5 Cara Membantu Teman yang Menderita Karena Mandul

Seperti situasi lain yang rumit, sulit untuk melihat teman yang menderita karena mandul, sementara Anda sendiri tidak pernah mengalami kesulitan ini.

21,736 views   |   4 shares
  • Seperti situasi lain yang rumit, sulit untuk melihat teman yang menderita karena mandul—khususnya jika Anda sendiri tidak pernah mengalami kesulitan ini.

  • Walau kebanyakan pasangan mampu hamil tanpa bantuan apa pun, banyak pula pasangan di dunia yang menderita kemandulan atau mengalami kesulitan untuk hamil secara alami. Angka kemandulan meningkat di seluruh dunia, diperkirakan menjadi 10 - 15 persen atau 1 dari 6 pasangan, di negara-negara yang sedang berkembang.

  • Seperti situasi lain yang rumit, sulit untuk melihat teman yang menderita karena mandul—khususnya jika Anda sendiri tidak pernah mengalami kesulitan ini. Sulit untuk membicarakan hal ini dengan teman yang tidak bisa hamil, seringkali komentar yang bermaksud baik namun kurang pengertian, hanya menambah frustrasi teman Anda.

  • Jadi apa yang bisa Anda lakukan atau katakan untuk membantu teman yang mandul? Inilah beberapa petunjuk:

  • Bersikaplah peka terhadap tantangan yang dihadapi teman Anda. Hanya ada beberapa hal yang lebih menyakitkan daripada keinginan mempunyai anak yang tidak terpenuhi. Teman Anda mungkin membutuhkan dosis ekstra kasih sayang dan perhatian pada saat-saat sulit dalam hidupnya ini.

  • Hindari perkataan yang tidak membantu. Meski Anda kadang terdorong untuk menghiburnya, perkataan seperti "Giliranmu akan datang," "Mungkin keadaan ini lebih baik," mungkin bukan sesuatu yang perlu dia dengar. Dia sudah merasa bersalah karena perasaan sedih, sakit dan marah yang dialaminya dan tidak memerlukan orang lain untuk membuat dia merasa seharusnya dia dapat mengatasinya dengan lebih baik. Sebaliknya apa yang dapat Anda perbuat? Rangkullah dia dan tanyakan apakah dia ingin berbicara tentang hal ini, hargailah kebutuhannya untuk bersedih.

  • Usahakan untuk tidak mengeluh tentang kehamilan atau anak-anak Anda. Bagi seseorang yang bersedih karena mandul, komentar seperti "Setidak-tidaknya kamu bisa tidur pulas," "Kamu enak, tidak mengalami mual-mual seperti ini," bisa menambah parah luka di hatinya. Biasanya orang yang mandul akan dengan senang hati menukar kenyamanan hidupnya yang tanpa anak dengan malam tanpa tidur dan segala gejala tidak menyenangkan di dunia ini jika itu berarti mereka dapat mencapai impian mereka untuk menjadi orang tua.

  • Sebaliknya apa yang dapat Anda lakukan? Pembicaraan mengenai kehamilan dan anak biasanya merupakan topik yang peka bagi teman Anda. Usahakanlah mengurangi pembicaraan tentang hal ini. Jika Anda perlu mengeluh tentang kehamilan atau anak Anda cobalah cari teman lain yang mempunyai pengalaman sama dan mampu menimpali pembicaraan Anda. Jangan mengandalkan teman Anda yang mandul.

  • Advertisement
  • Hindari keinginan memberi nasihat. Sementara kita semua tahu cerita tentang seseorang yang ingin sekali hamil dan akhirnya berhasil sesudah dia berhenti memikirkan hal itu, pergi berlibur, atau memungut anak, menceritakan hal ini kepada teman Anda yang mandul tidaklah menolong. Seringkali kemandulan adalah akibat dari kondisi medis yang serius, atau hormon yang tidak seimbang, dan membutuhkan perawatan medis. Walau Anda tergoda untuk menasihati teman Anda "santai saja," nasihat ini lebih banyak menyakiti daripada membantu.

  • Sebaliknya apa yang dapat Anda lakukan? Bersikaplah peka pada kenyataan bahwa teman Anda sudah pernah mendengar nasihat seperti ini sebelumnya, dan pasti sudah sering mencobanya. Ikuti kecenderungannya, jika tampaknya dia berminat mendengar nasihat Anda, sampaikanlah. Jika dia tampaknya tidak ingin mendengar cerita tentang apa yang manjur (atau tidak manjur) yang menyangkut orang-orang yang Anda kenal, janganlah bercerita dan alihkan topiknya.

  • Jangan bertanya kapan mereka merencanakan punya anak. Pembicaraan tentang keluarga berencana sangatlah peka, khususnya bagi orang yang mandul. Seringkali pasangan yang mandul lebih suka berdiam diri tentang kesulitan mereka, sehingga gampang untuk salah duga bahwa mereka menunda kehamilan untuk alasan lain. Jika Anda sudah tahu bahwa teman Anda berusaha untuk hamil atau menjalani pengobatan untuk hamil, janganlah bertanya apakah dia hamil, atau apakah pengobatannya berhasil. Bila dia siap memberitahu Anda, dia akan bercerita sendiri. Jika usahanya untuk hamil tidak berhasil, pertanyaan Anda akan menjadi pengingat yang menyakitkan dari kegagalannya. Jika dia hamil, mula-mula dia mungkin takut memberitahu semua orang dan perlu waktu untuk memproses perkembangan baru ini sebelum dia mengumumkan kabar gembira ini.

  • Sebaliknya apa yang dapat Anda lakukan? Percayalah, teman Anda akan memberitahu Anda bila dia sudah siap, dan biarkan dia tahu bahwa Anda selalu bersedia mendengarkan segala keluhan atau rasa frustrasinya.

  • Dan ingatlah bahwa tidak ada salahnya kalau Anda tidak memahami perasaan teman Anda. Dia tidak memerlukan Anda untuk memahami penderitaannya secara rinci, yang dia perlukan ialah kasih, dukungan dan pengertian Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "5 ways to help a friend suffering from infertility" karya Cindy Baldwin.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Cindy Baldwin is a homemaker and freelance writer who is expecting her first child. Her poetry and prose have been featured in several publications, and she blogs regularly at being cindy.

5 Cara Membantu Teman yang Menderita Karena Mandul

Seperti situasi lain yang rumit, sulit untuk melihat teman yang menderita karena mandul, sementara Anda sendiri tidak pernah mengalami kesulitan ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr