90 Menit Terakhir dalam Hidup Anda

Bayangkan bila Anda yang diberitahu dokter hidup Anda tinggal 90 menit, apa saja yang akan Anda lakukan?

883 views   |   shares
  • Film "The Angriest Man From Brooklyn," (Resensi film dapat ditonton di Youtube) merupakan salah satu film terakhir mendiang Robin Williams. Dalam film ini dia memerankan Henry Altman, seseorang yang pemberang, selalu marah-marah. Tiba-tiba dia diberitahu dokter bahwa hidupnya tinggal 90 menit. Timbul kesadarannya untuk mengubah hidupnya. Dia berusaha menyatakan cintanya kepada istri dan anaknya. Kepada siapa dia ingin minta maaf dan menebus kesalahannya. Akibatnya terjadilah serangkaian kejadian lucu namun getir yang tidak dapat dielakkan. Bayangkan bila Anda yang diberitahu dokter hidup Anda tinggal 90 menit apa saja yang akan Anda lakukan?

  • Keluarga

  • Siapa yang tidak mementingkan keluarganya? Apa yang harus Anda lakukan? Mungkin pertama-tama Anda akan memberitahu keluarga Anda supaya mereka tidak terkejut bila Anda mendadak mati. Tentu banyak yang perlu dipesankan, terutama bila Anda mempunyai anak dan istri. Mungkin Anda berpesan dengan saksama agar anak-anak bersekolah dengan baik. Bila anak-anak sudah dewasa dan berkeluarga sendiri, pasti Anda akan berpesan supaya rukun-rukun selalu. Juga Anda tidak lupa berpesan supaya mereka patuh beribadat. Dalam film di atas, Henry Altman ingin menemui istrinya dan menjalin cinta tetapi terlambat sudah. Istrinya menemukan orang lain yang tidak pernah marah-marah. Anak lelakinya yang merasa disia-siakan sejak kematian kakak lelakinya tidak mau menjawab teleponnya.

  • Harta

  • Dalam film The Angriest Man, tokoh yang diperankan Robin Williams termasuk orang yang berada karena memiliki kantor besar ternama yang dikelolanya bersama saudaranya. Dia ingin putranya menggantikan dia sebagai manager. Sayangnya si anak lebih suka menjadi guru dansa karena sejak kecil dia diajar ayahnya berdansa. Bila Anda termasuk orang yang berada, Anda tentu ingin mengatur warisan Anda. Jangan sampai keluarga gontok-gontokan memperebutkan harta Anda. Akibatnya akan buruk, hubungan keluarga bisa retak bahkan putus gara-gara soal ini. Bila Anda belum mempersiapkannya, Anda mungkin akan cepat-cepat ke kantor pengacara dan membuat surat wasiat. Atau mungkin Anda orang yang sebaliknya. Anda buru-buru mencari hutang sebanyak mungkin dengan harapan tidak akan ditagih bila Anda mati.

  • Warisan

  • Selain warisan berupa harta, ada warisan moral berupa nama baik seperti dikatakan dalam peribahasa "Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama" Di film ini Robin Williams menunjukkan watak pemberang sejak anak sulungnya meninggal. Tetapi keluarganya masih ingat bagaimana dia semula adalah kepala keluarga yang baik, bertanggung jawab dan menyayangi anak istrinya. Dalam kilas balik si istri dan anak bungsunya membayangkan saat-saat bahagia bersamanya. Ketika mereka menyadari apa yang terjadi, mereka berusaha mencari dia. Apakah selama ini Anda menanamkan kasih sayang kepada keluarga dan orang-orang yang dekat kepada Anda? Bila mereka menyadari hidup Anda tinggal 90 menit lagi, apakah mereka akan mencari Anda untuk menemani Anda di sisa hidup Anda? Apakah Anda menunjukkan kasih sayang Anda kepada keluarga dan orang-orang yang dekat kepada Anda? Ada kepercayaan orang Jawa yang mengatakan bahwa orang yang biasanya kurang baik tiba-tiba "ninggal becikan," atau meninggalkan kebajikan sebelum mati. Mungkin karena merasa ajal sudah dekat dan mereka tidak ingin diingat sebagai orang yang tidak baik.

  • Advertisement
  • Kepercayaan

  • Apakah selama ini Anda termasuk orang yang rajin beribadat sehingga Anda tahu apa yang Anda inginkan pada hari penguburan Anda? Atau Anda tiba-tiba harus memutuskan akan dikubur dengan tatacara apa? Dalam film The Angriest Man, tokoh yang dimainkan Robin Williams ingin agar abunya disebar ke laut. Karena dia orang yang sederhana keluarganya memasukkan abunya ke kantong kertas coklat, bukan ke guci yang mahal. Mereka kemudian berkumpul dan menyebarkan abunya sambil mengenang keantikan mendiang si ayah.

  • Persiapan apakah yang sebaiknya kita lakukan sehingga kita tidak akan kelabakan bila mengetahui ajal sudah menjelang. Setiap orang pasti akan meninggal dan kita tidak pernah tahu kapan hari itu datang. Jangan sampai kita harus lari ke sana ke mari seperti tokoh dalam film Robin Williams ini. Pupuklah hal-hal yang baik selagi kita bisa dan sewaktu kita masih sehat. Jangan menunggu sampai terlambat.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

90 Menit Terakhir dalam Hidup Anda

Bayangkan bila Anda yang diberitahu dokter hidup Anda tinggal 90 menit, apa saja yang akan Anda lakukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr