Risiko Kesehatan bila Kurang Tidur

Pada umumnya bila kurang tidur pagi harinya badan akan terasa kacau dan seolah tidak ada semangat untuk beraktivitas atau bekerja.

5,605 views   |   5 shares
  • Perlu diketahui dan dipahami untuk kita semuanya apa akibatnya jika tubuh kurang tidur. Pada umumnya bila kurang tidur, pagi harinya badan akan terasa kacau dan seolah tidak ada semangat untuk beraktivitas atau bekerja. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kita istirahat atau tidur tujuh sampai delapan jam dalam sehari. Berikut dampak akibat kurang tidur dan istirahat bagi tubuh:

  • 1. Tingkat konsentrasi atau kewaspadaan menurun

  • Akibat buruk yang terasa apabila kurang tidur adalah kurangnya tingkat kewaspadaan. Hal ini juga bisa dirasakan bagi Anda yang sedang sekolah jika kurang tidur akan sulit berkonsentrasi dalam menerima pelajaran, dan bagi Anda yang bekerjanya memerlukan energi khusus seperti sopir, operator mesin, guru, dosen, dan sebagainya, jika kurang tidur akan sangat mengganggu aktivitas Anda dan akan berakibat buruk pada daya ingat Anda.

  • 2. Gangguan pada jantung

  • Ada beberapa faktor penyebab penyakit dan gangguan jantung. Salah satunya kelelahan dan kurang tidur. Seperti yang kita ketahui bahwa jantung adalah organ yang sangat vital dan penting. Oleh karena itu, selagi manusia masih hidup tentu jantung akan terus bekerja tanpa henti untuk mempompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, apa jadinya jika organ yang satu ini mengalami gangguan. Bisa dipastikan kesehatan tubuh akan tidak sempurna. Agar tubuh selalu sehat jagalah hidup Anda dengan tidur dan istirahat yang cukup.

  • 3. Sistem kekebalan tubuh menurun

  • Gangguan selanjutnya akibat kurang tidur adalah stres, respon kurang, dan menurunnya kekebalan tubuh. Kemungkinan hal itu pernah Anda rasakan pada saat tidur Anda tidak teratur, tubuh mengalami demam dan gejala lainnya seperti flu, batuk, dan pegal-pegal. Kekebalan tubuh Anda munurun, artinya bahwa jika kurang tidur akan mempengaruhi fungsi gen dalam tubuh seseorang yang berkaitan langsung dengan sistem kekebalan dan metabolisme tubuh.

  • 4. Gangguan gula darah (diabetes)

  • Risiko selanjutnya adalah gula darah (diabetes), penyakit ini sangat ditakuti oleh semua orang karena penyakit ini bisa dibilang sulit diobati. Penyebab penyakit ini adalah karena Anda tidak bisa mengontrol pola makan dan istirahat. Selagi Anda sehat, sebaiknya konsumsilah makanan yang higienis dan juga tidak berlebihan, karena hampir semua makanan itu mengandung zat gula. Jadi, agar tubuh Anda tetap sehat dan tidak mengalami gangguan penyakit diabetes, aturlah menu makanan Anda dan juga tercukupi nilai gizinya. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah mengatur pola tidur dan istirahat yang cukup.

  • Advertisement
  • 5. Serangan stroke

  • Pada umumnya penyakit stroke adalah pola hidup yang salah dan sebagian besar hal ini disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan tidak terkontrol. Jagalah tubuh Anda sebelum penyakit stroke tersebut hinggap pada tubuh Anda. Sebaiknya kontrollah pola makan Anda dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak terkontaminasi dari zat-zat kimia yang berbahaya atau bahan makanan yang mengandung pengawet, karena bahan-bahan tersebut jika sudah masuk dalam sistem pencernaan cepat atau lambat akan berdampak buruk.

  • Selain itu, setelah Anda mengonsumsi makanan yang higienis, Anda juga harus mengatur pola istirahat yang cukup. Karena jika kurang istirahat atau tidur akan berisiko terkena serangan stroke empat kali lipat dibandingkan dengan orang yang menjaga pola tidurnya dengan normal. Lebih parah lagi jika sudah terjadi pecahnya arteri otak atau pendarahan dan penyumbatan. Karena penyakit stroke datangnya mendadak atau tiba-tiba sehingga dapat menyebabkan kerusakan fatal pada jaringan otak. Hal ini kemudian dapat menyebabkan gangguan fungsi gerak dan bicara, bahkan dapat menyebabkan koma hingga kematian. Walaupun saat ini sudah terdapat teknologi yang canggih dan modern, namun alangkah baiknya Anda mencegahnya sedini mungkin apalagi jika ada anggota keluarga Anda mempunyai riwayat penyakit stroke. Namun demikian, jangan miliki rasa takut berlebihan pada penyakit stroke. Yakinlah bahwa semua penyakit itu ada obatnya.

Baca, hidupkan, bagikan!

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Risiko Kesehatan bila Kurang Tidur

Pada umumnya bila kurang tidur pagi harinya badan akan terasa kacau dan seolah tidak ada semangat untuk beraktivitas atau bekerja.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr