Nasihat Perkawinan yang Langgeng

Perasaan kasih sayang dan kehangatan antara dua sejoli yang sedang kasmaran menjadi dambaan dari setiap pasangan. Hubungan kasih mesra yang diikat dalam pernikahan merupakan bagian terpenting dalam perjalanan kehidupan.

36,163 views   |   123 shares
  • Perasaan kasih sayang dan kehangatan antara dua sejoli yang sedang kasmaran menjadi dambaan dari setiap pasangan. Hubungan kasih mesra yang diikat dalam pernikahan merupakan bagian terpenting dalam perjalanan kehidupan. Segera setelah bulan madu berakhir, bagaimana Anda mengatasi tantangan yang ada dalam pernikahan? Berdasarkan pengalaman banyak orang, pernikahan langgeng dapat terwujud bila ada komunikasi yang baik dari kedua pasangan yang akan dibahas di bawah ini.

  • Saling memahami

  • Cinta saja tidaklah cukup dalam suatu pernikahan. Anda dan pasangan harus mau untuk saling berkorban guna membina chemistry yang baik dalam keluarga. Perlu usaha yang sungguh-sungguh dengan kerelaan hati untuk meletakkan kepentingan pasangan di atas kepentingan pribadi. Hindari keinginan Anda untuk mendominasi pasangan sebaiknya Anda harus mengerti dan memahami satu sama lain. Tidak ada salahnya untuk menyenangkan pasangan Anda, dengan demikian akan menghasilkan kesatuan Anda berdua. Oleh karena itu, bersatunya dua hati dalam pernikahan yang berlandaskan cinta dan saling memahami membawa dampak baik dalam pernikahan.

  • Menyatu dalam pernikahan

  • Banyak bukti telah menunjukkan betapa sulitnya untuk menyatukan dua pribadi yang berbeda. Ada kalanya pasangan Anda memilih untuk jalan ke sebelah kanan sementara Anda sendiri ingin di sebelah kiri. Apa yang akan terjadi selanjutnya ? Bisa Anda bayangkan pernikahan hancur karena memilih jalannya masing-masing. Hal itu tidak boleh terjadi. Sebaiknya Anda berjalan bersama dengan menyingkirkan ego dan mengutamakan perasaan pasangan. Sekarang saatnya bagi Anda untuk mempersatukan hubungan dalam pikiran, perasaan, dan tujuan guna terwujudnya kebahagiaan dalam pernikahan.

  • Siap mengatasi tantangan yang ada

  • Tantangan kehidupan dalam pernikahan Anda akan terus berjalan mengikuti waktu. Anda dan pasangan harus selalu menjaga dan merawat cinta Anda berdua untuk mengatasi kendala yang ada. Kehidupan berumah tangga akan selalu menghadapi cobaan dan tantangan dari luar atau dari dalam keluarga. Bersatu sebagai pasangan suami istri, Anda berdua membentengi diri dan memiliki keyakinan akan rasa cinta serta saling percaya membuat Anda berdua mampu menghadapi rintangan.

  • Saling memaafkan

  • Kehidupan pernikahan tidaklah selalu mulus. Ada saja kesalahan yang dilakukan oleh setiap pribadi. Anda dan pasangan perlu menyadari kesalahan dan segera minta maaf. Dengan melakukan hal itu Anda telah menunjukkan kedewasaan pribadi. Yakinlah bahwa setiap dari kita memiliki "blank spot," artinya kekurangan yang tidak kita ketahui. Sebaiknya bila pasangan Anda yang bersalah, bahas masalahnya secepat mungkin agar tidak menganggu ikatan kasih dalam pernikahan.

  • Advertisement
  • Saling menghargai

  • Suatu hal yang perlu diketahui pasangan bahwa dia amat penting dalam kehidupan Anda. Perlu diingat selalu kelebihan dan kebaikan dari diri masing-masing. Adakalanya kesalahan yang sering dilakukan oleh suami istri adalah melupakan kelebihan atau kebaikan dari pasangan hidup. Kelebihan yang dimiliki setiap orang termasuk pasangan Anda menjadi berkat terindah yang mampu merekatkan tali cinta Anda berdua. Dengan mengenang kisah kasih di kala masa pacaran hingga menjadi pasangan suami istri, kelebihan ini akan mampu mengatasi kekurangan masing-masing.

  • Saling memahami kekurangan yang ada

  • Perjalanan sebuah pernikahan adakalanya dihadapkan pada ujian-ujian yang berat bagi Anda berdua. Salah satunya ketika harus menerima kekurangan pasangan di luar dugaan atau yang tidak diperhitungkan sebelum Anda menikah. Betapa tidak bila seorang istri harus mendapati bahwa suaminya memiliki sifat ringan tangan setelah menikah. Atau seorang suami merasa terkejut dan dibuat pusing mengetahui bahwa istrinya senang berutang ke tetangga atau teman dekatnya. Di saat-saat yang genting seperti itu datang, bersikaplah tenang dan berhentilah untuk saling menyalahkan. Tarik diri Anda dari kemelut, pergilah ke luar rumah dan hiruplah udara yang bersih sambil mengenang masa-masa indah yang sudah Anda alami berdua.

  • Bersepakat untuk menyelesaikan cekcok

  • Segala kekurangan yang dimiliki Anda berdua memang sering menimbulkan cekcok dalam rumah tangga. Sering membuat naik pitam, jengkel, sedih dan merasa kurang senang diantara kedua belah pihak. Bagaimana Anda mengatasi masalah itu? Jalan yang terbaik adalah jangan ragu mengungkapkan kelemahan dan kelebihan pasangan. Lakukan dengan kasih dalam membicarakan hal tersebut demi menjaga cinta Anda berdua. Anda berdua harus bersikap fleksibel dan tidak kaku dalam melakukan perubahan. Segera sepakati keputusan bersama-sama sampai selesai agar tidak ada dendam di kemudian hari. Bukanlah hal mudah untuk melakukan perubahan tetapi dengan niat yang tulus dari Anda berdua semuanya dapat teratasi.

  • Guna terciptanya rasa nyaman dan damai untuk bersatu mengarungi kehidupan pernikahan, ingatlah sebuah peribahasa yang mengatakan 'bersatu kita teguh bercerai kita runtuh'. Bersama-sama, Anda berdua berjuang untuk mewujudkan pernikahan yang langgeng.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Nasihat Perkawinan yang Langgeng

Perasaan kasih sayang dan kehangatan antara dua sejoli yang sedang kasmaran menjadi dambaan dari setiap pasangan. Hubungan kasih mesra yang diikat dalam pernikahan merupakan bagian terpenting dalam perjalanan kehidupan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr