Beberapa Hal yang Orang Tua Perlu Tahu Tentang Kesehatan Anaknya

Orang tua pasti tidak ingin terlalu sering berkunjung ke dokter untuk memeriksakan anak-anak mereka yang sakit. Untuk itu penting sekali bagi orang tua untuk mengetahui beberapa hal tentang kesehatan anak-anak mereka.

2,213 views   |   1 shares
  • Sebagai orang tua tentu kita tidak ingin melihat anak-anak kita sakit. Kekebalan tubuh seorang anak berbeda-beda satu sama lain. Beberapa anak mudah terserang penyakit tetapi beberapa lagi tidak mudah terserang penyakit. Sewaktu anak-anak kita masih kecil, mereka pasti pernah sakit. Orang tua pasti tidak ingin terlalu sering berkunjung ke dokter untuk memeriksakan anak-anak mereka yang sakit. Untuk itu penting sekali bagi orang tua untuk mengetahui beberapa hal tentang kesehatan anak-anak mereka. Di bawah ini ada 3 hal yang perlu diketahui oleh orang tua untuk menjaga agar anak-anak mereka tetap sehat.

  • 1. Suhu Tubuh Si Kecil

  • Orang tua sangat khawatir jika anak mereka demam. Ketika suhu tubuh anak-anak mulai tinggi, ini adalah tanda-tanda awal bahwa anak-anak sedang tidak sehat. Orang tua perlu mengetahui suhu normal dari anak-anak adalah sekitar 36-37 derajat Celcius. Untuk mengetahui suhu tubuh anak-anak Anda, Anda harus menyediakan termometer di rumah Anda dan harus tahu cara penggunaan yang benar. Termometer biasanya digunakan di ketiak, di mulut, atau di anus. Beberapa termometer khusus dapat digunakan di telinga atau di kening. Jangan mengukur suhu tubuh anak Anda melalui anus jika Anda tidak mengetahui prosedurnya karena justru dapat menyebabkan masalah lain. Biarkan hanya tenaga medis yang melakukannya. Sediakan obat penurun panas setiap saat di rumah Anda. Obat penurun panas harus disesuaikan dengan usia anak-anak Anda. Baca keterangan di dalam kotak obat untuk dosis yang tepat. Ketika suhu tubuh anak Anda mencapai 40 derajat Celsius tidak usah menunggu lebih lama segeralah bawa anak-anak Anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Orang tua juga harus mengetahui pencegahan pertama untuk menurunkan demam yaitu dengan:

    • Tidak memakaikan baju yang tebal

    • Jangan menyelimuti anak Anda

    • Mengompres tubuh bayi di bagian ketiak, lekukan bagian belakang lutut, dan kening. Gunakan air hangat, bukan air dingin.

    • Berikan obat penurun panas dengan dosis yang sesuai dengan usia anak Anda.

    • Suhu kamar di buat lebih sejuk antara 16-20 derajat Celcius.

  • 2. Sistem Pencernaan Si Kecil

  • Gangguan pencernaan pada buah hati Anda biasanya disebabkan oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka. Pola makan anak-anak yang masih kecil tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Anak-anak rentan terkena penyakit saluran pencernaan. Jika anak-anak Anda mengalami sembelit, diare, mulas, kurang nafsu makan, dan perut kembung, Anda harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak Anda. Pencegahan yang dapat Anda lakukan agar anak-anak tidak mengalami gangguan pencernaan adalah:

  • Advertisement
    • Sediakan makan-makanan yang mengandung banyak serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Serat sangat penting dalam proses pengolahan makanan di dalam tubuh. Serat dapat membantu mengeluarkan limbah dari dalam tubuh dengan baik.

    • Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang menyebabkan sembelit.

    • Berikan probiotik. Probiotik membantu mengurangi bakteri jahat di dalam tubuh. Probiotik dapat ditemukan pada makanan seperti yogurt.

    • Berikan air putih untuk diminum lebih banyak karena air dapat mengurangi sembelit.

  • 3. Sistem Saluran Pernafasan

  • Penyakit saluran pernafasan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak-anak. Penyakit saluran pernafasan disebabkan dua faktor yaitu faktor keturunan dan faktor lingkungan. Anak-anak yang sering terkena penyakit saluran pernafasan akan lebih sulit untuk mengikuti kegiatan fisik seperti olahraga dan bermain. Dalam beberapa kasus, anak-anak harus dibawa ke rumah sakit ketika penyakit saluran pernafasan ini menyerang. Jika tidak ditangani dengan serius penyakit ini dapat berakibat fatal. Ada beberapa penyebab masalah pernafasan pada anak Anda yang perlu Anda ketahui.

    • Debu. Debu yang beterbangan sangat berbahaya jika terhirup dalam jumlah banyak. Ini adalah salah satu penyebab asma, alergi, atau batuk pada anak-anak.

    • Asap rokok. Jika ada anggota keluarga yang menderita asma atau penyakit pernafasan lainnya, sangat dianjurkan untuk menjauh dari asap rokok. Orang tua yang merokok dapat menjauh dari anak-anak yang rentan terhadap asap rokok. Asap rokok selain berbahaya bagi perokok, itu juga sangat berbahaya bagi orang-orang di sekitarnya yang ikut menghirup asap rokok yang menyebar di udara.

    • Makanan yang mengandung pewarna dan pengawet. Makanan yang dikonsumsi anak-anak kita terkadang mengandung bahan-bahan pewarna dan pengawet yang cukup banyak. Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan sesak nafas dan memicu kambuhnya asma.

    • Gizi yang buruk. Sewaktu anak-anak mengalami gizi buruk, sistem kekebalan mereka menjadi tidak baik dan menyebabkan mereka mudah terserang penyakit pernafasan. Berikan anak-anak makanan yang sehat. Makanan sehat tidak harus mahal. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

  • Itulah tiga hal utama yang harus diketahui oleh para orang tua untuk tetap menjaga kesehatan anak-anak mereka. Tentu saja kita tidak ingin anak-anak kita sakit. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Indah Wajarsari is an Indonesian native and mother of two.

Beberapa Hal yang Orang Tua Perlu Tahu Tentang Kesehatan Anaknya

Orang tua pasti tidak ingin terlalu sering berkunjung ke dokter untuk memeriksakan anak-anak mereka yang sakit. Untuk itu penting sekali bagi orang tua untuk mengetahui beberapa hal tentang kesehatan anak-anak mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr