7 Tips Memiliki Rumah yang Aman bagi Anak Batita

Kebiasaan anak kecil usia batita (bayi tiga tahun) adalah senang untuk beraktivitas. Sebaiknya lakukan beberapa perubahan di rumah Anda agar aman bagi anak batita untuk dapat menyalurkan rasa ingin tahunya.

2,985 views   |   0 shares
  • Kebiasaan anak kecil usia batita (bayi tiga tahun) adalah senang untuk beraktivitas. Mereka memang lagi doyan-doyannya menjelajah dunia dan isinya. Segala macam benda ingin selalu diraihnya dan sibuk menjelajahi tempat yang baru. Hal ini disebabkan rasa ingin tahu dan ingin mencoba segala sesuatu pada dirinya begitu besar. Dan sering kali ia tidak tahu bahaya yang akan menimbulkan cedera padanya. Tidak heran bila orang tua lantas sibuk melarang ini dan itu, atau bahkan marah pada si anak. Orang tua tidak menyadari bahwa sering melarang anak membuatnya tidak berkembang. Sebaiknya lakukan beberapa perubahan di rumah Anda agar anak batita ini dapat menyalurkan rasa ingin tahunya dengan aman. Persiapkan beberapa pengaman agar tidak menimbulkan cedera bagi anak tersebut ketika ia berjalan, berlari atau melakukan kegiatannya. Tips di bawah ini akan menciptakan rumah yang aman bagi anak Anda.

  • 1. Rumah bebas dari benda 'aneh'

  • Rasa ingin tahu yang besar dari anak batita seperti senang melihat benda yang aneh seperti pajangan kristal yang berkilauan menarik mata si kecil. Keinginan untuk mendekati dan mengamati sering membuatnya ingin meraih benda tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu meletakkan benda-benda di tempat yang aman di mana anak batita tidak bisa meraihnya. Yang terbaik adalah hindari benda-benda pajangan yang mudah pecah tersebut jauh dari jangkauannya.

  • 2. Rumah bebas dari benda tajam

  • Bebas dari benda tajam semisal pisau dan peralatan pertukangan, ataupun benda-benda lain yang dapat membahayakan anak Anda. Meja dan kursi yang berujung runcing harus dihindari karena saat ini anak Anda senang untuk berlari dan melompat ke sana ke mari. Sering kali kepala si anak terjatuh dan tertusuk salah satu dari benda-benda tersebut. Halaman rumah biasanya ada banyak pot tanaman, hindari bahaya bagi anak dari tanaman yang berduri dan beracun.

  • 3. Rumah bebas bahan kimia

  • Biasanya dalam sebuah rumah disediakan bahan-bahan pembersih lantai dan kamar mandi serta obat semprotan nyamuk dan serangga. Bila Anda mempunyai anak kecil, jauhkan bahan-bahan kimia dari jangkauan mereka. Rasa ingin tahu seorang anak adakalanya menimbulkan bahaya bagi dirinya. Sebaiknya taruh di tempat yang aman jauh dari anak Anda. Hal ini termasuk pula produk-produk perawatan dan obat-obatan yang berbahan kimia.

  • 4. Rumah bebas peralatan listrik

  • Setiap rumah pasti memiliki stop kontak untuk memakai peralatan listrik. Letakkan stop kontak Anda pada tempat yang tinggi atau yang memakai penutup. Banyak tempat yang menaruh stop kontak di bawah. Perlu Anda perhatikan dan cegah bila sering beraktivitas di dekat stop kontak. Beberapa anak sering melakukan hal itu karena rasa ingin tahu lalu memasukkan jarinya ke dalam alat tersebut.

  • Advertisement
  • 5. Rumah yang ada pintu dan pagar

  • Tutuplah pintu dapur Anda karena banyak benda-benda panas yang berbahaya bagi anak. Bila di rumah Anda mempunyai tangga, buatlah pintu agar anak tidak naik turun dan bermain di sana. Bagi mereka yang mempunyai kolam renang perlu diberi pagar pengaman dan pintu karena banyak pengalaman terjadi kecelakaan yang menimpa anak meninggal tenggelam tanpa diketahui oleh orang tuanya. Untuk tempat tidur anak, berikan 'pagar' pengaman dan jangan menggunakan ranjang bertingkat. Beberapa keluarga memiliki kamar terhubung dengan anak. Ingat untuk tidak mengunci pintu penghubung agar Anda bisa memantau keadaannya dan memudahkan anak untuk menjangkau Anda.

  • 6. Rumah yang terkunci

  • Semua lubang kunci harus bebas dari anak kunci agar anak Anda tidak memainkannya yang bisa berakibat dirinya terkunci di suatu ruangan. Dan ada baiknya juga pintu rumah, pagar dan juga garasi selalu dalam keadaan terkunci. Apabila rumah Anda tidak mempunyai pagar, jangan sampai anak lari ke jalan hingga dapat menimbulkan bahaya bagi dirinya. Sering kali banyak ibu meninggalkan anak tertidur dan terkunci di dalam rumah. Hindari kebiasaan itu karena dapat menimbulkan masalah bagi anak.

  • 7. Rumah yang kering

  • Kebanyakan rumah saat ini memiliki kamar mandi yang selalu basah dan licin, hindari anak bermain tanpa pengawasan orang tua karena mereka bisa terjatuh membentur lantai atau bak mandinya. Keluarga mampu yang memiliki bak mandi rendam jangan membiarkan bak mandi itu diisi air untuk mencegah anak bermain di tempat tersebut. Dan penting sekali untuk selalu menutup pintu kamar mandi setelah Anda gunakan.

  • Pencegahan adalah baik untuk menghindari cedera pada anak. Untuk memastikan anak batita Anda menyalurkan rasa ingin tahunya yang begitu besar, sudah saatnya Anda menjaga dan memastikan keamanan di dalam rumah Anda.

Bantu kami menyebarkan

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

7 Tips Memiliki Rumah yang Aman bagi Anak Batita

Kebiasaan anak kecil usia batita (bayi tiga tahun) adalah senang untuk beraktivitas. Sebaiknya lakukan beberapa perubahan di rumah Anda agar aman bagi anak batita untuk dapat menyalurkan rasa ingin tahunya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr