Baru menyadari kehamilan setelah melahirkan. Mungkinkah?

Kenyataannya satu dari 2500 wanita tidak sadar dirinya hamil sampai bayinya lahir. Istilah kedokterannya kehamilan cryptic.

5,451 views   |   shares
  • "Oek, oeek, oeeek" terdengar tangisan bayi di WC sebuah rumah makan cepat layan terkenal. Melissa (bukan nama sebenarnya) pegawai di resto itu melahirkan bayinya dalam keadaan darurat. Dia sendiri tidak menyadari bahwa dirinya mengandung. Selama ini dia tidak pernah muntah-muntah, ngidam, atau merasakan kelainan di perutnya. Pagi itu dia sakit perut, mula-mula dianggapnya biasa saja, tetapi lama-lama perutnya melilit sakit tidak tertahankan. Dia lari ke WC, kakinya lemas dan dia mendeprok di lantai WC bersandar ke tembok. Tahu-tahu dia mengejan beberapa kali dan melahirkan seorang bayi. Tentu saja kejadian ini mengejutkan dirinya dan juga teman-teman kerja serta keluarganya. Kejadian ini ditayangkan di saluran televisi Amerika sebagai salah satu keajaiban kedokteran. Bagaimana ini bisa terjadi? Kenyataannya satu dari 2500 wanita tidak sadar dirinya hamil sampai bayinya lahir. Istilah kedokterannya kehamilan cryptic. Ada beberapa hal yang menyebabkan kehamilan tidak terdeteksi sampai si bayi lahir.

  • Datang bulan yang tidak teratur

  • Ada banyak wanita yang tidak teratur datang bulannya. Karena itu mereka tenang-tenang saja ketika tidak mengalami datang bulan selama 8 bulan lebih. Mereka juga beruntung tidak mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual-mual atau kelainan apa pun sehingga mereka tidak merasa perlu ke dokter. Ketika mereka tes sendiri di rumah, hasil tes itu negatif. Namun ada juga wanita yang tetap memperoleh datang bulan selagi mereka hamil sehingga tidak menyangka dirinya hamil.

  • Berat badan

  • Wanita yang berat badannya agak berlebihan tidak akan menyadari bahwa dirinya hamil karena perutnya memang lebih menonjol daripada wanita yang kurus. Dia menganggap bahwa perutnya dalam keadaan seperti biasa dan karena berat badannya bertambah dia menganggap lumrah bila perutnya agak lebih besar.

  • Kesalahan dokter

  • Dalam sebuah tayangan televisi Dr. Oz ditampilkan sepasang suami istri yang mengalami peristiwa seperti ini. Tanpa disadari sang istri hamil dan baru diketahui sesudah bayinya lahir. Mereka sama sekali tidak menyangka karena si istri diramalkan dokter tidak bisa mengandung. Dia menderita suatu kelainan pada rahimnya. Ternyata ramalan dokter keliru. Dokter meramal Allah menentukan, tidak ada mukjizat yang mustahil. Tentu saja mereka sangat berbahagia menerima kehadiran bayi kejutan di tengah keluarga mereka.

  • Alasan medis

  • Selain alasan-alasan di atas ada lagi alasan medis. Menurut kedokteran kehamilan cryptic menyangkut alasan psikologis si ibu dan si bayi. Kehamilan seperti ini sebetulnya adalah mekanisme darurat. Janin menyadari adanya ancaman karena itu tidak menuntut banyak sehingga kehadirannya tidak diketahui supaya kesempatan lahir lebih besar. Dalam keadaan perang atau kekurangan, si ibu merasa stres dan ini dirasakan oleh janin. Karena itu janin tidak memproduksi hormon HCG cukup banyak sehingga tidak terdeteksi ketika calon ibu melakukan tes kehamilan. Selain stres, ada pula alasan lain mengapa janin tidak memproduksi hormon kehamilan cukup banyak. Salah satu alasan ialah bila janin mengalami kelainan kromosom yang berarti cacad sejak di kandungan. Tetapi ada pula janin sehat yang tidak memproduksi cukup hormon HCG karena bawaan dari genetiknya.

  • Advertisement
  • Seorang anak gadis berusia 16 tahun dari Inggris meninggal karena kehamilan cryptic. Ibunya membawa dia ke dokter beberapa kali karena beratnya bertambah drastis sampai sepatu sekolahnya tidak muat. Ketika dokter bertanya apakah dia pernah melakukan hubungan badan dia menyangkal. Dokternya teledor dan tidak melakukan tes kehamilan walau gadis itu mengaku mempunyai pacar berusia 19 tahun. Dokter menganjurkan dia menjalani tes darah. Sebelum dia sempat menjalani tes itu, di rumah dia kejang-kejang. Dia sempat dilarikan ke rumah sakit dan ketika diperisa ternyata dia sudah hamil hampir 7 bulan. Bayi perempuannya masih hidup, namun sesudah dikeluarkan dengan jalan dibedah sesar, bayi itu meninggal keesokan harinya. Si gadis mengalami keracunan darah dan gagal ginjal, sesuatu yang dapat terjadi pada 3 bulan terakhir dari kehamilan dengan gejala darah tinggi, kenaikan berat badan dan kejang-kejang. Kehamilan cryptic dapat mendatangkan kebahagiaan tetapi juga dapat mendatangkan kesusahan, bahkan berakibat fatal bagi si ibu.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Baru menyadari kehamilan setelah melahirkan. Mungkinkah?

Kenyataannya satu dari 2500 wanita tidak sadar dirinya hamil sampai bayinya lahir. Istilah kedokterannya kehamilan cryptic.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr