6 tips menjadi tamu yang menyenangkan tuan rumah

Anda menginap di rumah mereka selama beberapa hari. Apa yang harus Anda kerjakan sebagai tamu supaya Anda tidak dianggap kurang sopan santun?

2,824 views   |   2 shares
  • Suatu kali Anda mungkin diundang teman menghadiri hari pernikahannya atau bersama keluarga pergi ke rumah nenek di luar kota untuk bersilahturahmi. Anda menginap di rumah mereka selama beberapa hari. Bagaimanakah seharusnya Anda bersikap sebagai tamu, supaya Anda tidak dianggap kurang sopan santun?

  • Memberitahu lebih dulu jauh-jauh hari

  • Meskipun mereka yang mengundang, Anda harus memberi konfirmasi jauh sebelumnya bahwa Anda akan datang dan menginap di rumah mereka. Dengan begitu mereka dapat menyiapkan segala sesuatu. Siapa tahu ada orang lain yang perlu menginap di situ juga. Mungkin pemilik rumah harus membeli kasur angin atau mencuci seprai dan sarung bantal. Juga sebagai tuan rumah, mereka tentunya malu bila rumah terlihat seperti kandang ayam. Jadi, mereka harus membereskan segala sesuatu, membuang yang tidak perlu, membersihkan kamar mandi, dan sebagainya. Bawalah sendiri barang kebutuhan pribadi seperti handuk, sikat gigi, sikat rambut, odol, dan sebagainya.

  • Membawa buah tangan

  • Adalah kebiasaan orang Asia, khususnya untuk membawa buah tangan bagi tuan rumah. Walaupun harganya tidak seberapa, tetapi perhatiannyalah yang penting. Jangan bertandang dengan tangan kosong. Nenek kakek terutama akan merasa senang dengan oleh-oleh yang menunjukkan perhatian dari anak cucunya. Siapa tahu mereka merindukan tahu petis atau dodol duren dari kota Anda yang sudah lama tidak mereka nikmati. Juga bagi yang mengadakan perhelatan, Anda tidak boleh lupa membawa kado pengantin.

  • Ikut membereskan rumah

  • Jangan merasa seperti tinggal di hotel, ada pekerja yang membersihkan kamar Anda. Sebaiknya Anda merapikan kamar Anda setiap pagi supaya enak dipandang mata. Janganlah membiarkannya berantakan mentang-mentang Anda sedang tinggal di situ. Lipatlah selimut dan perbaiki letak bantal guling. Rapikan barang-barang Anda, jangan membiarkan isi koper berantakan di kamar. Atau jika Anda terpaksa tidur di ruang tamu, singkirkanlah peralatan tidur karena selain Anda kemungkinan ada tamu lain datang. Bangunlah pagi-pagi di rumah orang, sungguh tidak sopan bila tuan rumah sudah bangun dan Anda masih meringkuk mendengkur, apa lagi di ruang tamu! Bersihkan meja sehabis makan, jangan mengandalkan tuan rumah untuk mencuci piring dan sendok Anda. Bersihkan sampah Anda, jangan meninggalkan tempat sampah yang penuh ketika Anda pulang. Bila anak Anda cukup besar, suruhlah dia mencuci mobil kakek. Ringankanlah pekerjaan rumah tangga sedapat mungkin, biarpun Anda tamu di situ. Anda tidak perlu diperlakukan seperti raja, bukan?

  • Advertisement
  • Ikut meringankan tanggungan

  • Bila Anda ikut makan di situ dan pergi naik mobil tuan rumah, ada baiknya Anda membeli makanan juga untuk diolah atau dimakan bersama-sama. Dengan demikian Anda meringankan beban keuangan mereka. Apa lagi bila Anda bersama keluarga tinggal berhari-hari di situ. Biarpun kakek nenek sendiri, tidak ada salahnya Anda berbelanja bagi mereka atau mengisi bensin mobil mereka. Sebaliknya bila tuan rumah menghidangkan makanan, janganlah menolak. Mereka sudah bersusah payah menyediakannya, bersikaplah sopan dengan memakannya untuk menunjukkan penghargaan. Anda akan terkesan kurang pendidikan dan manja bila menolak hidangan itu dengan alasan tidak suka. Sudah bagus Anda tidak cuma disuguhi air keran.

  • Melewatkan waktu bersama

  • Sekali lagi jangan menganggap rumah yang Anda tinggali seperti hotel. Anda pergi bersama keluarga Anda sendiri ke mana-mana, pulang larut malam dan tidak pernah mengobrol bersama tuan rumah. Itu akan meninggalkan kesan buruk bagi tuan rumah. Bila tuan rumah tidak sibuk, ajaklah bersama Anda menikmati liburan atau ajaklah mengobrol untuk mempererat hubungan. Apa lagi jika Anda jarang bertemu karena tinggal berjauhan, pergunakanlah kesempatan baik ini untuk berbagi cerita dan pengalaman.

  • Jangan berlama-lama

  • Kata orang Barat, tamu sama dengan ikan, lebih dari 3 hari sudah basi. Mungkin sebagai orang Timur, tuan rumah masih menunjukkan senyum setiap pagi, tetapi siapa tahu di dalam kamar si istri sudah menyenggol-nyenggol sambil berbisik "Kapan mereka pulang ya, Pak?" Betapa pun kangennya kepada tamunya, sesudah seminggu tentu mereka merasa kebebasannya di rumah sendiri dirampas.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

6 tips menjadi tamu yang menyenangkan tuan rumah

Anda menginap di rumah mereka selama beberapa hari. Apa yang harus Anda kerjakan sebagai tamu supaya Anda tidak dianggap kurang sopan santun?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr