Menulis: Media Melepas Beban Pikiran

Menulis adalah menuangkan pemikiran ke dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, semua orang adalah penulis, bahkan jika kita tidak berbakat menciptakan kata-kata mutiara atau bait berima.

1,742 views   |   1 shares
  • Ketika orang membayangkan seorang "penulis", mungkin akan terbayang seorang jenius yang menyendiri di ruangan penuh dengan kertas berserakan di mana-mana sambil berfokus menulis atau mengetik di depan layar komputer tentang karya tulis terbesar selanjutnya.

  • Sesungguhnya, menulis adalah jauh lebih luas daripada bayangan di atas. Menulis adalah menuangkan pemikiran ke dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, semua orang adalah penulis, bahkan jika kita tidak berbakat menciptakan kata-kata mutiara atau bait berima.

  • Banyak tokoh sukses dunia memanfaatkan menulis untuk mengarahkan pikiran dan tujuan hidup mereka serta untuk mengevaluasi apa yang sudah mereka capai dalam hidup. Warren Buffet menjelaskan bagaimana menulis adalah cara penting untuk menyempurnakan apa yang dia pikirkan. Sedangkan Bill Gates menyatakan bahwa menulis adalah kegiatan harian yang dia lakukan agar dapat duduk dan mengevaluasi apa yang dia alami sepanjang hari.

  • Dalam hal ini, menulis dapat digunakan sebagai instrumen untuk berpikir, berekspresi, dan mendorong kreativitas. Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut adalah beberapa manfaat dari menulis menurut artikel The Psychological Benefits of Writing oleh Gregory Ciotti:

  • Menulis membuat Anda merasa lebih bahagia

  • Apabila Anda tidak tahu cara mulai menulis, cobalah dengan memikirkan dan menulis apa saja yang ingin Anda capai dalam hidup. Ini adalah kegiatan yang terbukti bermanfaat untuk memotivasi Anda. Menulis secara ekspresif dapat membantu meningkatkan mood dan well-being Anda serta mengurangi stres jika dilakukan secara teratur. Menulis tentang mencapai impian masa depan dapat membuat orang merasa lebih bahagia dan sehat. Selain itu, menulis tentang berkat-berkat dan keberhasilan yang telah Anda capai juga dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan dengan lebih menyadari hal-hal baik yang telah Anda terima dan rasakan selama hidup Anda.

  • Menulis dapat membantu Anda merasa bersyukur

  • Menghitung berkat-berkat yang telah Anda terima terbukti mampu meningkatkan pandangan hidup. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang merefleksikan hal-hal baik dalam kehidupan mereka secara tertulis sekali seminggu menjadi lebih positif dan termovitasi tentang situasi masa kini dan masa depan mereka. Namun, ketika mereka melakukan hal ini setiap hari, manfaat yang dirasakan berkurang. Kuncinya adalah melakukan secara teratur namun tidak setiap hari untuk menghilangkan kebosanan dan ketidakjujuran.

  • Advertisement
  • Menulis membantu dalam menghadapi masa-masa sulit

  • Menulis tentang masa-masa sulit atau peristiwa traumatis dapat membuat orang merasa lebih depresi, hingga sekitar enam bulan kemudian, baru terasa manfaat emosionalnya. Pemilihan waktu yang tepat untuk menulis sangat berdampak penting bagi pemulihan dari masa-masa sulit. Memaksakan diri untuk menulis dapat memperparah keadaan, tetapi jika Anda menulis tanpa paksaan dan atas kehendak sendiri, manfaatnya akan sangat membantu dalam pemulihan trauma.

  • Menulis meningkatkan cara berpikir dan berkomunikasi

  • Kurangnya perbendaharaan kata dapat menyebabkan kesulitan dalam mengekspresikan perasaan, berbagi pengalaman, dan berkomunikasi dengan orang lain. Menulis dapat membantu mencegah penggunaan kata-kata yang kurang efektif mengekspresikan apa yang sebenarnya ingin Anda ungkapkan. Baik dalam kecerdasan emosi maupun dalam kecerdasan ilmu pengetahuan (bahkan matematika), menulis telah terbukti membantu orang menyampaikan gagasan yang sangat kompleks dengan jelas dan sistematis.

  • Menulis mengasah ketajaman otak Anda

  • Menulis adalah mengolahragakan otak Anda. Sama seperti olahraga jasmani, menulis dapat menjaga "kebugaran" alias ketajaman otak Anda. Menulis dapat membantu memastikan Anda terus berpikir secara teratur.

  • Menulis membantu Anda berfokus

  • Pernahkah Anda membuka terlalu banyak Internet tabs? Itu sangat mengganggu fokus Anda. Bagaimana dengan terlalu banyak memikirkan banyak hal? Ini sering kali menyebabkan orang berusaha menangani terlalu banyak hal pada saat yang bersamaan. Menulis membantu Anda berfokus pada satu hal sementara mencatat hal-hal yang akan Anda lakukan nanti. Pastikan Anda mencatatnya di buku catatan khusus yang selalu Anda bawa setiap saat. Dengan berfokus pada satu hal saja dan membuat rencana tertulis, Anda akan mengurangi stres dan beban pikiran Anda.

  • Menulis membuat Anda ingin belajar lebih

  • Menulis sering kali membuat Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang berbagai macam hal, apalagi ketika Anda ingin membagikan karya tulis Anda, baik kepada keturunan Anda maupun kepada masyarakat umum. Menulis dapat memancing keingintahuan Anda dan memacu semangat mencari lebih banyak informasi, inspirasi, dan wawasan. Misalnya, ketika Anda mendengar wejangan dari acara motivasi di televisi atau catchprase di iklan radio, Anda ingin segera mencatatnya agar tidak lupa. Atau mungkin Anda mendengar sebuah topik yang menarik perhatian dan memotivasi Anda untuk meneliti lebih lanjut, misalnya bagaimana perbudakan berakhir di Amerika Serikat atau bagaimana emansipasi wanita terjadi di Indonesia.

  • Advertisement
  • Baik mencatat momen terilhami sederhana dalam sebuah buku harian maupun menuangkan segala pemikiran dan pengetahuan Anda dalam sebuah karya tulis ilmiah, pastikan Anda menikmati proses menulis dan melakukannya secara teratur. Selamat menulis!

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Menulis: Media Melepas Beban Pikiran

Menulis adalah menuangkan pemikiran ke dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, semua orang adalah penulis, bahkan jika kita tidak berbakat menciptakan kata-kata mutiara atau bait berima.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr