Bagaimana Tidur yang Terganggu Merenggut Kesehatan Anda

Tidur memegang peran penting bagi kebugaran dan kesehatan tubuh sepanjang hari. Banyak manfaat jika kita mendapat porsi tidur yang efektif antara lain menjaga kesehatan fisik, menjaga kondisi mental, serta menjaga kualitas hidup secara umum.

6,802 views   |   6 shares
  • Seperti yang sudah Anda ketahui, tidur adalah aktivitas rutin yang kita lakukan pada waktu malam hari. Otak mempunyai kemampuan memproduksi hormon melatonin yang membuat tubuh kita merasa ngantuk pada malam hari, sedangkan pada siang hari otak menghentikan produksi hormon tersebut dan membuat tubuh kita terjaga.

  • Tidur memegang peran penting bagi kebugaran dan kesehatan tubuh sepanjang hari. Banyak manfaat jika kita mendapat porsi tidur yang efektif antara lain menjaga kesehatan fisik, menjaga kondisi mental, serta menjaga kualitas hidup secara umum. Aktivitas tidur kita tidak bisa dianggap remeh karena jika mengalami kekurangan waktu tidur akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita dan juga mempengaruhi kemampuan berpikir, kemampuan bereaksi, produktivitas, kreativitas belajar, serta kinerja kerja kita.

  • Beberapa penyebab tidur menjadi terganggu:

    1. Permasalahan yang membuat tekanan dalam pikiran seperti kehilangan orang terdekat, mengalami perceraian, kehilangan benda-benda yang paling disukai.

    2. Gangguan emosional yang merupakan penyakit bawaan dari lahir.

    3. Faktor lingkungan seperti suara bising dari kendaraan atau hewan di sekitar tempat tinggal, cahaya yang terlalu mengganggu di kamar tidur, suhu yang tidak bersahabat, dan tempat yang kurang bersih.

    4. Efek samping dari proses pengobatan pada waktu mengalami sakit tertentu.

  • Beberapa efek bagi tubuh dan kehidupan kita jika kurang tidur:

    1. Lelah, lesu dan tidak bertenaga. Motivasi dalam diri berkurang karena jika tidur terganggu pada malam hari tubuh akan kehilangan energi untuk digunakan pada pagi hari.

    2. Memicu stres dan depresi karena seharusnya tubuh pada saat tidur dapat menstabilkan tekanan darah. Ini menyebabkan Anda kurang bisa mengontrol tekanan darah dan berakibat hati tidak akan tenang, amarah akan meningkat, serta kehilangan pikiran positif.

    3. Berkurangnya kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah. Telah teruji oleh para peneliti bahwa tanpa tidur yang baik akan melemahkan komponen emosional memori diri kita yang berfungsi memacu otak berpikir kreatif.

    4. Berkurangnya imunitas tubuh yang membuat tubuh mudah terserang virus.

    5. Memicu hiperaktif pada anak karena anak cenderung lebih banyak membuat aktivitas, cenderung lalai, dan impulsif apabila kurang tidur.

    6. Bermasalah dengan kemampuan konsentrasi dan memori (ingatan). Tidur dapat meningkatkan daya ingat kita. Secara tidak sadar otak kita berkonsolidasi mengingat dan mempraktikkan apa yang kita pelajari pada saat kita terjaga. Maka apabila tidur terganggu akan mengurangi daya ingat dan konsentrasi otak kita.

    7. Terganggunya keterampilan motorik tubuh mengakibatkan reaksi tubuh menjadi kurang peka dan bisa mengakibatkan kecelakaan apabila Anda berkendara.

    8. Kesulitan dalam mengambil keputusan karena otak kehilangan kemampuan berkonsentrasi dan berpikir kreatif.

    9. Orang dengan porsi tidur kurang dari 6 jam tiap malam dapat memicu tekanan darah menjadi tinggi dan mengakibatkan inflamasi (peradangan) pada darah. Hal ini meningkatkan risiko penuaan dini, athritis, stroke, diabetes, penyakit jantung, dan berbagai penyakit kronis lainnya.

  • Advertisement
  • Berikut jadwal porsi tidur yang disesuaikan dengan usia:

    1. Bayi yang baru lahir pada usia 0-2 bulan porsi tidurnya antara 12-18 jam.

    2. Bayi usia 2-11 bulan porsi tidurnya antara 14-15 jam.

    3. Batita usia 1-3 tahun porsi tidurnya antara 12-14 jam.

    4. Balita pada usia 3-5 tahun porsi tidurnya antara 11-13 jam.

    5. Anak usia sekolah usia 5-10 tahun porsi tidurnya antara 10-11 jam.

    6. Remaja usia 10-17 tahun porsi tidurnya antara 8-9 jam.

    7. Dewasa dan lansia porsi tidurnya antara 7-9 jam.

    8. Untuk wanita hamil, beberapa bulan pada awal kehamilan membutuhkan waktu tidur beberapa jam lebih lama daripada sebelum terjadi kehamilan.

  • Dari sekian hal yang dijelaskan mengenai dampak buruk dari terganggunya tidur bagi kesehatan harapannya adalah mengenali apa fungsi tidur dan menghargai diri sendiri dengan merawat kesehatan tubuh baik secara fisik maupun mental Anda. Pola tidur yang baik harus dibiasakan sejak anak masih bayi karena ini dapat mempengaruhi kehidupannya di masa depan terutama dari segi kesehatannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga memotivasi Anda untuk mempertahankan tidur sehat Anda sekeluarga.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Bagaimana Tidur yang Terganggu Merenggut Kesehatan Anda

Tidur memegang peran penting bagi kebugaran dan kesehatan tubuh sepanjang hari. Banyak manfaat jika kita mendapat porsi tidur yang efektif antara lain menjaga kesehatan fisik, menjaga kondisi mental, serta menjaga kualitas hidup secara umum.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr