Menceritakan Masa Lalu kepada Anak-Anak

Setiap anak pasti senang mendengar cerita masa lalu dari orang tua mereka. Banyak hal yang dapat diceritakan kepada anak-anak Anda.

3,606 views   |   3 shares
  • Pernahkah Anda menceritakan masa lalu Anda kepada anak-anak Anda? Setiap orang tua mungkin pernah menceritakan pengalaman mereka sewaktu kecil kepada anak-anak mereka. Bagaimana reaksi mereka? Setiap anak pasti senang mendengar cerita masa lalu dari orang tua mereka. Banyak hal yang dapat diceritakan kepada anak-anak Anda. Mulai dari masa kecil, masa sekolah, masa remaja, masa dewasa, semua bisa diceritakan kepada anak-anak kita.

  • Jarang sekali ada anak-anak yang bosan mendengar cerita masa lalu Anda kecuali Anda menceritakan sesuatu yang sama berulang-ulang. Mereka sangat antusias mendengar pengalaman-pengalaman Anda yang menurut mereka sangat menakjubkan dan sangat berbeda dengan kehidupan mereka saat ini.

  • Beberapa keuntungan akan diperoleh anak-anak ketika orang tua menceritakan masa lalu mereka. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan tersebut:

  • 1. Anak akan mengetahui bahwa orang tua mereka mengalami hal-hal serupa yang mereka alami

  • Ketika anak-anak kita belajar bersepeda roda dua dan terjatuh, sering kali orang tua bercerita bahwa dulu sewaktu mereka belajar mengendarai sepeda roda dua, mereka juga pernah terjatuh. Dengan menceritakan pengalaman yang sama dengan yang anak-anak sedang alami, mereka akan mengerti bahwa mereka harus melalui tahapan-tahapan yang sulit jika ingin berhasil.

  • 2. Anak-anak dapat lebih mengenal leluhur mereka

  • Bercerita tentang kakek atau nenek Anda yang mungkin belum pernah mereka temui akan menolong anak-anak Anda mengenal leluhur mereka. Sambil bercerita tentang leluhur Anda, Anda juga dapat mengajarkan anak-anak Anda untuk belajar mengisi silsilah keluarga Anda. Artikel tentang silsilah dapat dilihat dalam artikel ini Beberapa Cara untuk Melibatkan Semua Anggota Keluarga dalam Sejarah Keluarga.

  • 3. Mereka dapat belajar dari pengalaman orang tua mereka

  • Sebagai orang tua tentu saja kita lebih berpengalaman daripada anak-anak kita. Banyak hal yang belum dilalui oleh anak-anak kita. Sewaktu anak-anak mencapai fase tertentu, mereka dapat belajar dari pengalaman-pengalaman Anda. Ceritakanlah pengalaman-pengalaman yang dapat membantu mereka menghadapi kehidupan di zaman mereka saat ini.

  • 4. Mereka dapat merasakan kegembiraan yang dialami orang tua mereka di zaman yang berbeda

  • Ketika kita berada di masa kecil, tentu kita juga merasakan kebahagiaan bersama orang-orang terkasih kita. Ceritakan kebahagiaan yang Anda rasakan bersama orang tua Anda atau kakek dan nenek mereka. Biarkanlah anak-anak merasakan kegembiraan yang Anda rasakan sewaktu Anda seusia mereka.

  • Advertisement
  • 5. Mereka dapat mengetahui permainan-permainan yang mungkin sudah jarang ada sekarang ini

  • Di zaman modern dengan teknologi yang semakin canggih, anak-anak kita sudah tidak lagi pernah melihat atau menikmati permainan-permainan tradisional yang dulu sering kita mainkan. Ceritakan pengalaman bermain Anda sewaktu ayah Anda membuatkan mobil-mobilan dari kulit jeruk bali, atau ketika Anda bermain 'tak kadal' dan 'galasin'. Ajarkan anak-anak Anda permainan-permainan tersebut di waktu luang Anda. Bermainlah bersama mereka. Biarkan mereka merasakan kebahagiaan yang Anda rasakan dengan melakukan berbagai permainan sederhana yang digandrungi pada zaman Anda.

  • 6. Anak-anak dapat membedakan keadaan zaman dulu dan sekarang

  • Sewaktu Anda menceritakan pengalaman-pengalaman Anda dulu, anak-anak Anda tentu akan memikirkan perbedaan-perbedaan yang ada di zaman Anda dan di zaman mereka saat ini. Mereka akan tahu bahwa orang tua mereka hidup tanpa internet dan game online. Mereka akan tahu bahwa orang tua mereka harus bekerja membantu kakek dan nenek di rumah setiap hari karena tidak memiliki asisten rumah tangga di rumah. Mereka juga akan tahu bahwa dulu orang tua mereka ke sekolah dengan berjalan kaki berkilo-kilo meter setiap hari. Dengan cara ini kita dapat mengajarkan mereka untuk dapat bersyukur atas hal-hal yang dapat mereka nikmati saat ini yang tidak dimiliki dan dirasakan oleh orang tua mereka dulu.

  • Ketika Anda menceritakan pengalaman-pengalaman Anda di masa lalu, ceritakan hal-hal itu sesederhana mungkin agar dapat diterima oleh anak-anak dengan baik. Anda dapat menghubungkan pengalaman-pengalaman Anda dengan situasi anak-anak Anda sekarang. Anak-anak tentu sangat tertarik ketika Anda menceritakan pengalaman-pengalaman Anda dengan lebih dramatis sama seperti ketika Anda menceritakan dongeng sebelum tidur dengan intonasi yang berubah-ubah. Untuk sementara waktu, lebih baik Anda tidak menceritakan pengalaman-pengalaman Anda yang tidak baik atau kurang edukatif sampai tiba waktunya ketika anak-anak Anda sudah cukup dewasa dan bijaksana untuk menilainya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Indah Wajarsari is an Indonesian native and mother of two.

Menceritakan Masa Lalu kepada Anak-Anak

Setiap anak pasti senang mendengar cerita masa lalu dari orang tua mereka. Banyak hal yang dapat diceritakan kepada anak-anak Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr