Mengapa Kita Susah Mengatakan Sayang dan Cinta kepada Orang Tua Kita

Ketika Anda dapat memberikan kasih sayang yang besar berdasarkan tindakan dan kata-kata kasih seperti “sayang" dan "cinta” kepada anak-anak atau orang tua Anda, ini akan membuat mereka melakukan hal yang sama kepada Anda.

3,232 views   |   7 shares
  • Pendidikan orang tua kepada anaknya sangat berpengaruh besar bagi perilaku sang anak di masa depan. Apa yang orang tua lakukan seakan menjadi cermin yang sangat mudah ditiru anak. Sebagai orang tua, kita dituntun menjadi teladan yang baik bagi anak-anak kita. Perilaku orang tua dalam mengungkapkan sayang dan cinta kepada anak sering kali ditiru oleh anak-anak mereka.

  • Banyak anak di Indonesia tidak begitu mudah mengatakan "sayang" dan "cinta" secara langsung kepada orang tua mereka. Banyak orang tua di Indonesia tidak terbiasa mengucapkan kalimat "Saya sayang" atau "Saya mencintaimu, nak". Banyak orang tua tidak menyadari bahwa tindakan tidak selamanya cukup untuk menunjukkan betapa Anda mencintai anak Anda. Kebanyakan dari anak-anak yang lebih sering menyatakan sayang atau cinta kepada orang tuanya dikarenakan kebiasaan orang tuanya yang terpengaruh budaya Barat sehingga mereka terbiasa dan mudah untuk mengatakan sayang dan cinta kepada anak-anak mereka, sehingga anak-anak mereka dengan sendirinya juga terbiasa untuk mengatakan kalimat yang sama bagi orang tua mereka. Apa saja yang dapat dilakukan agar anak-anak Anda mudah menyatakan sayang dan cinta kepada Anda? Berikut caranya:

  • 1. Sering mengungkapkan betapa Anda cinta dan sayang kepada anak Anda

  • Seperti yang dijelaskan di atas, perilaku kita sangat mudah ditiru oleh anak kita. Ketika Anda menjadi orang yang tidak ekspresif dalam menunjukkan rasa sayang dan cinta Anda terhadap anak, sang anak juga akan berlaku sama terhadap Anda. Anak akan merasa canggung ketika Anda tidak membiasakan mereka menyatakan rasa cinta dan sayang kepada Anda. Jika Anda bukan tipe orang tua yang ekspresif, sebaiknya mulailah dari sekarang untuk lebih ekspresif. Anda perlu menyingkirkan kebiasaan itu dan mulai menunjukkan dan selalu menyatakan rasa sayang dan cinta kepada anak Anda agar mereka dapat merasakan kasih sayang Anda kepadanya.

  • 2. Jangan memberi batasan kepada anak

  • Batasan yang dimaksud dalam hal ini adalah sedikit menjaga jarak. Misalnya, banyak orang tua yang tidak begitu terbuka dengan anaknya sehingga anak menilai bahwa orang tuanya memiliki zona sendiri yang tidak boleh diganggu sehingga anak akan merasakan ada batasan yang terjadi antara dia dan orang tuanya. Dampak dari hal ini adalah dapat membuat anak menjadi tidak terbuka juga terhadap orang tua. Ketika ada jarak antara Anda dan anak, ini akan membuat anak menjadi canggung untuk mengungkapkan rasa cinta dan sayang kepada Anda.

  • Advertisement
  • 3. Menjadi sahabat bagi anak

  • Ketika Anda dapat menjadi sahabat anak, ini akan memberi dampak yang sangat baik bagi pertumbuhan anak Anda. Saat hubungan Anda dan anak sangat dekat ini akan membuat anak Anda tidak canggung dengan Anda. Anak akan terbuka dalam segala hal kepada Anda dan Anda juga dapat mengenal mereka dengan sangat baik, bahkan dapat selalu mengawasi perkembangan mereka. Dengan menjadi sahabat anak, mereka akan selalu merasakan kasih Anda sehingga mereka tidak segan untuk mengatakan sayang dan cinta kepada Anda.

  • 4. Berikan anak kepercayaan

  • Sebagai orang tua, mungkin Anda memiliki ketakutan tertentu dalam mengasuh anak Anda. Namun, ketika Anda mengekang dan selalu membatasi anak untuk melakukan kehendaknya yang menurutnya benar, ini malah akan membuat anak menjadi memberontak karena anak merasa tidak dipercaya. Padahal kepercayaan orang tua sebenarnya lebih mampu membuat anak bersikap baik dibandingkan ketika orang tua melarang anak. Berikan kepercayaan yang penuh kepada anak namun tetaplah selalu mengingatkan mereka untuk memilih yang benar. Ketika Anda percaya pada anak, mereka akan merasakan kasih yang besar dari Anda, sehingga mereka akan mudah mengucapkan terima kasih dan rasa sayang kepada Anda.

  • Ketika Anda dapat memberikan kasih sayang yang besar berdasarkan tindakan dan kata-kata kasih seperti "sayang" dan "cinta" kepada anak-anak atau orang tua Anda, ini akan membuat mereka melakukan hal yang sama kepada Anda. Jika itu bukan sebuah tradisi di keluarga Anda, buatlah itu menjadi kewajiban bagi Anda sekeluarga. Dengan begitu, akan ada banyak cinta dalam keluarga Anda.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Mengapa Kita Susah Mengatakan Sayang dan Cinta kepada Orang Tua Kita

Ketika Anda dapat memberikan kasih sayang yang besar berdasarkan tindakan dan kata-kata kasih seperti “sayang" dan "cinta” kepada anak-anak atau orang tua Anda, ini akan membuat mereka melakukan hal yang sama kepada Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr