Pahlawan tanpa bintang jasa

Tidak jarang seorang terkenal seperti presiden sebuah negara atau pemenang hadiah Nobel mengatakan bahwa dia berterima kasih kepada gurunya atas keberhasilannya itu.

623 views   |   shares
  • Sebutan ini sering diberikan kepada para guru karena mereka banyak berjasa dalam mengembangkan anak-anak muridnya. Pahlawan yang berjasa biasanya mendapat medali penghargaan. Namun guru tidak mendapat penghargaan ini padahal di pundak merekalah dibebankan tanggung jawab untuk mendidik generasi baru sebuah negara. Tidak jarang seorang terkenal seperti presiden sebuah negara atau pemenang hadiah Nobel mengatakan bahwa dia berterima kasih kepada gurunya atas keberhasilannya itu. Banyak guru tidak menganggap tugasnya sebagai sesuatu yang luar biasa dan mereka hanyalah menjalankan tugas mereka. Tetapi menjadi guru bukanlah tugas yang mudah karena mereka menerima banyak tantangan dalam pekerjaan mereka.

  • Murid bandel

  • Tidak jarang seorang guru merasa kewalahan menghadapi muridnya yang bandel. Guru seperti ini sering merasa makan hati. Kalau ada dua atau tiga anak bandel saja di kelas rambutnya akan cepat menjadi putih. Dalam film Whiplash digambarkan disiplin seorang guru yang membuat muridnya berhasil. Banyak kesulitan yang dialami seorang guru di kelas yang menyangkut murid-muridnya. Di AS sekarang ini menjadi guru memiliki risikonya sendiri. Beberapa kali terjadi penembakan di sekolah, dari mulai kelas SD sampai universitas dan beberapa dari korban-korban itu adalah guru. Tidak sedikit dari mereka yang meninggal untuk menyelamatkan muridnya.

  • Pelajaran sulit

  • Bila ada orang yang harus memecahkan pelajaran yang sulit pertama kali, orang itu adalah guru. Sebelum dia dapat menyajikannya di depan kelas di hadapan murid-murid dia harus mempelajarinya lebih dulu. Dia harus mengajarkannya dengan cara yang mengesankan sehingga selain mudah dicerna pelajaran itu akan tetap diingat murid-muridnya. Berikut adalah pengalaman seorang guru, "Saya sudah lulus dari SLP puluhan tahun lalu, tetapi saya masih ingat salah seorang guru saya. Dia mengajar sejarah dunia dan dampaknya sangat terasa dalam kehidupan saya. Ketika mengajarkan tentang dewa-dewa Yunani guru saya itu berkata bahwa dewanya para pedagang ialah dewa penipu. Alasannya untuk berhasil menjadi pedagang atau pebisnis, seseorang harus bermulut manis dan 'menipu' orang lain untuk membeli dagangannya. Akibatnya, walaupun ibu saya seorang pedagang ulung, saya tidak mampu mewarisi ilmunya karena saya tidak ingin menjadi 'penipu'".

  • Pendidik

  • Selain orang tua, anak-anak mendapat pendidikannya dari sekolah. Mereka melihat gurunya mungkin lebih sering daripada orang tuanya. Anak-anak di sekolah enam hari selama seminggu dari pagi hingga siang, ketika sampai di rumah orang tuanya mungkin masih bekerja dan baru pulang petang hari. Anak-anak bertemu orang tuanya hanya beberapa jam saja. Karena itu peran guru sama pentingnya dengan orang tua dalam soal pendidikan anak-anak.

  • Advertisement
  • Memberi ilham

  • Guru yang hebat tidak cuma mendidik mereka, tetapi juga memberi semangat, ilham, dan dorongan kepada murid-muridnya. Guru yang hebat bekerja sama dengan lingkungan untuk mengubah kehidupan murid-muridnya. Salah seorang guru seperti itu, Christa McAuliff, mengikuti program angkasa luar dan terbang bersama pesawat Challenger pada tahun 1986. Dia berhasrat mengilhami anak-anak muridnya keberanian untuk mencari ilmu pengetahuan dan mengungkap rahasia luar angkasa. Dia meninggal di hadapan murid-muridnya yang menonton televisi untuk melihat peluncuran Challenger. Pesawat itu meledak tidak lama sesudah meluncur ke angkasa. Di Indonesia banyak guru teladan yang mendapat penghargaan nasional karena perjuangannya bagi murid-muridnya.

  • Cita-cita luhur

  • Setiap guru pasti memendam cita-cita luhur untuk menjadi pendidik yang baik dan mengubah kehidupan murid-muridnya. Mungkin mereka sendiri diilhami gurunya dulu untuk berbuat serupa, menjadi suri teladan. Banyak yang berkorban waktu, uang dan tenaga untuk membantu murid-muridnya mencapai impian masa depan mereka. Namun jasa mereka sering dilupakan begitu saja. Tidak ada salahnya bila kita lebih menghargai mereka. Kita dapat meminta anak-anak kita untuk memusatkan perhatian di kelas dan mendengarkan perkataan guru mereka. Berilah pengertian agar anak-anak juga menghargai gurunya. Apa bila mungkin, hubungilah guru Anda dulu melalui surat, telepon, atau Facebook untuk menyatakan rasa terima kasih Anda kepadanya. Tidak ada salahnya bila Anda mengunjungi guru Anda sesekali jika keadaan memungkinkan, dialah salah seorang yang membentuk kehidupan Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pahlawan tanpa bintang jasa

Tidak jarang seorang terkenal seperti presiden sebuah negara atau pemenang hadiah Nobel mengatakan bahwa dia berterima kasih kepada gurunya atas keberhasilannya itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr