Energi terlalu cepat habis? Ini 7 penyebab utamanya

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi Anda sampai kehilangan energi. Anda perlu mencari alasan mengapa Anda gampang lelah.

11,008 views   |   7 shares
  • Sering kali seseorang tiba-tiba merasa lelah dan tidak bertenaga. Dan terlebih lagi sedang sakit batuk yang membuat cepat sekali merasa letih dan lesu. Lelah sebetulnya merupakan reaksi dari tubuh secara psikis. Penyebabnya tidak selalu karena tubuh melakukan aktivitas yang berat. Apakah tadi malam Anda kurang tidur? Bisa juga ada persoalan di pekerjaan Anda yang cukup rumit hingga menjadi beban pikiran Anda seharian. Ada pula yang membuat lelah bila asupan makanan selama beberapa hari ini kurang baik. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi Anda sampai kehilangan energi. Perlu Anda cari penyebab bila Anda gampang lelah. Cari solusinya untuk mengantisipasi kelelahan sebelum Anda mengalami hal tersebut. Simak dan cermati di bawah ini hal-hal yang mengakibatkan Anda kehilangan energi:

  • 1. Beban pikiran

  • Kurangi stres dengan tidak membebani otak Anda atas kesulitan yang sebenarnya dapat diselesaikan dengan berpikir secara jernih. Selain itu, jangan memikirkan masalah-masalah di luar kemampuan Anda karena ini semua dapat membuat tubuh Anda bereaksi hingga menjadi stres dan merasa lelah. Konsentrasikan diri Anda pada hal-hal yang dapat Anda lakukan saja.

  • 2. Asupan gizi

  • Kurang asupan gizi sangat berpengaruh terhadap ketahanan fisik Anda yang berimplikasi pada kemampuan kerja. Hal ini berdampak pada tubuh yang menjadi lesu dan cepat lelah karena kurang gizi. Asupan makanan yang tidak memadai mengganggu produktivitas Anda sehingga mudah lelah dan tidak bersemangat seakan-akan kehilangan energi di tubuh.

  • 3. Lelah secara psikis

  • Hal ini terjadi bila Anda harus menjalani aktivitas yang membosankan dan membuat Anda merasa jenuh. Sebagai mahasiswa, Anda harus mendengarkan ceramah atau kuliah yang tidak menarik. Biarpun Anda cuma duduk-duduk saja pastilah Anda bisa merasa lelah karena setiap manusia menyenangi kegiatan yang bervariasi dan tidak monoton. Bila hal itu berlangsung terus, Anda menjadi kurang peka dan lelah. Lelah secara psikis dapat dihindari dengan bervariasi dalam melakukan perubahan dalam pekerjaan rutinitas sekecil apa pun hingga dapat menggembirakan hati Anda dan tidak membuat Anda cepat lelah.

  • 4. Penyakit

  • Bila Anda seorang penderita diabetes, ini juga dapat membuat tubuh lemas. Akibat dari glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel tubuh walaupun Anda makan banyak. Karena kurangnya gula sebagai sumber energi untuk otot akan menimbulkan kelelahan. Jika tidak mendapat gula, sel otot Anda biasanya beralih ke lemak sebagai sumber energi pengganti. Itulah sebabnya penderita diabetes menjadi kurus karena simpanan lemak di dalam tubuh sudah berkurang. Walaupun demikian, Anda tetap kekurangan energi dan tetap mengalami kelelahan. Selain itu, ada beberapa penyakit yang bisa membuat seseorang menjadi kehilangan energi, seperti penyakit lupus, penyakit fibromyalgia, dan penyakit kelelahan kronis.

  • Advertisement
  • 5. Dehidrasi

  • Ketika mengalami dehidrasi, Anda dapat menjadi lelah dan tidak bertenaga. Oleh karena itu, minumlah sedikitnya 8 gelas sehari. Kurangi minum kopi karena bila Anda minum kopi lebih dari secangkir sehari membuat tubuh Anda akan kehilangan cairan secara drastis. Dan hal ini adalah salah satu dampak yang menyebabkan Anda sampai kehilangan energi.

  • 6. Aktivitas berat

  • Bagi seorang atlit yang sering mengalami over training ketika mereka harus berlatih ekstra untuk menghadapi sebuah kompetisi. Kondisi tubuh terlalu lelah karena latihan-latihan yang melebihi kemampuannya akan menyebabkan kehilangan energi dan nafsu makan. Juga bila seseorang melakukan aktivitas berat bekerja di kebun dari pagi sampai sore tanpa istirahat yang cukup dapat menimbulkan kelelahan yang berkepanjangan.

  • 7. Kurang tidur

  • Kurang tidur akan membuat Anda kelelahan pada siang hari terlebih lagi bila harus bekerja. Mantan Presiden Amerika Bill Clinton mengatakan sendiri bahwa kesalahan-kesalahan yang ia buat kebanyakan ia lakukan saat merasa kelelahan. Kelelahan dapat membuat Anda kehilangan energi yang merupakan salah satu dampak dari kurang tidur. Tidur sejenak di siang hari saat otak kelelahan dapat menyegarkan semangat Anda. Bila Anda cukup tidur pada malam hari juga tidak akan menimbulkan kelelahan pada saat bekerja.

  • Hidup adalah pilihan. Bagaimana Anda menjalani kehidupan ini harus Anda putuskan sendiri. Buatlah keputusan terbaik dalam hidup ini dengan berpikir positif dan bijaksana dalam menjalaninya.

Baca, hidupkan, bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Energi terlalu cepat habis? Ini 7 penyebab utamanya

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi Anda sampai kehilangan energi. Anda perlu mencari alasan mengapa Anda gampang lelah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr