Resolusi Sehat untuk Umur yang Panjang

Cara hidup yang baik selagi muda akan menentukan seberapa sehat seseorang ketika sudah tua nanti, dan ketidakpedulian terhadap gaya hidup sehat akan membuat seseorang menyesalinya di kemudian hari.

5,327 views   |   0 shares
  • Ada sebuah upaya yang bisa kita lakukan supaya dapat menikmati kehidupan ini lebih lama, yaitu dengan cara menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian kita. Cara hidup yang baik selagi muda akan menentukan seberapa sehat seseorang ketika sudah tua nanti, dan ketidakpedulian terhadap gaya hidup sehat akan membuat seseorang menyesalinya di kemudian hari.

  • Sepenggal puisi dari Khairil Anwar yang berkata "Aku ingin hidup seribu tahun lagi" menggambarkan betapa manusia sangat mengharapkan untuk bisa hidup lebih lama di dunia, akan tetapi itu semua mustahil karena setiap manusia suatu saat nanti pasti akan meninggalkan raganya untuk bisa kembali kepada Sang Khalik.

  • Oleh karena itu, bila Anda berharap supaya bisa lebih lama menikmati kehidupan ini dan agar kehidupan Anda di masa tua nanti selalu sehat dan tetap produktif, maka inilah saat yang tepat untuk membuat tekad di dalam diri Anda untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian Anda.

  • 1. Jangan tidur terlalu malam

  • Tubuh manusia butuh untuk istirahat setelah seharian beraktivitas dan di waktu malam adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Sewaktu istirahat di malam hari, metabolisme tubuh manusia bekerja paling aktif. Berbagai macam racun di dalam tubuh akan dikeluarkan, dan sel-sel tubuh yang mati akan segera diperbarui. Oleh karena itu, ketika Anda mengabaikan tidur malam atau bila Anda terlalu sering begadang, maka hal itu akan mengacaukan semua sistem metabolisme dan akibatnya Anda akan sering merasa ngantuk, badan lesu, mudah stres, dan gampang terserang penyakit.

  • 2. Mulailah olahraga secara rutin

  • Tubuh yang jarang digerakkan akan membuat otot-otot menjadi lemah, akibatnya lemak di dalam tubuh akan menumpuk dan gula darah tidak terkontrol. Bila hal ini terus dibiarkan akan membuka peluang bagi penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya mudah menyerang. Karena itu, gerakkan tubuh Anda mulai dari sekarang dan rutinlah berolahraga, sehingga massa otot tubuh Anda selalu terjaga dan tidak memberi kesempatan bagi penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung, darah tinggi, diabetes, dan stroke mudah menyerang.

  • 3. Mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat

  • Bila saat ini Anda terbiasa mengonsumsi rokok dan alkohol, maka hentikanlah dengan segera kebiasaan tersebut dari sekarang. Ketahuilah bahwa zat-zat yang selama ini Anda masukkan ke dalam tubuh Anda tanpa Anda sadari telah meracuni dan membunuh Anda secara perlahan dari dalam. Karena itu, bila Anda berharap untuk tetap bisa hidup sehat hingga tua nanti dan tetap produktif dalam melakukan aktivitas, maka segera ganti rokok dan alkohol tersebut dengan mengonsumsi lebih banyak makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan.

  • Advertisement
  • 4. Hindarilah stres

  • Stres telah terbukti secara klinis menjadi penyebab seseorang mudah terserang penyakit, dan karena stres pula membuat kehidupan seseorang menjadi tidak bahagia. Oleh karena itu, kendalikan stres Anda, hindarilah hal-hal yang dapat memicu terjadinya stres seperti hutang piutang, perceraian, pertengkaran dalam keluarga, masalah pekerjaan, dan sebagainya.

  • 5. Kurangi mengonsumsi makanan manis

  • Saat ini penyakit diabetes dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua, akan tetapi sebenarnya penyakit diabetes dapat dicegah apabila seseorang sejak muda telah terbiasa menerapkan gaya hidup sehat dalam kesehariannya. Salah satu cara supaya Anda tidak mudah terserang diabetes adalah dengan mengurangi asupan gula. Kandungan gula banyak dijumpai dalam berbagai produk olahan makanan seperti permen, roti, nasi putih, kue-kue, dan sebagainya. Oleh karena itu, kurangilah asupan gula Anda dan hindarilah terlalu sering mengonsumsi makanan manis. Dengan demikian Anda akan terhindar dari penyakit diabetes yang tidak Anda harapkan.

  • 6. Kurangi makan gorengan

  • Masyarakat di Indonesia sejak kecil telah terbiasa dengan makanan yang digoreng, susah memang untuk bisa menghilangkan kebiasaan ini. Akan tetapi, bila Anda mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat terlalu sering mengonsumsi gorengan seperti kolesterol tinggi, asam urat, stroke, dan serangan jantung, maka pasti akan membuat Anda berpikir ulang untuk mengonsumsinya secara rutin setiap hari.

  • 7. Kurangi mengonsumsi daging merah

  • Daging merah seperti daging sapi, kambing, kerbau dan dari hewan mamalia ternak lainnya bila dikonsumsi secara rutin setiap hari sangat tidak baik bagi kesehatan. Berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, kanker usus, kecacingan, darah tinggi, kolesterol, asam urat, stroke, dan serangan jantung menyerang mereka yang terlalu sering mengonsumsi daging merah. Oleh karena itu, gantilah segera kebiasaan mengonsumsi daging merah dengan mengonsumsi daging ikan, kandungan vitamin, serta protein yang dimiliki oleh daging ikan jauh lebih banyak serta lebih bergizi daripada daging merah.

  • Demikianlah resolusi sehat yang dapat disampaikan, kendati tak ada seorangpun yang tahu berapa lama usia seseorang di dunia ini, akan tetapi dengan membuat resolusi sehat bagi diri kita masing-masing, maka hal itu memungkinkan kita untuk bisa menikmati kehidupan ini lebih lama.

Bantu kami menyebarkan

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Resolusi Sehat untuk Umur yang Panjang

Cara hidup yang baik selagi muda akan menentukan seberapa sehat seseorang ketika sudah tua nanti, dan ketidakpedulian terhadap gaya hidup sehat akan membuat seseorang menyesalinya di kemudian hari.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr