7 Detik Menentukan Segalanya: 5 Pantangan dalam Menghadapi Wawancara Pekerjaan

Tujuan dari wawancara pekerjaan yang harus setiap pencari kerja hadapi adalah sangat penting. Melalui wawancara tersebut akan bisa diketahui apakah si pelamar memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak.

7,548 views   |   1 shares
  • Ketika semua ujian di bangku pendidikan sudah Anda lewati sebenarnya ujian yang lebih berat justru belum dimulai dan sedang menanti Anda. Sebagai seorang lulusan baru pasti akan ada banyak pertanyaan serta kekhawatiran di dalam benak Anda. Perasaan-perasaan tersebut wajar, namun terkadang itu justru dapat membuat Anda menjadi tidak percaya diri dan mudah gugup, apalagi saat Anda harus mengawali proses wawancara pekerjaan.

  • Tujuan dari wawancara pekerjaan yang harus setiap pencari kerja hadapi adalah sangat penting, melalui wawancara tersebut akan bisa diketahui apakah si pelamar memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak. Sayangnya, sering kali para pelamar gagal dalam sesi wawancara ini, bukan karena mereka tidak berkompeten dalam bidang yang dibutuhkan melainkan karena kurangnya pengalaman dalam menghadapi proses wawancara tersebut. Oleh karena itu, melalui artikel ini akan sedikit dijelaskan beberapa pantangan apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan ketika Anda sedang menghadapi wawancara pekerjaan.

  • 1. Jangan mengabaikan penampilan

  • Di dalam dunia kerja ada istilah "7 detik menentukan segalanya", hal ini berkaitan erat dengan penampilan dan bahasa tubuh seseorang. Selama 7 detik tersebut seseorang akan bisa langsung dikenali seperti apa kepribadiannya melalui cara dia berpenampilan. Oleh karena itu, dengan berpenampilan rapi saat menghadiri wawancara pekerjaan akan membuat si pewawancara merasa nyaman dengan Anda, sehingga memungkinkan Anda memiliki peluang untuk dipanggil dalam sesi wawancara berikutnya.

  • 2. Jangan datang terlambat

  • Datang terlambat dalam sebuah sesi wawancara pekerjaan adalah sebuah kesalahan fatal, pahami posisi Anda bahwa Andalah yang saat ini sedang membutuhkan pekerjaan dan bukan perusahaan yang membutuhkan Anda. Bila Anda sampai datang terlambat alasan apapun yang Anda sampaikan biasanya tidak ada gunanya, si pewawancara akan segera mencoret Anda untuk bisa ikut dalam sesi wawancara hari itu. Oleh karena itu, usahakan untuk bisa datang minimal setengah jam sebelumnya, perhatiakan situasi lalu lintas dan kondisi cuaca, sehingga Anda bisa datang tepat waktu sebelum wawancara tersebut dimulai.

  • 3. Jangan gugup

  • Perasaan gugup adalah wajar, semua orang yang hadir untuk wawancara pasti mengalaminya. Hanya saja jangan biarkan perasaan tersebut membuat Anda jadi salah tingkah, sehingga mengacaukan sesi wawancara Anda. Kalahkan perasaan gugup tersebut dan kendalikan diri Anda, bayangkan bahwa yang saat ini sedang Anda hadapi bukanlah seorang hakim, Anda hanya sedang berhadapan dengan seseorang yang akan memberi Anda pekerjaan. Selalu berpikirlah positif dan jadilah berani karena dengan demikian perasaan gugup tersebut tidak akan memiliki kekuatan untuk mengalahkan Anda.

  • Advertisement
  • 4. Jangan datang tanpa persiapan

  • Akan sangat aneh sekali rasanya bila dalam sebuah sesi wawancara tiba-tiba Anda kebingungan karena sama sekali tidak membawa alat tulis, terpaksa Anda harus meminjam dari teman atau izin keluar sebentar untuk membelinya. Usahakan supaya kejadian seperti ini tidak Anda alami, buatlah kesan pertama yang meyakinkan bahwa Anda sudah siap. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin sejak dari rumah, bawalah hal-hal apa saja yang sekiranya diperlukan untuk menghadapi sesi wawancara tersebut seperti ijazah, pas foto, fotokopi KTP, alat tulis, SKCK, dan sebagainya.

  • 5. Jaga sopan santun Anda

  • Di manapun Anda berada, sopan santun adalah sangat penting. Ketika menghadapi sesi wawancara, berikan selalu senyum Anda dengan tulus kepada siapa saja yang hadir saat itu. Ucapkan salam, sapa setiap orang dengan ramah, jangan menyela pembicaraan, perhatikan cara duduk Anda, perhatikan kontak mata Anda, jangan menundukkan kepala, dan sebagainya.

  • Demikianlah kelima pantangan yang harus Anda perhatikan saat menghadapi wawancara pekerjaan, semoga Anda dapat menerapkannya dengan sebaik mungkin. Akan ada banyak hal baru yang Anda jumpai serta alami di dalam dunia kerja. Anda mungkin akan terkejut dengan banyaknya kejadian serta pengalaman baru yang dulu tidak pernah Anda temukan di dunia pendidikan. Terkadang ada pula di antara Anda yang akan merasa bahwa apa yang selama ini telah Anda pelajari di dunia pendidikan sama sekali berbeda dengan bidang pekerjaan yang sedang Anda geluti. Oleh karena itu, persiapkanlah diri Anda dengan sebaik mungkin, tetaplah fokus dan bekerjalah dengan sepenuh hati, tunjukkanlah etos kerja yang baik sehingga Anda dapat bekerja secara maksimal dan menikmati kesibukan baru Anda sebagai seorang pekerja.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

7 Detik Menentukan Segalanya: 5 Pantangan dalam Menghadapi Wawancara Pekerjaan

Tujuan dari wawancara pekerjaan yang harus setiap pencari kerja hadapi adalah sangat penting. Melalui wawancara tersebut akan bisa diketahui apakah si pelamar memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr