Saya dilamar! Tapi kenapa saya masih ragu dengan dia?

Pernikahan yang akan Anda jalani bersamanya tidak akan berlangsung singkat, selama itu akan ada banyak perubahan terjadi dalam diri Anda dan dirinya, kekuatan cinta Anda setiap hari akan terus diuji hingga tiba saatnya Anda harus saling berpisah.

29,211 views   |   41 shares
  • Mengawali sebuah babak baru dalam hidup berumah tangga memang sering kali membingungkan, akan ada banyak muncul pertanyaan di dalam pikiran sehingga tak jarang justru menimbulkan berbagai macam keraguan. Untuk mengatasi hal ini komunikasi yang lancar di antara kedua belah pihak adalah solusinya. Berbagai macam kesalahpahaman serta keraguan akan bisa diatasi bersama bila setiap pasangan mau untuk menjadi rendah hati dan tidak mementingkan diri sendiri. Oleh karena itu, sebelum Anda menikah ada beberapa pertanyaan yang harus Anda ajukan kepada calon pasangan Anda supaya semuanya dapat berjalan dengan lancar.

  • 1. Apakah Anda sudah yakin memilih dia?

  • Sangat penting untuk mengetahui seberapa kuat keyakinan Anda mengenai calon pasangan Anda, hal ini bertujuan untuk memastikan apakah Anda merasa terbebani atau tidak ketika memutuskan untuk bersedia menjadi pendamping hidupnya. Juga mintalah dia untuk mengutarakan sendiri perasaannya dengan jujur dan tanpa ada paksaan dari siapapun.

  • 2. Akan tinggal di mana setelah menikah nanti?

  • Tanyakan Anda berdua akan tinggal di mana setelah menikah nanti. Apakah akan tinggal di rumah sendiri atau untuk sementara waktu tinggal bersama orang tua dari pihak suami atau istri. Buatlah kesepakatan bersama di awal supaya terhindar dari kesalahpahaman.

  • 3. Siapa yang akan bertanggung jawab atas perekonomian keluarga?

  • Tanyakan dan buatlah kesepakatan bersama siapa yang akan bertanggung jawab atas perekonomian keluarga, sehingga dengan adanya pembagian tugas ini memungkinkan salah satu pihak bisa berkonsentrasi untuk mengurus serta merawat keluarga di rumah. Akan tetapi pada zaman sekarang idealnya setiap pasangan harus bekerja. Ibarat sebuah kolam bila kolam tersebut memiliki dua sumber mata air pasti akan bisa cepat terisi dan seandainya bila salah satu mengering kolam tersebut masih akan tetap memiliki air, namun hal ini hanyalah pengecualian.

  • 4. Berapa anak yang ingin Anda miliki?

  • Tanyakan hal ini kepada pasangan Anda. Rencanakan keluarga Anda dengan sebaik mungkin termasuk berapa anak yang ingin Anda berdua miliki. Pastikan untuk selalu disesuaikan dengan kemampuan ekonomi Anda, sehingga kelak kesehatan dan pendidikan anak-anak Anda dapat terpenuhi.

  • 5. Siapa yang akan mengasuh anak-anak nanti?

  • Bila ternyata Anda berdua sepakat untuk sama-sama bekerja tentunya harus ada yang bertanggung jawab mengurusi keluarga di rumah, termasuk siapa yang akan merawat anak-anak Anda nanti. Bahasalah masalah ini sebelum Anda berdua menikah, bila perlu libatkan saudara atau orang tua Anda supaya mereka memahami situasi Anda.

  • Advertisement
  • 6. Apakah Anda butuh pembantu rumah tangga?

  • Masalah ini harus sudah bisa diselesaikan dan disepakati bersama jauh-jauh hari sebelum Anda menikah. Sesuaikan kemampuan finansial Anda apakah mampu atau tidak untuk membayar jasa pembantu rumah tangga.

  • 7. Apakah Anda akan bersedia untuk saling mengalah?

  • Dalam hidup berumah tangga pasti akan selalu ada rintangan yang datang untuk menghadang. Oleh karena itu, tanyakan apakah Anda berdua akan bersedia untuk saling mengalah bila suatu saat nanti dihadapkan pada situasi pertengkaran? Berjanjilah dan peganglah dengan keteguhan hati kesepakatan ini supaya setiap perselisihan nantinya selalu dapat diselesaikan dengan damai.

  • 8. Apakah Anda berdua mau berjanji untuk mengutamakan keluarga di atas segalanya?

  • Perlu Anda pahami bahwa setelah menikah nanti Anda tidak akan bisa bebas seperti saat sebelum menikah. Anda harus paham bahwa waktu untuk keluarga jauh lebih berharga daripada apapun. Oleh karena itu, tanyakan kepada diri Anda sendiri apakah setelah menikah nanti Anda berdua bersedia untuk mengutamakan kepentingan keluarga di atas segalanya.

  • 9. Bersediakah dia mencintai Anda hingga akhir hayat?

  • Pernikahan yang akan Anda jalani bersamanya tidak akan berlangsung singkat, selama itu akan ada banyak perubahan yang terjadi pada Anda dan dirinya, kekuatan cinta Anda setiap hari akan terus diuji hingga tiba saatnya Anda harus saling berpisah. Tanyakanlah hal ini kepadanya dan mintalah dia untuk menjawab dengan jujur apakah dia bersedia untuk mencintai Anda dengan tulus hingga akhir hayat, kemudian mintalah dia untuk memegang hal itu dengan keteguhan hati supaya pernikahan Anda bersamanya akan selalu diliputi dengan kebahagiaan.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Saya dilamar! Tapi kenapa saya masih ragu dengan dia?

Pernikahan yang akan Anda jalani bersamanya tidak akan berlangsung singkat, selama itu akan ada banyak perubahan terjadi dalam diri Anda dan dirinya, kekuatan cinta Anda setiap hari akan terus diuji hingga tiba saatnya Anda harus saling berpisah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr