Beberapa Faktor Penyebab Kenakalan pada Remaja

Hampir setiap hari media massa cetak maupun elektronik memberitakan tentang perilaku kenakalan remaja. Sebagai orang tua pasti sangat prihatin melihat dan memperhatikan hal tersebut.

38,842 views   |   86 shares
  • Hampir setiap hari baik media massa cetak maupun elektronik memberitakan tentang perilaku kenakalan remaja. Sebagai orang tua pasti sangat prihatin melihat dan memperhatikan hal tersebut. Tentu harapan semua orang tua menginginkan agar kelak di kemudian hari setelah dewasa anak-anaknya bisa menjadi seorang manusia yang kuat serta tangguh dalam menghadapi segala tantangan zaman, patuh terhadap orang tua, pandai di dalam sekolahnya, bisa menjaga sopan santun, serta selalu rendah hati pada sesama. Namun untuk mewujudkan hal tersebut tentu tidak mudah. Banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Berbagai cara dilakukan orang tua agar anak-anaknya tidak sampai terpengaruh kemudian hanyut dan terjerumus pada perilaku yang negatif.

  • Namun alangkah terkejutnya bila kita sebagai orang tua melihat anak-anak kita mempunyai perilaku yang berubah, mungkin yang tadinya penurut dan patuh tiba- tiba suatu hari menjadi anak nakal dan susah diatur. Pertama yang harus kita lakukan adalah mencari solusi jangan sampai menyalahkan atau memvonis anak. Dalam hal ini, pasti ada sebab dan juga faktor yang melatarbelakanginya sehingga anak-anak yang kita banggakan menjadi nakal. Berikut ini ada tiga hal penting yang harus diketahui.

  • 1. Faktor keluarga

  • Pada dasarnya, keluarga adalah tempat di mana seorang anak bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna baik jasmani maupun rohani. Anak bisa mendapatkan perhatian, kasih sayang, juga dukungan moral dari orang tua. Namun sebaliknya, jika di dalam keluarga seorang anak tidak bisa mendapatkan hal tersebut yang terjadi adalah pelampiasan di luar rumah. Maka tidak mengherankan jika mereka akhirnya akan mencari perhatian dan kasih sayang dari pihak lain.

  • Untuk itu, kewajiban sebagai orang tua agar selalu memberikan perhatian, rasa aman, nyaman, dan selalu melindungi anak-anaknya. Namun demikian, orang tua tidak dianjurkan memberikan suatu harapan yang berlebihan. Berikan kesempatan kepada anak Anda untuk menentukan jati dirinya dalam berkreasi, dan juga bisa belajar hidup mandiri. Jangan memanjakan anak karena hal tersebut hanya akan melemahkan karakter juga pribadinya.

  • 2. Faktor sekolah

  • Kewajiban dan tanggung jawab orang tua harus selalu memberikan arahan juga wawasan terhadap anaknya dalam memilih tempat sekolahnya, sebab tempat belajar yang berkualitas sangat besar dampak positifnya. Selain itu, sekolah yang baik adalah salah satu jaminan dan sangat berpengaruh pada masa depan. Jika kondisi sekolah tidak mendukung dalam materi atau proses belajar, pada gilirannya dapat memberikan peluang pada anak untuk berperilaku menyimpang.

  • Advertisement
  • Meskipun tidak terlalu signifikan, faktor sekolah juga dapat menjadi penyebab terjadinya kenakalan pada remaja. Dalam hal ini, kualitas sekolah harus baik dan semua elemen sekolah yang ada agar senantiasa bertanggung jawab kepada anak didiknya. Kemampuan para guru sangat diperlukan dan juga peran pemerintah adalah harus cepat tanggap terhadap gejolak masyarakat, khususnya para remaja sedini mungkin, sebab hal ini jika tidak diantisipasi dengan cepat tanpa campur tangan semua komponen pemerintah sangat mustahil sebuah bangsa dan negara akan memiliki generasi yang kuat dan tangguh.

  • 3. Faktor lingkungan

  • Lingkungan atau tempat tinggal adalah salah satu penyebab terjadinya sebuah karakter. Jika seorang anak hidup dalam lingkungan yang keras atau lingkungan tersebut kurang peduli terhadap sesama maka yang terjadi adalah anak akan meniru komunitas tersebut. Salah satunya adalah merokok, hal ini bukan rokoknya yang disalahkan namun alangkah prihatinnya jika kita melihat seorang anak yang belum cukup umur sudah terbiasa merokok, bahkan dilakukan di tempat umum.

  • Namun beberapa fakta mengatakan bahwa keberadaan orang dalam lingkungan tersebut tidak ada yang peduli dengan kejadian itu. Ada sebuah pepatah mengatakan bahwa "karena nila setitik, rusak susu sebelangga". Setiap anak pada dasarnya dilahirkan seperti kertas putih bersih tidak ada coretan atau noda yang melekat. Anak juga dilahirkan dengan penuh kepolosan dan tidak ada dosa. Namun jika lingkungan tempat mereka tinggal tidak mendukung, pada akhirnya seorang anak atau remaja yang tumbuh di dalam lingkungan tersebut cepat atau lambat akan terpengaruh dengan kondisi lingkungan sekitarnya.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Beberapa Faktor Penyebab Kenakalan pada Remaja

Hampir setiap hari media massa cetak maupun elektronik memberitakan tentang perilaku kenakalan remaja. Sebagai orang tua pasti sangat prihatin melihat dan memperhatikan hal tersebut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr