Melangsingkan pinggang?

Kalau Anda membaca atau mendengar ada cara mudah untuk mengecilkan perut atau pinggang tanpa mengolah tubuh yang lain, sebenarnya itu tidak mungkin.

25,093 views   |   16 shares
  • Sulit dipercaya bila masih ada orang yang percaya bahwa kita dapat mengecilkan atau melangsingkan sekadar perut dan pinggang Anda tanpa mengolah bagian tubuh yang lain. Tubuh manusia tidak dibagi dalam kelompok-kelompok dengan sekat-sekat sehingga kita dapat melakukan sesuatu khusus untuknya tanpa mempengaruhi kelompok yang lain. Setiap otot dan sel tubuh saling berhubungan satu dengan lainnya.

  • Pernahkah Anda menonton reality TV show yang berjudul 'The Greatest Loser', yang mempertandingkan siapa yang paling cepat menurunkan berat badan? Regu yang dipilih tersebut terdiri dari orang yang berat badannya luar biasa seperti 200 hingga 300 kg. Setelah 6 bulan melakukan latihan dan diet secara intensif, maka mereka ditimbang untuk menentukan siapa yang paling berhasil menghilangkan berat badannya, maka dialah yang menang. Kebanyakan peserta tersebut berhasil menurunkan 100 kg atau lebih, tetapi perhatikanlah bagian tubuh yang masih bandel? Perut mereka!

  • Rupanya perut itu adalah tempat untuk menyimpan lemak tubuh. Ini adalah mekanisme alami tubuh kita bila terjadi surplus kalori. Kelebihan kalori ini kemudian disimpan berupa lemak dalam dan sekitar perut, pinggang, dan pinggul lebih dulu. Setelah tempat-tempat penyimpanan alami itu penuh, baru disebarkan ke bagian-bagian tubuh lainnya.

  • Lemak yang disimpan di antara serabut otot dan di bawah kulit tersebut tidak berupa sel mati, tetapi berupa sel hidup. Dengan demikian, sel-sel ini kemudian dialiri pembuluh darah agar distribusi makanan dan oksigen memberi kehidupan, seperti kalau ada daerah yang baru dibuka untuk perumahan, maka jalan-jalan untuk lalu lintas dibuat. Itulah sebabnya penyedotan lemak atau liposuction adalah sebuah prosedur medis yang serius dan cukup berbahaya karena dengan disedot keluarnya lemak tubuh yang adalah sel hidup, maka pembuluh darah halus ikut tersedot keluar dan kalau tindakan tersebut dilakukan secara tidak benar, misalnya terlalu banyak yang disedot keluar dalam waktu yang terlalu singkat, maka akan terjadi pendarahan di dalam tubuh dan dapat menyebabkan kematian.

  • Jadi, kalau Anda membaca atau mendengar ada cara mudah untuk mengecilkan perut atau pinggang tanpa mengolah tubuh yang lain, sebenarnya itu tidak mungkin. Kebanyakan yang biasanya dianjurkan adalah melakukan gerakan seperti sit-up atau crunching. Kedua gerakan tersebut sebenarnya adalah untuk melatih otot perut, bukan untuk menghilangkan lemak yang sebenarnya ingin dihilangkan.

  • Advertisement
  • Sit-up atau crunching tidak mungkin menghilangkan sel lemak hidup yang tinggal dalam perut dan pinggang Anda karena kalori yang digunakan untuk melakukan kedua gerakan tersebut tidak cukup besar untuk mendorong tubuh Anda membakar lemak.

  • Mekanisme tubuh dalam membakar kalori adalah membakar glikogen (kandungan gula karbohidrat dalam serabut otot) terlebih dahulu, baru setelah hampir habis atau sudah habis maka tubuh akan membakar lemak tubuh. Itu pun bukan berarti perut kita segera langsing. Setelah berusaha dengan berkeringat dan kesakitan, lemak di bagian perut dan pinggang adalah bagian terakhir yang akan pergi.

  • Demikian pula jangan percaya dengan alat-alat olahraga yang dijual khusus untuk melangsingkan pinggang, seperti yang dikomersialkan lewat TV. Model yang digunakan dalam menawarkan alat-alat tersebut dipilih lewat audisi ketat dan mereka adalah atlit kebugaran, atlit elit olahraga tertentu, dan yang terpenting, tubuh yang mereka tonjolkan dengan pinggang ramping serta berotot tidak dihasilkan hanya dari alat olahraga yang dikomersialkan lewat TV itu. Kalau Anda membelinya sebagai satu-satunya alat untuk berolahraga dengan tujuan agar memiliki tubuh atletis seperti model tersebut, maka Anda akan sekadar kehilangan uang dan kecewa akhirnya alat tersebut menjadi sebagian perabotan rumah tangga atau bahkan teronggok di gudang belakang rumah dan ukuran pinggang Anda akan tetap makin lebar.

  • Untuk memiliki tubuh seperti para atlit itu mungkin saja asalkan memiliki dedikasi dan komitmen serta disiplin ke sana. Olahraga yang paling baik adalah olahraga yang menuntut Anda menggunakan seluruh atau sebagian besar otot tubuh Anda. Itu pun harus dilakukan beberapa jam sekali olahraga dan paling sedikit 3-4 kali seminggu. Kedengarannya seperti ingin mengecilkan semangat, tetapi kebenaran tidak dapat disangkali. Memang ada cara yang dipopulerkan yang dapat mencapai hasil yang sama dalam waktu yang lebih pendek (seperti 20 hingga 30 menit sekali olahraga dan dilakukan 3-4 kali seminggu), tetapi itu hanya untuk anak-anak muda dan yang memiliki stamina prima dan jantung yang kuat.

  • Berbicara tentang mengecilkan ukuran perut dan pinggang, maka kemungkinan besar kita sedang membicarakan mereka yang berusia 40 tahun ke atas yang sepanjang hidupnya selama ini mungkin tidak pernah atau jarang berolahraga secara serius. Jadi, gunakanlah cara kuno. Ubah gaya hidup Anda dan masukkan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup Anda. Demikian pula masukkan makan secara moderat berbagai jenis makanan dalam bagian gaya hidup kita.

  • Advertisement
  • Jangan juga percaya dengan segala macam slim tea dan ramuan serta supplemen, karena kebanyakan isi herbal dan supplemen pelangsing tubuh tersebut dan label tidak sama. Di samping itu, kandungan herbal adalah kimia juga yang memiliki efek samping seperti dapat meningkatkan tekanan darah atau merusak lever dan efek samping berbahaya lainnya. Tidak ada sebuah pil pun (herbal atau bukan) yang dapat membuat lemak perut sebagai sasaran sehingga penggunanya dapat segera langsing. Yang sering terjadi adalah jantung Anda dipacu lebih cepat (raspberry ketone) sehingga Anda lebih aktif yang dengan sendirinya Anda membakar kalori lebih banyak dan sedikit langsing, tetapi penggunaan jangka lama dan terus menerus tentu berbahaya. Yang lain (sibutramine) membuat pembuluh dalam usus membesar (inflamasi) sehingga orang tidak lapar, tetapi tentu saja itu tidak sehat. Ini adalah sekadar beberapa contoh, masih ada banyak supplemen yang beredar yang sebenarnya tidak ada manfaatnya sama sekali.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Melangsingkan pinggang?

Kalau Anda membaca atau mendengar ada cara mudah untuk mengecilkan perut atau pinggang tanpa mengolah tubuh yang lain, sebenarnya itu tidak mungkin.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr