Kegagalan adalah Kesuksesan yang Tertunda

Setidaknya pada tingkat tertentu semua orang pasti pernah merasa gagal. Reaksi kita terhadap kegagalan sangat berpengaruh pada semangat dan cara kita berupaya.

9,533 views   |   19 shares
  • Kita semua memiliki impian besar dalam kehidupan kita. Akan tetapi tidak semua apa yang kita cita-citakan selalu berhasil sesuai dengan yang kita inginkan. Setidaknya pada tingkat tertentu semua orang pasti pernah merasa gagal. Reaksi kita terhadap kegagalan sangat berpengaruh pada semangat dan cara kita berupaya setelahnya. Simaklah 5 uraian berikut perihal kegagalan:

  • 1. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya

  • Tidak semua orang dapat menerima kegagalan yang dialaminya secara baik. Sering kali orang-orang merasa putus asa dan patah semangat. Saat mengalami kegagalan, Anda mungkin saja akan kecewa. Namun hal yang paling penting ialah mengelola emosi Anda sedemikian rupa agar Anda mampu melihat kegagalan Anda secara proporsional dan menempatkannya pada perspektif yang benar. Bila Anda tidak berhasil dalam suatu hal yang sedang Anda upayakan, itu tidak berarti bahwa semua kesempatan Anda telah berakhir. Lihatlah hal-hal yang telah Anda lakukan juga hal-hal yang seharusnya Anda lakukan tetapi belum Anda lakukan. Evaluasilah cara Anda, lakukan perbaikan, dan bersiaplah bagi kesempatan yang akan datang.

  • 2. Ketidakberhasilan tidak selalu berarti kegagalan

  • Ketidakberhasilan dan kegagalan memiliki makna yang berbeda dalam beberapa hal. Bila Anda tidak berhasil dalam mengupayakan sesuatu, itu berarti bahwa Anda hanyalah sekadar tidak berhasil dalam upaya tersebut. Itu tidak berarti bahwa Anda adalah orang yang gagal. Jangan memberi cap negatif pada diri Anda sendiri bahwa Anda adalah orang yang sial, lemah, atau tidak pandai hanya karena Anda belum berhasil mencapai sesuatu yang Anda inginkan. Sesungguhnya, kegagalan Anda hari ini tidak memiliki pengaruh apa-apa terhadap keberhasilan Anda di masa yang akan datang, kecuali Anda membiarkan perasaan negatif Anda melemahkan semangat Anda untuk berhasil. Jadikanlah kegagalan Anda sebagai batu pijakan untuk berhasil di kemudian hari.

  • 3. Kegagalan akan menjadikan Anda lebih baik

  • Salah satu cara keliru dan berpotensi mengakibatkan kegagalan ialah anggapan bahwa Anda sendirilah yang paling hebat dan punya segala kemampuan untuk mencapai impian Anda. Karena dengan bersikap demikian, Anda telah menutup seluruh pintu bagi masukan dari pihak lain demi peningkatan kinerja dan peluang untuk berhasil.

  • Kegagalan memberi Anda kesempatan untuk melakukan introspeksi, perubahan, serta peningkatan kualitas diri. Melalui kegagalan, Anda akan lebih memahami makna dan nilai dari keteguhan tekad, kegigihan, kesabaran, dan sikap penerimaan. Oleh karena itu, saat Anda mengalami kegagalan, berusahalah untuk melihatnya dari sudut pandang sebaliknya. Pertimbangkanlah kemungkinan adanya pengaruh buruk bagi kepribadian Anda, seandainya saja Anda tidak pernah gagal dan selalu berhasil dalam setiap pengejaran Anda.

  • Advertisement
  • 4. Masalah waktu

  • Kesabaran diperlukan untuk mencapai keberhasilan. Kadang-kadang diperlukan waktu lebih lama daripada yang Anda harapkan. Bila cita-cita Anda tidak tercapai pada waktu yang Anda inginkan, itu tidak berarti bahwa Anda tidak akan pernah mencapainya, asalkan Anda tetap bertahan pada arah yang benar dengan segenap daya upaya yang Anda kerahkan untuk meraihnya. Kegagalan dalam satu bidang tidak menutup peluang Anda untuk berhasil dalam bidang lainnya. 'Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda' adalah ungkapan penuh harapan bagi mereka yang tidak pernah kehilangan daya juang untuk meraih impian besar mereka.

  • 5. Kegagalan dan takdir

  • Saat Anda mengalami kegagalan, berhati-hatilah agar Anda tidak terburu-buru menyimpulkannya sebagai takdir kehidupan Anda. Anggapan bahwa segala sesuatunya dalam kehidupan Anda telah digariskan sebelumnya akan melemahkan nilai pentingnya berikhtiar. Pemahaman akan takdir secara mutlak seperti itu akan meniadakan otoritas serta tanggung jawab pribadi Anda atas kehidupan Anda sendiri. Ingatlah bahwa Anda telah dikaruniai berbagai kemampuan, akal budi, serta kearifan untuk Anda gunakan sebagai amanah dalam memperjuangkan kehidupan Anda di bumi ini.

  • Kerahkanlah seluruh kecerdasan dan daya upaya yang Anda miliki untuk meraih keberhasilan. Teruslah berjuang, dan setelah Anda melakukan segala sesuatu yang terbaik dalam batas kemampuan Anda untuk meraih keberhasilan, tetapi Anda masih saja belum berhasil meraih impian Anda, terimalah hal itu sebagai kehendak Ilahi bagi kehidupan Anda. Belajarlah darinya dan petiklah nilai-nilai serta pelajaran berharga dari pengalaman tersebut. Nilai-nilai tersebut pasti bermanfaat demi kebaikan hidup Anda selanjutnya. Bila Anda menanganinya secara benar, tidak ada kegagalan yang tidak akan mengangkat kehidupan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Setiaman Zebua is a native of Nias, Sumatra Utara,now living in Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, and working for a family owned catering business. He is a father of two.

Kegagalan adalah Kesuksesan yang Tertunda

Setidaknya pada tingkat tertentu semua orang pasti pernah merasa gagal. Reaksi kita terhadap kegagalan sangat berpengaruh pada semangat dan cara kita berupaya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr