Hore. Bahagia itu mudah lho!

Sebagian orang mungkin mengaitkan kebahagiaan secara langsung dengan kehidupan yang nyaman dan kondisi finansial yang mapan. Sementara bagi orang lain, kebahagiaan itu dimaknai dalam kesederhanaan dan kesahajaan hidup.

3,593 views   |   6 shares
  • Menjadi bahagia adalah dambaan semua orang. Akan tetapi, pada kenyataannya, mewujudkan impian untuk hidup bahagia tidak selalu mudah. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi tingkat kebahagiaan seseorang. Selain itu, makna kebahagiaan bagi setiap individu mungkin saja berbeda. Sebagian orang mungkin mengaitkan kebahagiaan secara langsung dengan kehidupan yang nyaman dan kondisi finansial yang mapan. Sementara bagi orang lain kebahagiaan identik dengan keutuhan dan keharmonisan rumah tangga. Atau bagi orang lain lagi, kebahagiaan itu dimaknai dalam kesederhanaan dan kesahajaan hidup.

  • Terlepas dari definisi kebahagiaan yang Anda anggap tepat bagi Anda, berikut ini adalah 6 solusi sederhana yang dapat membawa Anda pada kehidupan yang lebih bahagia:

  • 1. Milikilah kedaulatan pribadi atas kebahagiaan Anda sendiri

  • Cara pandang terhadap suatu masalah atau keadaan sangat menentukan kualitas rasa bahagia dalam diri. Bahagiakanlah diri Anda dengan cara memilih dan memutuskan untuk berbahagia dalam setiap keadaan. Ini tidak berarti sebagai sebuah saran untuk menyederhanakan persoalan, melainkan cara untuk melatih diri dalam memilih cara yang lebih positif, melegakan, serta mendatangkan senyuman saat berhadapan dengan kekalutan atau kondisi runyam, ketimbang sekadar berpasrah dan meratapi keadaan.

  • Dalam berbagai kondisi yang tidak ideal, berfokuslah pada hal-hal yang dapat Anda ubah, tentu saja termasuk suasana emosi Anda sendiri, dan jangan memusatkan pikiran pada hal-hal yang berada di luar jangkauan atau kendali Anda. Dengan cara ini Anda dapat mencapai kebebasan jiwa dan kedaulatan pribadi atas kebahagiaan Anda sendiri.

  • 2. Bangunlah perasaan yang baik tentang diri sendiri

  • Salah satu pemicu ketidakbahagiaan lainnya adalah ketidakpuasan terhadap diri sendiri. Ini dapat berupa ketidakpuasan atas kondisi fisik, ketidakpercayaan atas kemampuan diri sendiri, atau perasaan gagal untuk menjadi sosok pribadi seperti yang diinginkan. Oleh karena itu, untuk menjadi bahagia, pikiran dan tanggapan yang baik tentang diri sendiri adalah sangat penting. Terimalah diri Anda secara apa adanya, dan bangunlah kepercayaan dalam diri Anda bahwa Anda sesungguhnya adalah pribadi yang utuh, terlepas dari bebagai kelemahan yang bersifat manusiawi dan universal.

  • 3. Nikmatilah hidup Anda hari ini

  • Kecemasan pribadi lainnya yang sering kali menjadi perusak kebahagiaan adalah beban emosi masa lalu yang sulit dilepaskan, juga kekhawatiran yang berlebihan mengenai masa depan. Untuk mengatasinya, bangunlah 'tembok' yang memisahkan Anda secara emosi dari masa lalu dan masa depan. Dengan sukarela, lepaskan diri Anda dari berbagai ikatan masa lalu yang dapat mencederai kebahagiaan Anda, entah itu berupa persoalan, kenangan, atau bahkan kenyamanan yang dulu pernah Anda nikmati, yang membuat Anda terus-menerus ingin kembali ke masa itu. Masa lalu adalah masa lalu, tidak ada seorang pun yang sanggup mengubahnya.

  • Advertisement
  • Selain itu, jangan biarkan kebahagiaan Anda 'hari ini' dirusak oleh kekhawatiran Anda mengenai masa depan. Bersiaplah dan lakukanlah upaya-upaya antisipatif untuk menghadapi masa depan, namun tetaplah bersikap wajar dan realistis. Persoalan masa depan, itu terlalu besar dan tidak mungkin diselesaikan hari ini. Anda tidak dapat berbuat terlalu banyak untuk mengendalikannya, karena Anda tidak dapat melihatnya secara pasti. Nikmatilah hidup Anda hari ini sambil berupaya untuk menyongsong masa depan Anda dengan penuh keyakinan dan rasa percaya diri.

  • 4. Bebaskanlah diri Anda dari jerat utang

  • Barangkali tidaklah terlalu berlebihan bila mengatakan bahwa hidup yang paling bahagia itu adalah hidup yang bebas dari utang atau kewajiban finansial yang tidak perlu. Memang ada sebagian orang yang beranggapan bahwa berutang dapat menjadi pemicu motivasi agar lebih giat mencari uang. Akan tetapi bila tidak berhati-hati, anggapan semacam ini dapat menjurus pada perhambaan diri sendiri.

  • Motivasi kerja yang timbul oleh kewajiban untuk melunasi utang, lebih bersifat sebagai tekanan ketimbang dorongan dari niat yang tulus untuk bekerja keras. Oleh karena itu, kelolalah uang Anda secara bijaksana dan hiduplah dalam batas kemampuan finansial Anda, lalu rasakanlah perbedaannya. Bagaimanapun Anda akan tetap lebih bahagia bila hidup tanpa utang.

  • 5. Jalanilah kehidupan Anda secara jujur

  • Salah satu pilar kebahagiaan sejati adalah kejujuran, yakni kejujuran terhadap diri sendiri dan juga kejujuran terhadap Sang Khalik. Jangan tertipu hanya karena ketika Anda sedang 'bermain-main' dengan integritas pribadi Anda dalam hal kejujuran, Anda mungkin memperoleh kesenangan sesaat, sementara dalam hati kecil Anda timbul pertentangan yang membuat Anda tidak merasa damai. Berhati-hatilah agar jangan sampai Anda sedemikian terbiasa hingga Anda merasa begitu nyaman dalam rupa-rupa permainan ketidakjujuran. Hidup jujur akan membebaskan Anda dari pergolakan nurani.

  • 6. Berbaik hati dan jauhi sifat egois

  • Kebaikan hati adalah penyempurna kebahagiaan. Ungkapan "lebih baik memberi daripada menerima" bukanlah isapan jempol semata. Ada kebahagiaan tersendiri yang tidak dapat diperoleh dengan cara lain ketika Anda menolong orang lain. Menaruh empati pada penderitaan orang lain sesungguhnya akan mendatangkan kesukacitaan. Kesukacitaan itu tidak tergantikan atau tersamai oleh kepuasan yang dihasilkan oleh egoisme. Akan tetapi sukacita semacam itu hanya akan benar-benar Anda rasakan setelah Anda berhasil mengembangkan sikap tersebut secara tulus dalam diri Anda. Milikilah jiwa yang humanis, sifat sosial, dan kedermawanan, maka Anda akan lebih bahagia.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Setiaman Zebua is a native of Nias, Sumatra Utara,now living in Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, and working for a family owned catering business. He is a father of two.

Hore. Bahagia itu mudah lho!

Sebagian orang mungkin mengaitkan kebahagiaan secara langsung dengan kehidupan yang nyaman dan kondisi finansial yang mapan. Sementara bagi orang lain, kebahagiaan itu dimaknai dalam kesederhanaan dan kesahajaan hidup.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr