Bagaimana Menikmati Masa Pensiun Tanpa Stres

Ada banyak pilihan hidup setelah Anda pensiun kerja. Yang terpenting adalah persiapan, yaitu Anda harus mengembangkan visi yang jelas untuk masa pensiun Anda.

4,399 views   |   8 shares
  • Ketika kita berpikir tentang masa pensiun, kita lebih sering berfokus pada aspek keuangan, tetapi tidak pada aspek lainnya, terutama waktu. Kita beralih dari menghabiskan hampir seluruh waktu kita bekerja dan berkontribusi kepada masyarakat ke memiliki banyak waktu luang.

  • Ada banyak pilihan hidup setelah Anda pensiun kerja. Yang terpenting adalah persiapan, yaitu Anda harus mengembangkan visi yang jelas untuk masa pensiun Anda. Ini tidak hanya tentang perencanaan keuangan, tetapi juga tentang merencanakan bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda. Menurut artikel Creating a Happy Retirement oleh Nancy Mann Jackson, untuk menciptakan visi yang jelas untuk masa pensiun Anda, mulailah dengan merencanakan enam aspek kehidupan berikut:

  • Pekerjaan Anda

  • Banyak orang yang menilai diri mereka sendiri melalui prestasi dan kinerja pekerjaan mereka. Berhenti kerja terasa seperti meninggalkan nilai pribadi yang penting, sehingga berhenti kerja sepenuhnya bisa membuat Anda depresi. Ketika merencanakan masa depan Anda setelah pensiun, pertimbangkan peran apa yang ingin Anda mainkan nantinya, misalnya kerja paruh waktu, menjadi konsultan, atau mencoba karir baru. Selain untuk memastikan masuknya pendapatan yang rutin, ini juga dapat membantu Anda merasa berguna bagi sesama.

  • Tempat tinggal Anda

  • Rumah Anda adalah tempat Anda membesarkan anak-anak Anda. Dengan berjalannya waktu, fungsi rumah pun berubah. Anak-anak pergi kuliah, bekerja, dan membangun rumah tangga mereka masing-masing. Pertimbangkan untuk pindah ke rumah yang lebih kecil atau membangun rumah impian Anda.

  • Salah satu pertimbangan utama adalah kesehatan Anda di masa depan. Dapatkah Anda membayangkan rumah yang ramah lansia? Rumah yang dapat mengakomodasi keterbatasan fisik jika Anda jatuh sakit nantinya? Mungkin ada baiknya tinggal di rumah satu lantai yang lega alih-alih tinggal di rumah dua lantai dengan banyak perabot kalau-kalau Anda perlu menggunakan kursi roda nantinya.

  • Pertimbangkan juga untuk tinggal dekat dengan anak-anak Anda. Selain memudahkan hubungan silahturahmi tetap terjaga, Anda juga akan memudahkan akses bagi anak-anak Anda untuk merawat Anda sekiranya Anda jatuh sakit kelak.

  • Waktu luang Anda

  • Rencanakan untuk menggunakan waktu luang Anda dengan hobi dan minat yang selama ini Anda lakukan atau yang sama sekali baru. Orang yang kekurangan hobi dan minat ketika pensiun sering kali akan menjadi cepat bosan dan depresi. Sangat penting untuk tetap aktif, tidak hanya secara fisik tetapi juga secara mental. Berolahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh Anda, sedangkan bersosialisasi dan terus belajar sangat penting untuk menjaga ketajaman pikiran Anda.

  • Advertisement
  • Warisan Anda

  • Visi tentang masa pensiun Anda hendaknya juga mencakup warisan Anda, tidak hanya bagi keturunan Anda tetapi juga bagi masyarakat. Tanyakan kepada diri sendiri, "Bagaimana saya dapat berkontribusi untuk menjadikan Bumi ini tempat yang lebih baik bagi sesama?" Banyak studi telah menunjukkan bahwa orang-orang paling bahagia di dunia adalah mereka yang berkomitmen untuk membantu orang lain. Anda dapat mempertimbangkan kerja sebagai relawan, misalnya mengajar di sekolah atau menghibur pasien di rumah sakit. Bagikan tenaga, waktu, pengetahuan, kebijaksanaan, dan semangat hidup Anda secara cuma-cuma kepada orang-orang yang membutuhkan pertolongan Anda.

  • Kesehatan Anda

  • Anda tidak bisa benar-benar melaksanakan semua rencana masa pensiun Anda apabila Anda mengabaikan kesehatan Anda. Anda dapat membuat gol jangka pendek, menengah, dan panjang tentang kesehatan Anda, misalnya menurunkan berat badan, berhenti merokok, mengurangi minum minuman beralkohol, dan berolahraga secara teratur.

  • Keuangan Anda

  • Setelah Anda memiliki visi yang jelas tentang masa pensiun Anda, merencanakan keuangan untuk mewujudkan masa pensiun impian Anda akan menjadi lebih mudah dan terarah. Dengan semakin bertambahnya harapan hidup manusia, Anda akan perlu merencanakan keuangan masa pensiun yang dapat menunjang kehidupan Anda selama setidaknya 30 tahun ke depan. Pertimbangkan untuk menyewa jasa perencana keuangan untuk mengembangkan rencana keuangan jangka panjang. Pastikan Anda memiliki asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, dan asuransi properti. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki pemasukan yang stabil dan berkelanjutan, misalnya dengan menyewakan properti, berinvestasi, atau memiliki saham di perusahaan terpercaya.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Bagaimana Menikmati Masa Pensiun Tanpa Stres

Ada banyak pilihan hidup setelah Anda pensiun kerja. Yang terpenting adalah persiapan, yaitu Anda harus mengembangkan visi yang jelas untuk masa pensiun Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr