Tidak Ada Alasan untuk Menunda Berolahraga

Anda akan sangat lega mengetahui bahwa ada beberapa kegiatan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk meningkatkan kebugaran tubuh Anda.

409 views   |   0 shares
  • Orang-orang sering kesulitan menemukan waktu atau mendapatkan motivasi untuk berolahraga. Ada banyak halangan yang menghambat kebugaran tubuh Anda. Jika Anda seorang yang sibuk, berkomitmen untuk bergabung dengan kelas kebugaran atau bahkan berlari sekali seminggu dapat menjadi suatu hal yang nyaris mustahil. Dan itu akan menjadi sangat mustahil untuk menemukan motivasi untuk berolahraga jika Anda kelebihan berat badan. Apabila Anda bukan seorang yang gemar pergi ke pusat kebugaran atau bermain futsal bersama teman-teman, Anda akan sangat lega mengetahui bahwa ada beberapa kegiatan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk meningkatkan kebugaran tubuh Anda. Berikut adalah beberapa cara agar Anda dapat memaksimalkan waktu senggang Anda sambil berolahraga.

  • Push-ups dan sit-ups selama jeda iklan

  • Sambil menonton acara televisi kegemaran Anda, letakkan telepon genggam atau gadget Anda, bangunlah dari sofa Anda dan lakukan beberapa set push-ups dan sit-ups. Sangat mungkin untuk membakar kalori selama jeda iklan hanya dalam beberapa menit. Melakukan push-ups dapat membakar 20 kalori selama 2 menit jeda iklan. Jika Anda menonton acara televisi selama sejam dengan 5 kali jeda iklan, Anda sudah dapat membakar 100 kalori. Ini tidak hanya menjadikan Anda lebih sehat, tetapi juga membantu Anda memanfaatkan waktu senggang dengan baik.

  • Melompatlah

  • Jika Anda amati anak-anak kecil, mereka terlihat penuh energi dan selalu aktif. Anak-anak kecil selalu melompat setinggi-tingginya dan sekuat tenaga mereka. Banyak orang tua membelikan trampolin agar anak-anak mereka dapat melompat sesuka hati mereka. Anda tidak harus membeli trampolin, cukup melompat-lompat saja di dalam rumah Anda. Anda dapat menantang diri Anda sendiri dengan lompat tali bak seorang petinju profesional.

  • Berdiri, duduk, dan ulangi

  • Jika melompat atau melakukan push-ups dan sit-ups terdengar membosankan atau terlalu sulit atau Anda kurang termotivasi untuk melakukannya, lakukanlah olahraga ringan dan sederhana seperti "berdiri, duduk, dan ulangi". Anda dapat melakukan gerakan ini selama jeda iklan atau setelah bangun pagi atau sambil menggunakan telepon genggam. Anda dapat menggunakan tempat tidur atau kursi sebagai alat bantu. Gerakan ini mungkin terdengar tidak bermanfaat, tetapi bagi sebagian orang, melakukan gerakan semudah ini bisa sangat sulit. Jika Anda sering melakukan olahraga ringan ini di rumah, bahkan jika Anda tidak melakukan program kebugaran rutin, Anda akan menerima manfaatnya dan merasakan perbedaannya pada tubuh Anda. Bagi Anda yang ingin meningkatkan tingkat kesulitan gerakan ini, gunakan dumbbells dan pertahankan postur tubuh yang baik ketika melakukannya.

  • Advertisement
  • Menarilah

  • Pernahkah Anda mendengar ungkapan "menarilah seolah tidak ada yang melihat"? Di rumah, Anda bisa menari seolah tidak ada yang melihat. Ketika lagu favorit Anda diputar di televisi atau radio, jangan hanya duduk dan menyanyi. Berdirilah dari sofa dan menarilah. Anda tidak perlu merasa malu menari di rumah Anda sendiri, Anda dapat menghibur diri dan menari sesuka hati. Ingin berbagi kegembiraan dengan orang lain? Undanglah teman atau anak-anak untuk menari bersama Anda dan pilihlah musik yang ceria untuk menyemangati tarian Anda. Menari adalah cara membakar banyak kalori tanpa harus merasa tersiksa atau bosan seperti ketika Anda berolahraga di pusat kebugaran atau berlari di luar ruangan.

  • Berjalan kaki di sekitar rumah

  • Meskipun rumah Anda tidak cukup besar untuk membuat Anda berjalan kaki jauh, Anda dapat terus berjalan kaki dengan terus bergerak di sekitar rumah Anda. Misalnya, alih-alih mengisi pitcher air minum ketika Anda merasa haus, tuangkan segelas air saja. Lalu ketika Anda merasa haus lagi, berdirilah dan ambil segelas air lagi. Atau apabila kamar mandi Anda berada di lantai bawah, gantunglah handuk Anda di jemuran di lantai atas. Jadi, ketika Anda Anda mau mandi, Anda harus naik ke lantai atas untuk mengambil handuk Anda. Dan sebaliknya, setelah mandi Anda akan harus naik ke lantai atas untuk menjemur handuk basah Anda.

  • Yang terpenting adalah Anda tidak boleh malas dan harus tetap bergerak. Tugas rumah tangga seperti menyapu, mengepel, atau mengelap perabot akan membantu menggerakkan tubuh Anda selain menjadikan rumah Anda bersih dan teratur. Upayakan untuk tetap aktif melakukan tugas-tugas rumah tangga Anda dan Anda akan selalu bisa berolahraga.

Baca, hidupkan, bagikan!

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Tidak Ada Alasan untuk Menunda Berolahraga

Anda akan sangat lega mengetahui bahwa ada beberapa kegiatan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk meningkatkan kebugaran tubuh Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr