Tips Menghibur Anak dengan Anggaran Terbatas

Bagaimana orang tua dapat memastikan anak-anak mereka mendapatkan masa kecil yang bahagia tanpa membuat dompet orang tua menderita?

2,848 views   |   3 shares
  • Orang tua yang baik tahu bahwa membesarkan anak bukan hanya sekadar memberi makan dan mengirim mereka ke sekolah. Orang tua juga berkewajiban untuk menghibur anak dan memastikan bahwa mereka memiliki masa kecil yang bahagia. Tugas menghibur anak semakin sulit dan mahal akhir-akhir ini dengan maraknya permainan elektronik dan online di pasaran. Bagaimana orang tua dapat memastikan anak-anak mereka mendapatkan masa kecil yang bahagia tanpa membuat dompet orang tua menderita? Berikut adalah beberapa tips menghibur anak dengan anggaran terbatas:

  • Kegiatan di luar ruangan

  • Ada banyak kegiatan di luar ruangan yang akan menghibur anak-anak selama berjam-jam dan tidak membutuhkan banyak uang, antara lain:

    • Bermain di pekarangan rumah. Apabila Anda beruntung memiliki pekarangan rumah, manfaatkanlah sebagai tempat bermain anak-anak. Anda dapat mengajarkan anak-anak cara bermain petak umpet, lompat tali dan galasin. Apabila Anda tidak punya pekarangan di rumah seperti kebanyakan penduduk perkotaan, Anda dapat mengajak anak-anak pergi ke lapangan bermain terdekat dan mengajarkan mereka untuk bermain layangan atau kasti.

    • Menjelajahi taman setempat. Apabila anak-anak bosan dengan taman yang itu-itu saja, ajaklah mereka ke taman-taman lainnya dan minta mereka berpura-pura menjadi kritikus taman. Pekerjaan seorang kritikus taman adalah menemukan kelebihan dan kekurangan dari sebuah taman, membandingkannya dengan taman-taman lainnya, kemudian memberikan nilai untuk taman tersebut. Anak-anak juga dapat membuat nominasi taman, seperti taman dengan permainan anak terbanyak, taman yang paling luas, taman yang paling bersih, dan seterusnya.

    • Mengunjungi kolam renang terdekat. Kolam renang terdekat dapat menjadi sama menyenangkannya dengan water park yang harganya jauh lebih mahal apabila Anda melakukan persiapan yang matang. Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup, ban renang, dan mainan air agar anak-anak dapat bersenang-senang di kolam renang.

    • Piknik. Sesekali siapkan sekeranjang bekal makan siang dan minuman jus segar dan ajaklah anak-anak pergi piknik di taman terdekat atau bahkan di pekarangan rumah sendiri. Jangan lupa membawa tikar lipat agar Anda sekeluarga dapat tidur-tiduran sejenak memandangi langit dan pepohonan setelah makan siang besar.

    • Ke pantai atau danau. Ajaklah anak-anak ke pantai atau danau di kota Anda. Bagi penduduk Jakarta, Anda dapat pergi ke Pantai Carita. Bagi penduduk Bogor, Anda dapat pergi ke Situ Gede. Terkadang kita menyepelekan tempat wisata di kota sendiri. Cari tahu apa saja wisata air di kota Anda. Anda mungkin akan terkejut melihat bahwa tempat seindah itu terletak di kota Anda sendiri.

    • Wisata museum. Kebanyakan museum memiliki harga tiket masuk yang sangat murah dan bahkan ada yang gratis. Kebanyakan museum juga bukan di akhir pekan, menjadikannya sempurna untuk menghabiskan waktu bersama anak, selain menyenangkan juga mendidik.

  • Advertisement
  • Kegiatan di dalam ruangan

  • Selain di luar ruangan, berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk menghibur anak-anak ketika di luar sedang hujan atau Anda hanya ingin menghabiskan waktu di dalam rumah saja:

    • Membuat keterampilan tangan, seperti origami atau boneka jari dari kain perca.

    • Bernyanyi dan menari. Ini bisa semakin seru apabila disc lagu anak-anak diputar di televisi.

    • Memasak bersama. Ajarkan anak-anak cara memasak sederhana, misalnya membantu membuat nasi goreng atau membuat kue bolu. Apabila anak Anda masih sangat kecil, ingatkan mereka untuk tidak bermain dengan api atau pisau.

    • Percobaan ilmiah. Anda dapat mengajarkan kepada anak-anak bahwa ilmu pengetahuan sangat menyenangkan dengan melakukan percobaan ilmiah sederhana. Tidak perlu melakukan percobaan ilmiah yang rumit. Anda dapat bereksperimen mencampurkan air dan minyak atau mencari tahu apakah telur mengapung atau tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.

    • Permainan papan. Anda dapat mengajarkan kepada anak-anak cara bermain Monopoli atau ular tangga. Selain itu ada permainan catur untuk anak remaja Anda. Kemudian ada banyak permainan kartu yang mudah dan seru, seperti cangkulan, poker, atau kartu domino.

    • Permainan tradisional. Jangan lupa untuk mengajarkan permainan tradisional kepada anak-anak, seperti congklak, bekel, atau gundu (kelereng).

    • Menggambar dan mewarnai. Jadikan kegiatan menggambar lebih menarik dengan menantang anak-anak untuk menggambar wajah satu sama lain. Anda mungkin akan terkejut melihat bakat dan kreativitas anak-anak Anda.

    • Membaca buku bersama. Bagi banyak anak, kenangan masa kecil terindah mereka adalah ketika mereka mendengarkan dongeng dari ayah atau membaca buku cerita bersama ibu. Membaca bersama mengajarkan anak-anak untuk memusatkan perhatian, mendengarkan secara saksama, bersabar menunggu giliran, menggunakan imajinasi, dan berkomunikasi dengan lancar.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Tips Menghibur Anak dengan Anggaran Terbatas

Bagaimana orang tua dapat memastikan anak-anak mereka mendapatkan masa kecil yang bahagia tanpa membuat dompet orang tua menderita?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr