3 Kerajinan Sederhana untuk Anak-Anak Anda

Anak-anak adalah pembangkit energi kreatif. Sebagian besar waktu, mereka membutuhkan sangat sedikit bantuan dari kita untuk mengubah hal-hal biasa menjadi keajaiban.

2,010 views   |   1 shares
  • Menjadi kreatif sebagai sebuah keluarga tidak harus mahal atau ribet. Berikut adalah 3 saran dasar yang bisa Anda gunakan pada saat-saat yang menyenangkan.

  • Jangan terlalu kecewa ketika cuaca memaksa keluarga Anda berada di dalam rumah. Keluarga saya telah mengubah saat hujan pada akhir pekan menjadi kesibukan, dengan hanya melakukan sedikit kreativitas.

  • Anak-anak adalah pembangkit energi kreatif. Sebagian besar waktu, mereka membutuhkan sangat sedikit bantuan dari kita untuk merubah hal-hal biasa menjadi keajaiban. Kadang-kadang memberi mereka sebuah kerangka kerja dasar, beberapa peralatan sederhana dan kebebasan untuk berinspirasi bisa menghasilkan proyek kerajinan yang benar-benar mengejutkan. Bersama-sama mengerjakan proyek adalah sebuah cara yang sempurna untuk belajar tentang keunikan satu sama lain mengenali bakat individu dalam keluarga dan menciptakan kedekatan ikatan keluarga.

  • Berikut adalah beberapa ide dasar untuk Anda mulai dengan kerajinan. Masing-masing dari saran berikut adalah cocok untuk semua usia anak, tapi persiapan oleh orang tua mungkin lebih diperlukan untuk beberapa dari mereka.

  • Paper Mache

  • Yang diperlukan: Kertas koran, isolasi, balon, tepung, air dan pewarna. Hati-hati, yang satu ini bisa membuat kotor, tapi seni pahat paper mache relatif mudah. Saya akan memberi Anda isntruksi dasar bagaimana membuat sebuah paper mache cahaya matahari, dan setelah Anda mengetahui caranya, Anda dan anak Anda bisa membuat banyak hal dengan paper mache.

  • Pertama

  • Di dalam baskom yang lebar, campur satu bagian tepung dengan dua bagian air dan aduk kemudian kocok dengan kocokan yang terbuat dari kawat. Anda dapat menambah air jika kekentalan dirasa terlalu tebal. Berikutnya, robek kertas koran sepanjang 5-6 cm lebarnya. Kemudian, Anda tiup balon dan kemudian ikat. Balon akan bertindak sebagai struktur untuk matahari Anda.

  • Gulung beberapa lembar koran bersama-sama menjadi bentuk seperti contong, dan isolasi sehingga tidak akan membuka gulungan (pastikan gulungannya tebal), atau akan kehilangan bentuknya ketika Anda menambahkan adonan di atas. Sobek ujung dari contong pada empat tempat (kira-kira 2,5 cm panjangnya). Ikat pada balon dan contong ini sekarang adalah sinar matahari pertama Anda, Buat beberapa lagi sinar matahari, dan tambahkan pada balon.

  • Sekarang, Anda bisa mulai menambahkan kertas basah. Celupkan secarik kertas koran ke dalam adonan dan lakukan dengan dua jari untuk menghilangkan kelebihan adonan kembali ke dalam baskom. Tutupi keseluruhan patung, beri perhatian khusus pada daerah-daerah di mana Anda telah menggabungkan dua bentuk. Beri dua atau tiga lapis kertas basah di atas patung Anda. Biarkan mengering semalaman dan kemudian warnai dengan warna yang hidup.

  • Advertisement
  • Collage

  • Yang diperlukan: Kertas, majalah lama dan katalog, gunting, dan lem. Collage adalah proyek kerajinan luar biasa lainnya yang membuka kemungkinan seluruh alam semesta. Collage biasanya dibuat dengan mengambil kliping dari bagian grafis dari sebuah majalah, menyusun mereka dengan cara yang baru, dan merekatkan mereka pada kanvas (atau di selembar kertas).

  • Ketika anak saya masih sangat kecil, mereka menikmati membuat collage orang-orangan lebih dari apa pun. Sebagai contoh, kami memotong hanya wajah seorang nelayan berjenggot, mengelemnya ke selembar kertas, dan kemudian memotong hanya badan seorang supermodel dan menempel badannya dengan kepala nelayan berjeggot tadi. Sewaktu kami membalik-balik majalah, kami akan menemukan bagian-bagian lain untuk dipotong dan ditambahkan ke collage.

  • Kami membuat keseluruhan cerita tentang karakter fiksi yang kami bangun di kanvas kami, dan tertawa sepanjang waktu. Sementara mengumpulkan kliping, keluarga akan bertanya tentang artikel-artikel yang kami temukan atau pakaian yang cantik di dalam katalog. Kadang-kadang kami akan memberi nama pada orang-orangan collage, dan mereka akan menempel di sekitar kulkas untuk sementara waktu. Sekarang setelah mereka bertambah usia, mereka akan membuat collage pemandangan, hewan-hewan, bahkan mereka menyelesaikan foto mereka sendiri. Itu luar biasa.

  • Puppets

  • Yang diperlukan: kaus kaki, spidol, lem, dan benang… dan lainnya yang Anda bisa temui di sekitar! Boneka puppets buatan sendiri menumbuhkan kreatifitas yang menyenangkan. Sewaktu boneka puppet sudah selesai dibuat, kebanyakan anak-anak akan ingin membuat sebuah pertunjukan panggung boneka untuk karakter baru mereka.

  • Ambil kaos kaki dan lipat sisi jari kaki ke arah Anda sekitar 7.5 cm. Anda bisa meletakkan tangan Anda di kaos kaki dan tekuk jari-jari Anda ke bawah untuk melihat persis di mana lipatan seharusnya berada. Lipatan paling atas adalah di mana fitur wajah harus ditarik. Mata, hidung, bibir atas, kumis, atau pipi kemerahan semua akan ditarik di sini, dengan spidol. Kaus kaki di bawah lipatan adalah tubuh boneka puppet Anda, dan di dalam lipatan adalah mulut dari boneka (beberapa anak-anak akan ingin untuk mengambar lidah atau gigi di sini. Ini hanya akan terlihat ketika boneka sedang “berbicara”). Benang bisa ditempel di kepala sebagai rambut.

  • Anda bisa menjadi kreatif jika Anda mau. Jika Anda memiliki mata yang tajam, ini bahkan bisa menghidupkan boneka puppet, lem mereka tepat pada kaos kaki. Potongan kain bisa dipotong dalam pelbagai bentuk untuk topi, pakaian dan aksesoris lainnya untuk memberi boneka puppet Anda kepribadian.

  • Advertisement
  • Ini adalah tiga kerajinan dasar sebagai permulaan bagi Anda. Saya telah menemukan ketiganya khusunya untuk menjadi titik awal untuk kegiatan menyenangkan keluarga. Abaikan mengenai peraturan-peraturan. Nikmati kebebasan membiarkan kekonyolan dan kesenangan mengambil alih, dan biarkan saat-saat yang baik bergulir.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “3 simple kids crafts you can do with households items” karya Margaret Crowe.

Bantu kami menyebarkan

Margaret Crowe is a poet and mother of two from Charlotte, North Carolina. She can be reached at margaretdcrowe@gmail.com.

3 Kerajinan Sederhana untuk Anak-Anak Anda

Anak-anak adalah pembangkit energi kreatif. Sebagian besar waktu, mereka membutuhkan sangat sedikit bantuan dari kita untuk mengubah hal-hal biasa menjadi keajaiban.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr