Mengapa Sikap Positif Membuat Anda Lebih Bahagia?

Dalam membangun sikap positif, kita harus memiliki kesadaran penuh akan otoritas pribadi kita dalam mengatur serta mengendalikan kehidupan mental kita.

4,866 views   |   13 shares
  • Kita sering mendengar nasihat untuk bersikap positif. Akan tetapi dalam penerapannya, nasihat ini tidak semudah menasihatkannya. Kita cenderung reaktif terhadap rangsangan emosi dari luar diri kita. Oleh karena itu, mempertahankan sikap positif dalam keadaan yang tidak menyenangkan akan lebih sulit bila dibandingkan dengan keadaan-keadaan yang lebih ideal bagi kita. Sikap positif adalah pendirian mental yang lebih mengedepankan pola-pola konstruktif sebagai landasan berperilaku.

  • Dalam membangun sikap positif, kita harus memiliki kesadaran penuh akan otoritas pribadi kita dalam mengatur serta mengendalikan kehidupan mental kita termasuk dalam menanggapi stimulasi emosi yang memicu reaksi negatif dari pihak kita.

  • Sikap positif akan membuat Anda lebih bahagia. Berikut adalah alasan-alasannya:

  • 1. Pancaran aura positif

  • Aura yang positif akan terpancar dari suasana hati yang positif. Pancaran ini akan terlihat dari rona wajah Anda. Saat Anda bercermin, tatap dan amatilah pancaran wajah Anda. Perhatikan apakah dari wajah Anda terpancar cahaya positif atau justru sebaliknya yang terlihat adalah aura kekalutan yang bersumber dari suasana hati Anda. Bila Anda berpikir positif, air muka Anda akan terlihat cerah dan memancarkan energi yang menyenangkan. Salah satu wujudnya ialah senyuman yang selalu terukir di wajah Anda. Tentu saja hal ini akan menimbulkan kesan yang baik bagi orang-orang di sekitar Anda. Pancarannya akan membawa kehangatan ke dalam lingkaran pergaulan Anda. Orang-orang akan lebih mudah mendekati Anda karena terhindar dari rintangan komunikasi yang terbentuk oleh pancaran air muka Anda.

  • 2. Hubungan yang lebih baik dengan orang lain

  • Bila Anda bersikap positif, Anda akan melihat diri Anda dan orang lain dengan cara yang positif pula. Anda akan berusaha untuk mengatasi kelemahan Anda, dan Anda akan berfokus pada hal-hal yang baik dalam diri orang lain ketimbang kekurangan atau hal-hal negatif yang terasa sebagai gangguan bagi Anda. Dengan demikian hubungan Anda akan menjadi lebih baik karena Anda menyingkirkan prasangka-prasangka negatif yang dapat memicu ketidakharmonisan dalam suatu hubungan. Ini berlaku tidak hanya dalam hubungan Anda dengan orang lain secara umum, tetapi juga dalam hubungan Anda dengan orang-orang terdekat seperti pasangan serta para anggota keluarga Anda lainnya. Justru dalam hubungan dengan orang-orang terdekatlah, sikap positif seperti ini paling penting Anda terapkan. Dengan sikap positif hubungan Anda akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

  • Advertisement
  • 3. Sikap positif merupakan energi untuk meraih keberhasilan

  • Sikap positif dapat menjadi energi penambah semangat dalam meraih cita-cita. Anda akan melihat tantangan lebih sebagai pemacu upaya daripada sebagai penghalang untuk mencapai tujuan Anda. Optimisme Anda akan tumbuh, dan Anda akan melihat kesulitan sebagai pendorong kreativitas. Anda akan melihat peluang-peluang yang tidak dilihat oleh orang lain karena cara pandang yang tidak tepat. Anda akan mampu menyingkirkan berbagai hambatan semu yang lebih banyak muncul karena pikiran-pikiran negatif sebelum memulai sesuatu, sehingga peluang Anda untuk berhasil menjadi lebih terbuka.

  • 4. Sikap positif dapat mencegah stres

  • Stres lebih banyak ditimbulkan oleh pikiran negatif berupa kekhawatiran-kekhawatiran yang sering kali tidak cukup beralasan. Bila Anda berpikir positif Anda akan mudah mengenali penyebab saat Anda mengalami stres dan berusaha menanganinya dengan baik. Anda dapat mengubah suasana hati Anda menjadi ceria dan penuh harapan. Anda akan mampu berpikir secara jernih dan mengenali perbedaan suasana batin Anda bila Anda terus mempertahankan stres Anda, atau sebaliknya berusaha mengatasinya. Dengan sikap positif Anda dapat mengurangi tekanan dalam hidup Anda dan membuat Anda lebih santai. Anda akan melihat banyak kelimpahan dalam hidup Anda dan menikmatinya dengan rasa syukur.

  • 5. Sikap positif membuat Anda lebih sehat

  • Kesehatan yang baik berawal dari pikiran yang baik. Anda tidak memerlukan riset yang mendalam untuk memastikan dampak buruk dari pikiran-pikiran negatif bagi kesehatan Anda. Anda dapat merasakannya sendiri sewaktu Anda berada dalam tekanan emosi, berbagai gangguan kesehatan sering kali bermunculan. Gangguan-gangguan tersebut dapat berupa sakit kepala, nyeri otot, atau gangguan lain pada bagian perut dan sistem pencernaan. Sewaktu Anda mempertahankan sikap positif setiap hari, Anda dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan dan hidup Anda akan lebih bahagia.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Setiaman Zebua is a native of Nias, Sumatra Utara,now living in Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, and working for a family owned catering business. He is a father of two.

Mengapa Sikap Positif Membuat Anda Lebih Bahagia?

Dalam membangun sikap positif, kita harus memiliki kesadaran penuh akan otoritas pribadi kita dalam mengatur serta mengendalikan kehidupan mental kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr