8 Pantai di Malang yang Wajib Dikunjungi

Bila Anda berkesempatan mengunjungi kota Malang, luangkan waktu untuk mengunjungi beberapa obyek wisata pantai yang terletak di kawasan selatan kabupaten Malang.

25,358 views   |   24 shares
  • Bila Anda berkesempatan mengunjungi kota Malang, luangkan waktu untuk mengunjungi beberapa obyek wisata pantai yang terletak di kawasan selatan kabupaten Malang. Melalui upaya dari pemerintah kota dan kabupaten setempat, saat ini jalur selatan yang menjadi jalur utama penghubung di kawasan selatan Malang keseluruhannya hampir selesai dikerjakan. Bagi masyarakat dan perekonomian daerah setempat hal ini tentunya membawa banyak keuntungan. Jalur selatan Malang yang berada tepat di sepanjang pinggir pantai ini memiliki banyak tempat-tempat wisata cantik yang wajib untuk dikunjungi, berikut ini di antaranya:

  • 1. Pantai Lenggoksono

  • Terletak di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Untuk bisa menuju ke pantai Lenggoksono, wisatawan tinggal mengarahkan kendaraan mereka menuju ke arah Dampit kemudian dilanjutkan menuju ke kecamatan Tirtoyudo. Dari sini para wisatawan tidak perlu bingung lagi karena warga sekitar akan sangat dengan senang hati untuk memberitahukan arah selanjutnya yang harus Anda tempuh. Kurang lebih diperlukan waktu tempuh sekitar 2 hingga 2,5 jam dari kota Malang untuk bisa sampai di pantai Lenggoksono. Kelebihan dari pantai ini adalah adanya Ekowisata Bowele dengan ombaknya yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi olahraga selancar.

  • 2. Pantai Sendang Biru

  • Terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk bisa sampai di tempat ini wisatawan harus menempuh perjalanan darat kurang lebih sekitar 2 jam dengan sepedah motor dan 2,5 jam dengan mobil. Arahkan kendaraan Anda menuju ke ke pasar Turen terlebih dahulu, kemudian belok kiri di pertigaan PT. Pindad, kemudian belok kanan di pertigaan Gedok. Setelah dari sini tinggal lurus saja mengikuti jalan hingga sampai di pantai Sendang Biru. Kelebihan dari pantai ini adalah selain sebagai tempat pelelangan ikan ada sebuah pulau di seberangnya bernama Pulau Sempu, di dalam Pulau Sempu ada sebuah Lagoon bernama Segara Anakan yang bisa Anda nikmati keindahannya dengan melakukan snorkel atau berkemah. Untuk menyeberang ke Pulau Sempu Anda bisa menyewa jasa perahu nelayan atau menggunakan perahu kayak yang disewakan oleh penduduk sekitar.

  • Advertisement
  • 3. Pantai Goa Cina

  • Pantai Goa Cina baru saja dibuka secara umum sekitar 6 tahun yang lalu, hal ini menyebabkan kealamiannya masih terjaga hingga sekarang. Untuk bisa mengunjungi tempat ini dari pantai Sendang Biru Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 5 Km ke arah barat. Tidak sampai 15 menit Anda sudah sampai di pantai Goa Cina. Kelebihan dari pantai ini adalah terdapatnya goa yang bisa dimasuki di sebuah pulau karang tepat di depan pantai Goa Cina, dan siapa sangka juga bila hari cerah Anda akan bisa melihat sunrise dan sunset dari tempat ini.

  • 4. Pantai Watu Leter

  • Masih di sekitar pantai Goa Cina, dengan berjalan kaki sekitar 10 menit ke arah barat Anda sudah bisa mengunjung pantai Watu Leter. Kelebihan dari pantai ini adalah bila air surut Anda bisa melakukan kegiatan snorkel untuk melihat ikan-ikan hias di dalamnya dan bila Anda beruntung Anda juga bisa menyaksikan peristiwa langka yaitu pelepasan bayi-bayi penyu. Kemudian pada sore harinya bila tidak berawan, Anda bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam dari tempat ini.

  • 5. Pantai Bajul Mati

  • Pantai Bajul Mati bertetangga dengan pantai Goa Cina, hanya dibutuhkan waktu tempuh sekitar 15 menit dengan kendaraan Anda akan sampai di pantai Bajul Mati. Kelebihan dari pantai ini adalah bila sore hari cerah Anda akan bisa memiliki kesempatan untuk melihat keindahan matahari tenggelam, bentang pantainya yang panjang sekitar 4 Km dengan pasir putih yang lembut bisa Anda manfaatkan untuk bermain bola voli, sepak bola atau lari. Karena ombaknya yang ganas serta arus bawah lautnya yang sangat kuat, maka Anda sama sekali tidak diizinkan untuk berenang di kawasan ini.

  • 6. Pantai Tamban

  • Advertisement
  • Sekitar 6 kilometer sebelum sampai di pantai Sendang Biru, Anda akan menjumpai sebuah gapura besar di sebelah kiri jalan dengan tulisan di atasnya Pantai Tamban Indah. Pantai ini adalah lokasi pemukiman nelayan dan memiliki pasir laut cenderung berwarna hitam, ombaknya tidak terlalu besar sehingga sangat baik sebagai lokasi pendaratan perahu, akan tetapi Anda sama sekali tidak diizinkan untuk berenang karena arus bawah lautnya yang sangat kuat.

  • 7. Pantai Balekambang

  • Lokasinya terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Dari arah kota Malang arahkan kendaraan Anda menuju ke daerah pabrik gula Krebet, kemudian di pertigaan Krebet Anda lurus saja dan ikuti jalan yang menuju ke daerah Bantur. Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam lebih agar bisa sampai di pantai Balekambang. Keunikan dari pantai ini adalah adanya Pura tempat beribadah umat Hindu di sebuah pulau karang di tengah laut. Sebagian orang dari luar kota ada yang menganggap bahwa pantai Balekambang adalah miniatur dari Pura Tanah Lot di Bali. Untuk bisa menuju ke Pura, pengunjung telah disediakan jembatan penyeberangan yang terbuat dari beton sehingga keamanannya bisa terjamin.

  • 8. Pantai Ngliyep

  • Lokasinya terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Dari kota Malang pantai Ngliyep berjarak sekitar kurang lebih 70 kilometer. Akses jalan ke pantai ini sejak tahu 1980an sudah diaspal, sehingga sangat nyaman untuk dilalui. Arti kata 'ngliyep' dalam bahasa Indonesia berarti 'mengantuk', sehingga julukan ngliyep dirasa sangat cocok diberikan kepada pantai ini karena ombaknya yang besar dan angin yang bertiup sepoi-sepoi sehingga bisa membuat siapa saja yang mengunjunginya jadi mengantuk dan ingin tidur. Akan tetapi saat ini keindahan pantai Ngliyep sudah mulai memudar karena tidak dikelola dengan baik akibat terjadi sengketa lahan antara pihak Perhutani dan pemerintah daerah.

  • Sebetulnya masih ada beberapa pantai lainnya yang belum disebutkan di kawasan Malang bagian selatan yang tidak kalah cantiknya, tetapi karena jalur atau akses jalan menuju ke tempat-tempat tersebut sampai saat ini masih belum selesai dikerjakan, sehingga dikhawatirkan akan sangat menyulitkan bagi para wisatawan. Semoga dalam beberapa tahun ke depan proyek pengerjaan akses jalan menuju ke seluruh kawasan pantai di Malang selatan bisa segera diselesaikan, sehingga para pengunjung bisa memiliki lebih banyak lagi tempat tujuan wisata.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

8 Pantai di Malang yang Wajib Dikunjungi

Bila Anda berkesempatan mengunjungi kota Malang, luangkan waktu untuk mengunjungi beberapa obyek wisata pantai yang terletak di kawasan selatan kabupaten Malang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr