Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan sama saja dengan 'bunuh diri'

Banyak hal yang dapat menyebabkan kebiasaan menunda-nunda muncul seperti rasa malas, terlalu lelah, banyak pikiran, menyepelekan pekerjaan, dan lain sebagainya.

7,709 views   |   14 shares
  • Memiliki sifat suka menunda-nunda memang sangat mengganggu kita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Bukannya pekerjaan yang tidak selesai tetapi kritikan pedas pun akan kita terima juga, hal ini dapat menurunkan produktivitas Anda dalam bekerja. Banyak hal yang dapat menyebabkan kebiasaan menunda-nunda muncul seperti rasa malas, terlalu lelah, banyak pikiran, menyepelekan pekerjaan, dan lain sebagainya. Jika kebiasaan ini tidak segera Anda perbaiki maka kebiasaan ini akan membawa Anda ke dalam kehancuran diri sendiri. Tidak hanya itu saja, orang-orang di sekitar Anda akan mulai menjauh dari Anda karena kebiasaan buruk tersebut. Oleh karena itu, sebelum kebiasaan menunda-nunda ini susah lepas dari Anda maka secepat mungkin Anda harus berubah. Berikut ini adalah tips agar Anda dapat meninggalkan kebiasaan menunda-nunda.

  • 1. Cari tahu penyebab suka menunda-nunda

  • Seorang dokter tidak dapat mengobati pasien jika si dokter tidak tahu apa penyebab si pasien sakit. Begitu juga halnya kebiasaan menunda-nunda, jika kita ingin meninggalkan kebiasan ini kita harus tahu apa penyebab yang membuat kita menunda-nunda pekerjaan. Entah itu rasa malas, menyepelekan pekerjaan, banyak masalah yang sedang dihadapi, dan sebagainya. Jika sudah menemukan penyebabnya, coba untuk mengatasi terlebih dahulu penyebab tersebut agar Anda dapat fokus menyelesaikan pekerjaan Anda.

  • 2. Buat daftar prioritas

  • Karena terlalu banyaknya hal yang harus diselesaikan membuat kita bingung dan enggan untuk cepat menyelesaikan pekerjaan kita. Hal ini yang membuat peluang munculnya kebiasaan menunda-nunda semakin besar. Untuk itu, cobalah untuk membuat skala prioritas dalam satu hari. Mana pekerjaan yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu dalam hari itu. Jangan mencantumkan pekerjaan yang harus Anda lakukan untuk hari lainnya, karena hal itu dapat membuat Anda bingung dan malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Apa yang dapat Anda lakukan saat ini lakukan saja.

  • 3. Motivasi diri sendiri

  • Memiliki motivasi yang rendah dalam melakukan pekerjaan cenderung membuat kita menunda-nunda pekerjaan kita. Manusia sangat rentan untuk melupakan motivasi yang telah diberikan. Oleh karena itu, membuat diri termotivasi sangat perlu Anda lakukan setiap kali Anda ingin menunda pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Pikirkanlah hal yang dapat membuat Anda termotivasi seperti mengejar bonus, mengejar karir, bekerja untuk anak dan istri Anda, dan sebagainya.

  • 4. Tidak terlalu banyak menerima informasi

  • Advertisement
  • Tetap fokus dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan perlu Anda miliki agar pekerjaan tidak tertunda. Salah satu cara agar tetap fokus adalah tidak terlalu memikirkan banyak hal. Batasi informasi yang masuk ke otak Anda, izinkan informasi yang penting saja yang masuk ke otak Anda agar Anda tetap fokus menyelesaikan pekerjaan tersebut.

  • 5. Meminimalisasi gangguan

  • Seringnya gangguan yang kita dapatkan saat kita sudah fokus dengan pekerjaan membuat kita dapat menunda pekerjaan. Saat kita sudah berada di meja belajar dan kita terdorong untuk membuka Facebook, Twitter, dan bermain handphone atau ada anggota keluarga yang tiba-tiba masuk lalu mengajak ngobrol, hal tersebut sudah menghancurkan fokus kita untuk mulai bekerja. Oleh karena itu, coba jauhi segala bentuk gangguan seperti mematikan koneksi internet, mematikan handphone, atau mungkin mengunci kamar kita dan memberikan pemberitahuan "SEDANG SIBUK" yang ditempel di pintu kamar kita.

  • 6. Jangan menyepelekan pekerjaan

  • Memiliki kepercayaan diri boleh saja tapi jangan sampai kepercayaan diri itu membuat Anda menyepelekan pekerjaan Anda. Jangan terlalu percaya diri bahwa Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang singkat dan terbatas walaupun pekerjaan itu sudah sering Anda kerjakan. Sifat suka menyepelekan pekerjaan ini dapat membuat pekerjaan tidak selesai, seharusnya pekerjaan dapat selesai sekarang menjadi besok selesainya atau mungkin sudah lewat deadline. Jika dirasa pekerjaan yang Anda kerjakan sudah Anda kuasai, coba untuk meminta ke atasan untuk diberi tugas yang lebih menatang. Dengan tugas yang lebih menantang kita akan termotivasi untuk menyelesaikannya sehingga sifat yang suka menyepelekan itu akan hilang dengan sendirinya.

  • 7. Pikirkan terus keuntungan yang Anda dapatkan saat pekerjaan selesai lebih cepat

  • Tidak ada salahnya jika kita menyelesaikan pekerjaan lebih cepat sebelum waktu yang ditentukan. Jika bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat maka Anda dapat menggunakan waktu luang tersebut untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda senang. Seperti pergi berlibur, melakukan hobi, berkumpul bersama keluarga, dan sebagainya.

  • 8. Istirahat yang cukup

  • Sebagai seorang pekerja keras, istirahat yang cukup juga penting untuk meningkatkan produktivitas mereka. Kelelahan dan kurangnya istirahat juga dapat membuat kita menunda-nunda pekerjaan. Oleh karena itu, dengan istirahat yang cukup dapat mengembalikan mood kita untuk bekerja kembali dan pekerjaan akan lebih cepat selesai.

  • Advertisement
Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan sama saja dengan 'bunuh diri'

Banyak hal yang dapat menyebabkan kebiasaan menunda-nunda muncul seperti rasa malas, terlalu lelah, banyak pikiran, menyepelekan pekerjaan, dan lain sebagainya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr