Liburan Si Kecil Lebih Menyenangkan dengan Bermain Bersama Alam

Memperkenalkan anak pada alam sekitarnya sangat baik bagi perkembangan anak karena dapat melatih daya ingat anak dan memberi pengetahuan dasar bagi anak.

1,648 views   |   1 shares
  • Sejak kecil orang tua tentu telah memperkenalkan alam kepada anak-anaknya, misalnya dengan memperlihatkan gambar gunung, gambar beraneka ragam tumbuhan seperti bunga dan buah-buahan, memperlihatkan gambar hewan dan sejenisnya. Memperkenalkan anak pada alam sekitarnya sangat baik bagi perkembangan anak karena dapat melatih daya ingat anak dan memberi pengetahuan dasar bagi anak. Memperkenalkan alam pada anak-anak tidak hanya dapat lakukan dengan memperlihatkan gambar, tetapi dapat dilakukan dengan cara yang menarik yang dapat membuat anak bersenang-senang. Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara menarik yang dapat Anda tiru.

  • Memetik buah di kebun

  • Saat liburan telah tiba, sangat menyenangkan jika Anda mengajak si kecil untuk berkebun. Tentunya si kecil sangat suka bermain kotor dan tidak ada salahnya Anda membiarkan mereka menikmati. Ajak anak berkebun bersama dengan melakukan kegiatan seperti menanam benih buah dan perkenalkan pula mereka beraneka ragam tumbuhan dan buah-buahan di kebun yang Anda kunjungi. Anda juga dapat mengajak anak memetik buah favorit mereka, dan tentunya ini akan membuat anak-anak Anda akan sangat menikmati liburan mereka.

  • Berkunjung ke kebun binatang

  • Para ibu, kebun binatang adalah salah satu tempat berlibur menarik yang patut Anda kunjungi bersama si kecil. Banyak pengalaman menarik yang didapatkan di kebun binatang bersama anak Anda. Anda dapat mengajak si kecil berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang sebelumnya hanya dilihatnya dari gambar saja, misalnya dengan mengajaknya memegang burung, bersalaman dengan orang utan atau menggendong monyet. Ini akan membuat si kecil bersemangat menghabiskan waktu di kebun binatang. Tidak hanya itu, dengan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan di sana akan membantu si kecil melatih keberaniannya.

  • Bermain di taman bunga

  • Bermain di taman bunga pasti akan menyenangkan bila bersama si kecil. Beraneka ragam bunga dengan warna yang berbeda tentu dapat menarik perhatian si kecil karena wanginya dan bentuknya yang menawan. Kunjungilah taman bunga di dekat rumah Anda. Anda dapat mengajarkan si kecil tentang nama-nama dan jenis-jenisnya sehingga si kecil mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dalam hidupnya.

  • Mengunjungi peternakan

  • Tidak hanya dengan berkunjung ke kebun binatang Anda dapat memperkenalkan jenis-jenis hewan kepada si kecil. Anda juga dapat mengajak anak berkunjung ke sebuah peternakan di desa atau di dekat rumah Anda. Ini tidak kalah menarik dengan berkunjung ke kebun binatang karena ada beberapa cara unik yang dapat Anda ajarkan kepada si kecil untuk bermain bersama binatang. Misalnya Anda dapat memperlihatkan si kecil bagaimana cara ayam bertelur, atau dapat bersama-sama memerah susu dari sapi betina, atau Anda dapat mengajarkan si kecil cara memberi makan rumput pada kawanan domba dan masih banyak lagi kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan bersama si kecil di perternakan.

  • Advertisement
  • Memancing

  • Siapa bilang memancing hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa saja? Memancing juga dapat menjadi acara liburan yang menyenangkan bagi si kecil. Sang ayah dapat bersama-sama berlomba bersama si kecil memancing untuk mendapatkan ikan yang besar. Suasana alam di tempat memancing dapat Anda gunakan sebagai objek menarik untuk mengajarkan si kecil keindahan alam di sekitarnya. Si kecil pasti akan menikmati liburannya bersama keluarga.

  • Berkemah di alam bebas

  • Salah satu liburan yang menyenangkan sekaligus dapat membantu Anda memperkenalkan alam kepada si kecil adalah dengan pergi berkemah. Carilah tempat berkemah yang aman bagi anak-anak dan juga memiliki suasana alam yang asri, melewati hutan pinus maupun sawah-sawah dan memiliki udara yang sejuk. Dengan berkemah di tempat yang menyenangkan akan membuat anak-anak menjadi semangat untuk berpetualang. Anda dapat melakukan kegiatan seperti mengajarkan anak bagaimana mengumpulkan ranting kayu untuk membuat api unggun, atau mandi di tepi sungai, atau berpetualang dengan berkeliling di sekitar area berkemah, dan masih banyak lagi kegiatan menarik lain. Berkemah di alam bebas akan melatih si kecil dan Anda menjadi lebih kompak.

  • Perkenalkan si kecil pada alam bebas sejak dini. Banyak kegiatan menyenangkan di alam bebas yang dapat Anda lakukan bersama si kecil dan tentunya akan bermanfaat bagi buah hati Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Liburan Si Kecil Lebih Menyenangkan dengan Bermain Bersama Alam

Memperkenalkan anak pada alam sekitarnya sangat baik bagi perkembangan anak karena dapat melatih daya ingat anak dan memberi pengetahuan dasar bagi anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr