Rahasia mendekatkan diri dengan seseorang yang tertutup

Berteman dengan orang yang terbuka akan lebih mudah dibanding dengan orang yang tertutup. Karena sifatnya yang pendiam, pemikir, dan suka menyendiri, kita memang harus lebih aktif dan sabar menghadapi mereka.

15,382 views   |   32 shares
  • Saat kita berada dalam sebuah komunitas pasti kita menemukan banyak orang dengan kepribadian yang berbeda-beda. Ada orang yang suka untuk bercerita, bercanda, dan ada juga yang hanya mendengar pembicaraan mereka saja. Memang manusia diciptakan Tuhan berbeda-beda tiap pribadinya, dengan tujuan agar kita saling melengkapi dan tidak ada yang menyombongkan dirinya. Berteman dengan orang yang terbuka akan lebih mudah dibanding dengan orang yang tertutup. Karena sifatnya yang pendiam, pemikir, dan suka menyendiri, kita memang harus lebih aktif dan sabar menghadapi mereka. Di bawah ini ada beberapa tips berkomunikasi dengan orang yang tertutup. Semoga bermanfaat.

  • 1. Mengenali dahulu siapa dia

  • Sebelum Anda memutuskan untuk memulai percakapan dengan orang yang tertutup, ada baiknya Anda mencari tahu dahulu siapa diri mereka. Coba untuk mengenali tingkah laku dan sifatnya melalui informasi yang Anda dapatkan dari teman-teman di sekitarnya atau melihatnya tingkah lakunya secara langsung. Memang susah menggali informasi jika kita tidak berkomunikasi langsung karena mereka yang cukup tertutup dan misterius.

  • 2. Mengajaknya keluar untuk melakukan aktivitas di luar rumah

  • Tidak ada salahnya jika Anda mengajaknya untuk keluar rumah, entah sekadar untuk minum kopi atau makan bersama. Momen ini sebaik mungkin Anda gunakan untuk berbicara dan berkenalan dengan mereka, jangan takut atau malu untuk memulai pembicaraan. Ajukan pertanyaan yang sederhana agar mereka mau untuk membuka mulutnya dan berbicara kepada Anda seperti menanyakan kabar, hobi, dan lainnya. Ingat jangan terlalu bertele-tele saat berbicara dengan mereka karena tidak menyenangi hal itu.

  • 3. Bahas tentang apa yang menjadi kesukaan mereka

  • Untuk dapat berkomunikasi dengan durasi yang cukup lama dengan orang tertutup, cobalah dengan menanyakan hal yang membuat mereka senang. Bisa mengenai hobi mereka, kegiatan yang mereka lakukan, dan lain sebagainya. Hal ini membuat mereka dapat berbicara lebih lama sehingga kita tahu bagaimana cara mereka berpikir dan karakter mereka melalui gaya bicaranya.

  • 4. Hati-hati saat berbicara

  • Saat kita berbicara kadang-kadang kita tidak sadar jika ada perkataan yang dapat membuat orang lain tersinggung walaupun maksudnya sebagai sebuah lelucon. Ingat orang yang tertutup kebanyakan adalah orang yang mudah tersinggung, mereka sangat sensitif dengan perkataan yang dapat menyinggungnya. Jika mereka sudah tersinggung maka akan susah bagi kita untuk berkomunikasi dengan mereka.

  • Advertisement
  • 5. Jangan terburu-buru masuk ke dalam kehidupan pribadinya

  • Walaupun mereka sudah mau untuk berbicara banyak dengan Anda bukan berarti Anda dapat masuk ke dalam kehidupan pribadinya. Orang yang tertutup lebih suka menjaga privasinya dan tidak mengumbarnya ke publik. Jadi, jangan coba-coba untuk mengurusi kehidupan pribadinya karena hal itu dapat menganggu privasi mereka. Tunggu sampai mereka mau membuka diri untuk mengizinkan Anda masuk ke dalam kehidupan pribadinya.

  • 6. Jadi orang yang menyenangkan di matanya

  • Tidak semua orang bisa dekat dengan orang tertutup. Dikarenakan mereka adalah orang yang pemilih, jika seseorang dianggapnya cocok maka mereka akan meneruskan hubungan tersebut dan begitu juga sebaliknya.

  • 7. Beri waktu untuk mereka berpikir

  • Ada saatnya Anda melontarkan pertanyaan dan respon mereka yang lambat untuk menjawabnya, bukan berarti mereka tidak mendengarkan pertanyaan Anda tetapi mereka berpikir dahulu untuk menjawabnya. Orang tertutup cenderung orang yang suka berpikir. Mereka tidak terbiasa menjawab sebuah pertanyaan langsung tanpa memikirnya dahulu. Jadi beri mereka sedikit waktu dalam menjawab pertanyaan yang Anda berikan kepada mereka.

  • 8. Gunakan handphone atau chatting untuk berkomunikasi

  • Mengunakan alat atau media untuk berkomunikasi dengan orang tertutup adalah cara terbaik untuk lebih dekat dengan mereka dengan kata lain berkomunikasi secara tidak langsung. Orang tertutup akan lebih dapat mengungkapkan maksud dan tujuannya melalui tulisan daripada kata-kata. Karena tidak terbiasanya untuk berbicara langsung dan bertatap muka, maka cara ini cukup efektif dilakukan. Terbiasa untuk berpikir, komunikasi secara tidak langsung memiliki jeda waktu untuk mereka berpikir sebelum menjawab pertanyaan.

  • 9. Lakukan komunikasi secara berulang

  • Jika kita ingin lebih dekat dengan orang yang tertutup, pembicaraan sekali dua kali tidak akan cukup untuk kita mengenal mereka lebih dalam lagi. Sebisa mungkin teruslah berkomunikasi dengan mereka, tetapi jangan sampai hal tersebut membuat mereka merasa terganggu karena ulah Anda yang tidak tepat pada waktunya dan terlalu sering Anda menghubungi mereka. Orang yang tertutup juga memiliki waktu untuk sendiri menenangkan pikirannya. Dengan melakukan komunikasi secara berulang, mereka akan merasa dirinya diperhatikan dan dihargai sebagai teman. Hal ini dapat memulai hubungan pertemanan yang baru yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Rahasia mendekatkan diri dengan seseorang yang tertutup

Berteman dengan orang yang terbuka akan lebih mudah dibanding dengan orang yang tertutup. Karena sifatnya yang pendiam, pemikir, dan suka menyendiri, kita memang harus lebih aktif dan sabar menghadapi mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr