Cara Memilih Utang bila Anda Harus Berhutang

Kebanyakan orang pasti pernah berutang meskipun sebagian besar belum tentu memikirkan dengan masak-masak sebelum mengikatkan diri dalam transaksi utang-piutang. Sebaiknya Anda kenali utang-utang tersebut agar keadaan keuangan Anda dapat lebih baik.

13,376 views   |   4 shares
  • Kebanyakan orang pasti pernah berutang meskipun sebagian besar belum tentu memikirkan dengan masak-masak sebelum mengikatkan diri dalam transaksi utang-piutang. Sebaiknya Anda kenali utang-utang tersebut agar keadaan keuangan Anda dapat lebih baik. Situasi perekonomian di tahun mendatang ini yang masih belum menentu menjadi peringatan bagi Anda untuk berpikir lebih jeli apa yang dibutuhkan untuk mempertahankan gaya hidup. Dengan begitu Anda harus menjadi lebih hati-hati apakah Anda telah mampu dalam keuangan untuk menghadapi setiap perubahan iklim ekonomi yang terjadi.

  • Mungkin Anda sudah menyiapkan dana dari jauh hari untuk beberapa kebutuhan seperti liburan bersama keluarga, perbaikan rumah, atau membeli mobil. Namun ada baiknya Anda bersikap bijaksana dalam mengatur keuangan mengingat nilai mata uang Anda yang sedang merosot dan tingkat inflasi yang menyebabkan biaya kebutuhan hidup menjadi naik.

  • Anda harus mengevaluasi secara hati-hati apakah benar-benar perlu mengambil pinjaman di saat kondisi perekonomian sedang tidak menentu hanya untuk mewujudkan beberapa rencana yang tidak terlalu penting. Bila Anda tidak bijaksana dalam mengambil keputusan soal berutang bisa-bisa kondisi keuangan Anda menjadi bermasalah. Oleh karena itu, Anda perlu untuk bisa membedakan antara utang "bermanfaat" dan utang "bencana".

  • Utang bermanfaat

  • Utang "bermanfaat" adalah di mana Anda menggunakannya untuk pembelian barang yang penting karena tidak memiliki cukup simpanan uang. Sehingga utang tersebut dapat memberikan nilai tambah. Bilamana Anda gunakan utang tersebut untuk hal-hal yang positif dapat menjadi penolong untuk membangun kondisi ekonomi keluarga.

  • Jenis-jenis utang bermanfaat yang digunakan untuk:

    1. Berbelanja untuk bahan kebutuhan pokok dengan kartu kredit. Beberapa bank penerbit kartu kredit biasanya memberikan cash back walaupun nilainya kecil. Keuntungan lain yaitu adanya bonus poin dari nilai belanja dan sering ada promosi.

    2. Pinjaman untuk membeli aset yang nilainya sering mengalami kenaikan misalnya untuk rumah. Kita semua menyadari bahwa luas daratan tidak pernah bertambah sedangkan jumlah penduduk bertambah terus. Dengan demikian, harga rumah pastilah selalu naik. Berhutang untuk memiliki rumah sedini mungkin adalah tindakan yang bijaksana.

    3. Pinjaman untuk biaya pendidikan yang bermanfaat untuk meningkatkan keahlian pribadi agar dapat menambah pemasukan.

    4. Pinjaman untuk membuka atau menambah modal usaha.

  • Advertisement
  • Bila utang Anda digunakan dengan bijaksana dan hati-hati sering kali akan membawa keuntungan. Contoh yang paling umum adalah pinjaman untuk beli mobil. Anda tentu tahu mobil sering kali dihubungkan dengan aset yang nilainya turun terus. Dengan begitu sebelum membeli mobil Anda sebaiknya mencari tahu mobil apa yang memiliki nilai penyusutan paling kecil sehingga bila Anda menjualnya tidak rugi banyak.

  • Bagaimana dengan pinjaman untuk menambah modal usaha? Keputusan untuk hal ini harus sangat hati-hati. Anda perlu introspeksi diri sudah sejauh mana Anda memahami usaha yang Anda tekuni dan risiko pinjaman bila usaha Anda tidak semulus yang Anda bayangkan. Bila perhitungan dan pertimbangan yang matang sudah dibuat, utang untuk menambah modal usaha dapat membawa kesuksesan di masa depan. Menyisihkan uang tabungan sebagai dana cadangan dapat sangat membantu bila Anda sedang membutuhkannya atau dalam keadaan darurat.

  • Utang 'bencana'

  • Utang dianggap 'bencana' apabila Anda terlalu memaksakan diri di luar batas kemampuan keuangan sehingga pengeluaran Anda menjadi luar biasa besar dan pada akhirnya tak mampu membayar kembali utang-utang yang Anda miliki. Utang 'bencana' adakalanya disebabkan oleh pembelian barang-barang Anda melalui kartu kredit yang bunganya tinggi dan tagihan tidak bisa dibayar penuh. Akhirnya nilai barang yang dibeli Anda terus merosot sementara bunga pinjaman yang harus dibayarkan terus naik.

  • Kenalilah jenis yang diambil

  • Berhati-hati agar utang "bermanfaat" tidak berubah menjadi utang "bencana". Anda harus mengingat berbagai faktor sebagai kewajiban rutin cicilan bulanan (rumah, mobil dan asuransi) atau kewajiban yang bersifat sandang pangan. Pastikan Anda tetap nyaman dengan pembayaran bulanan cicilan untuk menghindarkan Anda dari biaya-biaya seperti denda keterlambatan. Bila Anda ingin berutang, kenalilah jenis utang yang akan diambil. Karena pada akhirnya pinjaman dapat membantu seseorang apabila diambil secara bertanggung jawab. Anda perlu memperhitungkan dengan cermat agar utang dapat digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat dan terhindar dari utang 'bencana'.

  • Cara yang paling baik adalah Anda tidak perlu berhutang tapi bila Anda harus berhutang, lakukanlah seperti hal-hal tersebut di atas. Dengan begitu dapat mengatasi masalah Anda tanpa tidak menimbulkan masalah pada akhirnya.

Baca, hidupkan, bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Cara Memilih Utang bila Anda Harus Berhutang

Kebanyakan orang pasti pernah berutang meskipun sebagian besar belum tentu memikirkan dengan masak-masak sebelum mengikatkan diri dalam transaksi utang-piutang. Sebaiknya Anda kenali utang-utang tersebut agar keadaan keuangan Anda dapat lebih baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr