4 Penyakit yang Lebih Senang dengan Wanita

Empat penyakit ini jarang dikenal namanya tetapi gejalanya sering dirasakan oleh wanita. Penyakit Lupus alias Systemic Lupus Erythematosus (SLE), Sindrom kelelahan kronis atau Chronic Fatigue Syndrome (CFS), Fibromyalgia dan Endometriosis.

32,176 views   |   58 shares
  • Kebanyakan wanita selalu ingin hidup sehat agar dapat beraktivitas melakukan pekerjaannya. Entah sebagai ibu rumah tangga, pekerja kantor atau apapun tugasnya. Tetapi banyak yang tidak tahu bahwa ada beberapa penyakit yang sering diderita oleh wanita. Bila penyakit ini datang menimpa, sering menggangu kegiatan karena membuat si penderita harus terbaring lemah. Empat penyakit ini jarang dikenal namanya tetapi gejalanya sering dirasakan oleh wanita. Penyakit Lupus alias Systemic Lupus Erythematosus (SLE), Sindrom kelelahan kronis atau Chronic Fatigue Syndrome (CFS), Fibromyalgia dan Endometriosis. Persamaan menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya. Penyakit ini sering timbul tenggelam dan juga tidak dianggap secara serius. Ketika rasa nyeri hilang, kehidupan normal pun berlangsung seperti biasa. Tetapi bagaimanapun juga kelelahan berat, naik turunnya berat badan, nyeri otot, perut dan kram ketika menstruasi dapat diartikan parahnya penyakit tersebut.

  • 1. Lupus

  • Wanita berisiko mengalami lupus 6-10 kali lebih besar dibanding pria. Penjelasan sederhana tentang penyakit lupus yaitu sistem kekebalan tubuh terlalu berlebihan sehingga menyerang organ tubuh yang sehat. Pengobatan bertujuan untuk mengurangi inflamasi dan meredakan gejala yang ada. Penyakit berbahaya ini belum ada obatnya. Berikut adalah pengalaman dari seorang ibu yang terkena lupus. Dia dirawat secara intensif karena paru-parunya sudah terkena dampak dan memakai respirator agar bisa bertahan hidup. Penyakit ini tidak menular dan Anda perlu mengetahui gejala Lupus yaitu ruam kemerahan hampir menyerupai bentuk kupu-kupu pada daerah pipi dan tulang hidung. Gejalanya seperti flu, lelah, demam, nafsu makan menurun, mual, nyeri sendi, berat badan menurun dan terserang anemia.

  • 2. Sindrom kelelahan kronis (CFS)

  • Wanita penderita CFS mengalami kelelahan kronis tanpa alasan yang jelas. Kelelahan ini bisa terjadi cukup berat hingga menghambat kegiatan sehari-hari. Tidur lelap beberapa hari pun belum tentu dapat menghilangkan kelelahan ini. Biasanya kelelahan kronis ini datang tiba-tiba dan adakalanya terus menerus. Kelelahan kronis ini kadang timbul setelah sakit flu, paru-paru basah atau hepatitis. Bila Anda mengalami kelelahan yang menetap dan tidak bisa melakukan aktivitas segera berkonsultasi dengan dokter. Acap kali timbul gangguan emosional dan kelelahan karena depresi biasanya dokter akan memberikan obat. Penyebabnya belum diketahui secara pasti apakah karena kurangnya darah, alergi lingkungan dan infeksi jamur yang dapat memicu CFS. Pada banyak kasus, CFS disertai dengan gangguan emosional. Gejalanya sakit kepala, lelah, nyeri tenggorokan, lemah, nyeri otot, dan sulit berkonsentrasi. Bila gejala di atas muncul selama enam bulan, dapat dipastikan Anda menderita sindrom kelelahan kronis.

  • Advertisement
  • 3. Fibromyalgia

  • Wanita sering mengalami gejala rasa sakit di seluruh tubuh dan juga nyeri otot. Kebanyakan dialami wanita usia paruh baya yang sibuk bekerja. Pengalaman seorang wanita yang menderita penyakit ini mengatakan bahwa dia enjoy saja karena dia telah memeriksakan ke dokter dan diketahui bahwa ada gangguan hormonal dari tubuhnya. Yang terpenting dia harus mengonsumsi makanan sehat bergizi disertai dengan cukup tidur dan istirahat. Penyakit ini tidak ada obatnya dan masih belum jelas. Bila Anda kram, bisa diredakan dengan pelemas otot. Gejala-gejala lain adalah kelelahan, sakit kepala kronis, gangguan gerakan usus besar, pusing, dan gangguan pola tidur. Hal-hal yang dapat memicu timbulnya penyakit adanya perubahan iklim, gangguan hormonal, kecemasan dan stres.

  • 4. Endometriosis

  • Wanita sering mengalami kram perut sebelum dan saat menstruasi. Bila kram Anda menetap dan berat dapat merupakan adanya endometriosis. Asal katanya endometrium jaringan yang melapisi dinding rahim yang seharusnya di dalam tetapi ternyata ada di luar. Jaringan endometrium yang menyimpang ini menyebabkan pendarahan hebat pada saat haid. Darah yang tidak bisa kemana-mana akhirnya bisa menimbulkan kista. Pengalaman terjadi pada seorang ibu setelah melahirkan anak terakhirnya adalah bahwa dia sering mengalami pendarahan abnormal dan rasa nyeri pada saat menstruasi. Akhirnya dokter kandungan memutuskan untuk mengangkat indung telurnya karena sudah menjadi tumor sebesar bola tenis. Kisah nyata ini memberikan gambaran bahwa gejala endometriosis pada setiap orang berbeda, antara lain kram perut, nyeri saat haid, kehamilan di luar kandungan, nyeri punggung, nyeri pada kaki, mual, muntah, diare, nyeri saat berhubungan intim, dan rasa nyeri atau panas saat buang air kecil. Hal ini berdampak buruk karena dapat menyebabkan keguguran dan kemandulan pada wanita.

  • Ke empat penyakit ini memang lebih senang dengan wanita, tetapi bukan untuk ditakuti melainkan untuk diwaspadai. Caranya adalah dengan tetap hidup sehat dengan makan sehat, rajin olahraga, dan istirahat yang cukup. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan jika Anda sering mengalami gejala-gejala tersebut di atas.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

4 Penyakit yang Lebih Senang dengan Wanita

Empat penyakit ini jarang dikenal namanya tetapi gejalanya sering dirasakan oleh wanita. Penyakit Lupus alias Systemic Lupus Erythematosus (SLE), Sindrom kelelahan kronis atau Chronic Fatigue Syndrome (CFS), Fibromyalgia dan Endometriosis.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr