Jika tidak ada ambulans, pemadam kebakaran, atau layanan polisi di daerah Anda selama jangka panjang, apa yang harus Anda lakukan untuk bertahan? Apa yang harus Anda siapkan untuk mengatasi bahaya kebakaran? Bagaimana Anda dapat membantu menjaga keamanan di daerah Anda?

  • Semua pertanyaan di atas dapat membantu kita dan keluarga mempersiapkan diri untuk menghadapi keadaan darurat yang disebabkan oleh bencana alam atau keadaan darurat lainnya. Persiapan dapat mengurangi rasa panik yang ditimbulkan oleh rasa takut, bingung dan cemas akibat keadaan-keadaan tadi.

  • Dengan mempersiapkan keluarga Anda, Anda membantu mereka mengetahui apa yang harus mereka lakukan bahkan bila Anda kebetulan tidak ada di rumah saat itu. Bahkan anak-anak tahu apa yang harus mereka lakukan karena Anda sudah mempersiapkan mereka. Dengan pengetahuan itu, mereka dapat bertindak membantu menyelamatkan keluarga.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mempersiapkan keluarga ketika bencana alam menerpa

Sebaiknya kita mengajarkan kepada keluarga kita apa yang harus kita lakukan pada saat-saat darurat di mana tidak ada toko yang buka dan kita harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr