Saya masih muda tapi sudah dicap pelupa. Bagaimana ini?

Saat ini sering ditemukan banyak orang menjadi pikun dan kehilangan konsentrasi dalam berpikir atau pelupa. Lakukan banyak kegiatan yang dapat membuat Anda merasa lebih segar yang akan menjaga kerja otak tetap prima.

10,111 views   |   6 shares
  • Saat ini sering ditemukan banyak orang menjadi pikun dan kehilangan konsentrasi dalam berpikir atau menjadi pelupa. Yang perlu diketahui adalah semakin tua seseorang, semakin mengecil otaknya karena terjadi pengerutan otak. Akibatnya terjadi kemunduran dalam berpikir. Sebelum hal itu menimpa diri Anda, lebih baik melakukan pencegahan dini agar hal itu tidak terjadi pada diri Anda, dengan senantiasa berpikir dan bertindak guna memelihara otak agar tetap sehat.

  • Para ahli berpendapat bahwa setiap peristiwa dalam kehidupan biasanya meninggalkan bekasnya di otak. Saat mulai berpacaran dengan bisikan penuh cinta hingga soal makanan kegemaran. Otak yang sehat dan kuat hingga tua terbentuk oleh beragam interaksi yang terjadi di sepanjang kehidupan. Hal-hal di bawah ini patut Anda cermati guna memelihara kesehatan otak Anda.

  • 1. Selalu melakukan kegiatan yang bervariasi

  • Dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan secara bervariasi merupakan bumbu penyedap kehidupan. Pengalaman dan pengetahuan Anda yang luas dalam mengenal bermacam-macam hal sangat membantu memelihara otak Anda. Lakukan pembelajaran dengan cara menimba ilmu pengetahuan. Suasana yang menyenangkan akan menyegarkan otak. Hal ini akan memudahkan Anda saat berinteraksi karena kondisi otak yang diasah terus. Sebaliknya pekerjaan Anda yang tidak menyenangkan akan membuat otak menjadi tumpul karena kebosanan dalam melakukan hal yang rutin saja.

  • 2. Selalu bersikap fleksibel

  • Kesediaan Anda untuk berubah dan memperbaiki keadaan serta terus mencoba hal-hal baru dapat berdampak positif bagi otak daripada Anda menentang suatu perubahan. Latihlah otak Anda dengan rajin membaca buku atau mengisi teka teki silang. Hal ini akan mendukung Anda guna kemajuan dalam kegiatan lainnya yang memberikan nilai tambah yang lebih besar untuk menopang hidup.

  • 3. Selalu menjalani hidup dengan semangat

  • Bila seseorang sering tertekan hidupnya dan juga mengalami rasa cemas yang berkelebihan, hal ini akan mengganggu kerja otak. Sering kali marah atau kecewa akan lebih mudah mengalami kemunduran kerja otak. Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang menjalani hidup dengan semangat dan sering menikmati hidupnya serta banyak melakukan kegiatan.

  • 4. Selalu mau belajar hal yang baru

  • Untuk memelihara otak agar tetap aktif dan sehat Anda perlu mengembangkan keahlian yang Anda miliki. Karena dengan selalu berpikir setingkat lebih tinggi akan mendukung kinerja otak Anda. Penting bagi Anda untuk tidak hanya memiliki keahlian yang itu-itu saja. Lakukan perubahan diri untuk belajar sesuatu yang baru selalu sehingga kapasitas otak akan terjaga, misalnya menulis buku harian. Dengan cara ini otak Anda akan terus aktif berencana, memikirkan strategi, mengevaluasi dan lain-lain. Dengan begitu sel-sel baru akan tetap tumbuh dan hubungan antar sel akan tetap aktif hingga Anda tidak menjadi pikun.

  • Advertisement
  • 5. Selalu melakukan perawatan pikiran

  • Orang yang keuangannya cukup mampu membiayai kegiatan perawatan pikiran seperti perjalanan wisata dan menikmati peristiwa budaya. Dengan melakukan hal tersebut dapat menyegarkan otak sehingga otak dapat tetap berfungsi secara optimal. Tetapi bila Anda tidak punya cukup uang, gunakan kegiatan di sekitar lingkungan yang ada saja. Misalnya mengunjungi taman kota yang indah, kebun binatang yang asri, ataupun pusat kebudayaan yang ada di kota Anda.

  • 6. Selalu ingin bersosialisasi

  • Lingkungan yang kaya rangsangan otak akan membuat sel-sel dalam otak Anda tumbuh 25% lebih banyak, menurut para ahli. Seringlah berdiskusi dengan teman dekat Anda atau bermain catur dengan teman-teman yang memiliki kegemaran ini. Sewaktu Anda melakukannya, hal ini akan memberikan rangsangan untuk pertumbuhan sel otak.

  • 7. Selalu memiliki teman

  • Milikilah banyak teman baik karena dengan memiliki banyak teman, otak Anda akan terasah karena seringnya Anda berinteraksi. Juga ketika Anda banyak terlibat dalam kehidupan sosial akan membuat otak Anda lebih mampu dalam beradaptasi dengan situasi baru.

  • 8. Selalu berpikir tentang diri Anda

  • Sediakan waktu untuk diri sendiri selama 20 menit pada pagi hari sebelum beraktivitas dan juga pada malam hari sebelum tidur. Gunakan waktu milik Anda untuk apa pun yang diinginkan bahkan bila hanya ingin duduk saja tanpa melakukan sesuatu. Jika suatu hari Anda banyak kesibukan sehingga waktu Anda terpakai untuk menyelesaikan kesibukan itu, anggaplah sebagai utang yang kelak bisa Anda bayar kembali.

  • Menjadi tua adalah hal yang alami bagi setiap manusia. Lakukan banyak kegiatan yang dapat membuat Anda lebih segar dengan menjalani hidup dengan penuh warna agar dapat memberikan rasa puas dan bahagia.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Saya masih muda tapi sudah dicap pelupa. Bagaimana ini?

Saat ini sering ditemukan banyak orang menjadi pikun dan kehilangan konsentrasi dalam berpikir atau pelupa. Lakukan banyak kegiatan yang dapat membuat Anda merasa lebih segar yang akan menjaga kerja otak tetap prima.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr