Cara Bijaksana Membagi Kesuksesan Kita kepada Orang Lain

Seorang pemimpin dikatakan berhasil bukan karena ditakuti melainkan karena ia diikuti. Sangat penting bagi Anda untuk mengajarkannya kepada orang lain melalui perilaku yang benar.

1,611 views   |   2 shares
  • Kesuksesan seseorang diawali dengan hal yang sederhana yaitu bahwa setiap perkataan harus sesuai dengan tindakannya. Dengan demikian, cara terbaik untuk menilai karakter seseorang adalah bagaimana ia konsisten pada perkataannya. Tidak hanya dalam urusan bisnis dan hubungan persahabatan, bahkan kehidupan sehari-hari pun Anda pasti tidak mau menjalin hubungan dengan seseorang yang selalu ingkar janji. Setiap orang mendambakan kesuksesan. Hal itu tidak datang begitu saja. Perlu ada usaha yang terus menerus untuk mencapainya.

  • Pusatkan pikiran

  • Senantiasa pusatkan pikiran untuk saat ini dan lupakan masa lalu. Kini saatnya Anda untuk berpikir ke depan keberhasilan masa lalu bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kembali meraih hal itu. Dalam usaha untuk meraih keberhasilan di masa depan, jangan terjebak dalam kehidupan di masa lampau. Pusatkan pikiran Anda pada harapan dan keinginan untuk berhasil saat ini dan ke depannya berjuanglah dengan penuh keyakinan.

  • Belajar dari pengalaman

  • Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan entah besar atau kecil. Memang sering kali kesalahan menimbulkan suatu masalah, namun bukan berarti Anda tidak boleh salah atau tidak akan pernah salah. Justru kesalahan adalah guru yang baik agar Anda dapat belajar menjadi manusia yang lebih bijak. Berbuat salah adalah manusiawi. Tetapi bukan berarti berbuat salah terus menerus adalah wajar, Jangan mengabaikan suatu kesalahan tanpa berusaha untuk memperbaikinya. Masalah kecil yang diabaikan suatu saat akan menjadi besar. Lakukanlah yang terbaik bila Anda melakukan suatu tugas atau pekerjaan. Jangan biarkan ada celah untuk membuat kekeliruan yang tidak perlu. Ingatlah selalu bahwa Anda perlu belajar dari kesalahan.

  • Kerendahan hati

  • Kerendahan hati Anda adalah kunci agar dapat menjadi orang yang berhasil dengan memperbaiki diri. Orang yang mau ditegur, dinasihati, dan mau belajar dari orang lain adalah ciri orang yang sukses. Meniti karir dari posisi paling rendah bukanlah masalah bagi Anda yang ingin sukses. Karena itu tidak jarang orang yang ingin berhasil mau memulai dari bawah. Bahkan kebanyakan orang kaya dan sukses memiliki kisah hidup yang memprihatinkan saat memulai usahanya. Kuncinya adalah Anda tidak mempertahankan rasa gengsi. Menjadi sombong dan mempertahankan gengsi adalah sifat negatif yang dapat mencegah keberhasilan Anda. Jadi, senantiasalah belajar untuk meningkatkan kemampuan pribadi.

  • Semangat kerja

  • Ada banyak orang hanya bersemangat di depan ketika melakukan suatu usaha, setelah berhadapan dengan masalah atau karena tidak sabar akhirnya ia mulai mundur dan tidak bersemangat lagi. Anda tidak dapat berhasil bila bekerja setengah-setengah. Hal ini adalah salah satu cara untuk membuktikan kepada orang di sekitar tentang siapa diri Anda. Mereka akan menyadari bahwa hidup di dunia ini, tidak akan berarti jika Anda tidak melakukan sesuatu yang berguna bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain. Jangan sia-siakan waktu dan kesempatan Anda. Selesaikanlah semua pekerjaan Anda hingga memperoleh hasil. Ingat, jangan hanya mengukur hasil yang Anda peroleh dengan kepuasan materi, uang, dan harta kekayaan. Namun tetap menghasilkan karya yang bermanfaat bagi orang lain itulah kesuksesan sejati.

  • Advertisement
  • Koreksi diri

  • Kebanyakan orang tidak dapat menerima kritikan, akhirnya mereka tidak dapat berhasil sebagai pegawai atau pemimpin perusahaan bahkan sebagai kepala keluarga. Jika Anda sudah merasa benar dan tidak lagi mau menerima kritikan, itu sama artinya dengan Anda berhenti maju. Terimalah kritikan sebagai masukan yang baik untuk mengoreksi diri dan menjadi orang yang lebih baik karena Anda sering kali tidak menyadari dan tidak dapat melihat kesalahan sendiri, tetapi orang lain dapat melihatnya. Terbukalah untuk dikritik, namun jangan biarkan kritik mematahkan semangat Anda. Semakin tinggi pohon semakin kencang pula angin yang menerpanya. Kuatkan diri Anda dan manfaatkan teguran dan kritik pedas dari orang lain sebagai bahan memperbaiki diri.

  • Menjadi contoh

  • Jika Anda ingin orang lain melakukan apa yang Anda minta, berikan contohnya kepada mereka lewat ucapan dan tindakan. Bilamana Anda ingin berhasil di dalam hidup, belajarlah dari seseorang yang berhasil dalam kehidupannya. Berikanlah contoh dengan perbuatan dan karakter yang Anda perlihatkan. Seorang pemimpin dikatakan berhasil bukan karena ditakuti melainkan karena ia diikuti. Sangat penting bagi Anda untuk mengajarkannya kepada orang lain lewat perilaku yang benar.

  • Ketahuilah bahwa kesuksesan bukanlah milik orang yang tidak pernah gagal, melainkan milik orang yang tidak pernah menyerah.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Cara Bijaksana Membagi Kesuksesan Kita kepada Orang Lain

Seorang pemimpin dikatakan berhasil bukan karena ditakuti melainkan karena ia diikuti. Sangat penting bagi Anda untuk mengajarkannya kepada orang lain melalui perilaku yang benar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr