Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sedini Mungkin

Satu-satunya waktu yang lebih baik selain ketika anak kita baru lahir untuk memulai menabung dana pendidikan anak adalah ketika kita baru menikah dan memutuskan untuk memiliki anak.

10,721 views   |   28 shares
  • Satu-satunya waktu yang lebih baik selain ketika anak kita baru lahir untuk memulai menabung dana pendidikan anak adalah ketika kita baru menikah dan memutuskan untuk memiliki anak. Jika hal tersebut tidak terjadi, mari kita mulai serius dan mencari cara bagaimana untuk memulai menabung dana pendidikan anak kita.

  • Meskipun Anda tidak menyisihkan uang untuk dana kuliah, anak Anda dapat tetap kuliah, namun dia akan memiliki pilihan yang terbatas (kecuali jika anak Anda memiliki nilai yang sangat baik). Anda dapat memberikan banyak pilihan dengan kontribusi kecil untuk dana kuliah dari waktu ke waktu. Jika Anda ingin memastikan anak Anda dapat masuk ke setiap perguruan tinggi yang dia inginkan di dunia ini, persiapkanlah diri Anda.

  • Untuk setiap sepuluh juta rupiah yang Anda inginkan untuk membantu anak Anda membayar biaya kuliahnya pada ulang tahunnya yang ke-18, Anda akan perlu menabung kira-kira Rp29.000/bulan (dengan asumsi setiap 5 % bunga yang akan kembali, di mana Anda dapat peroleh di banyak reksa dana yang berinvestasi pada media korporasi berjangka). Perlu diingat, bahwa inflasi dalam biaya kuliah telah berjalan jauh di tingkat inflasi yang lebih luas selama 2 generasi terakhir. Adalah hal yang cerdas jika berencana pada perubahan tersebut.

  • Adalah hal yang sulit untuk mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan, namun dekat di atas batas, adalah masuk akal jika Anda berharap atau berpikir untuk membayar sekitar 30 juta rupiah untuk biaya pendidikan kuliah ketika anak Anda berusia 18 tahun, berarti Anda diharuskan untuk menabung sekitar 30 X Rp29.000 atau sama dengan sekitar Rp870.000 / bulan.

  • Anda mungkin, sebaiknya berencana agar anak Anda tetap tinggal di rumah dan mengikuti pendidikan kuliah di perguruan tinggi di dekat rumah Anda dengan menghilangkan biaya kamar kos dan akomodasi lainnya maka Anda dapat mengurangi pengeluaran secara drastis. Tergantung pada sekolah dan lokasi daerah rumah Anda, Anda mungkin dapat mengurangi biaya kuliah selama 4 tahun untuk biaya kuliah, buku, dan biaya-biaya lain sekitar 50 juta rupiah. Di mana membutuhkan Anda untuk menabung hanya 5 X Rp 29.000 = sekitar Rp145.000/bulan.

  • Jika Anda tidak dapat menabung sebanyak jumlah tersebut, menabunglah yang Anda bisa. Bahkan jika Anda hanya dapat menabung Rp58.000/bulan untuk jangka waktu 18 tahun ke depan akan menghasilkan tabungan sebanyak kurang lebih Rp125.000.000. Jika Anda menggabungkan dana tersebut dengan anak Anda yang akan tinggal di rumah, kebutuhan kuliah berdasarkan beasiswa, pekerjaan paruh waktu, Anda dapat melihat bahwa Anda mungkin akan dapat untuk mendanai biaya kuliah anak Anda tanpa harus mengajukan pinjaman uang. Jangan jatuh ke dalam perangkap dengan asumsi bahwa Anda dapat dan akan meminjam dana apa pun untuk membiayai kuliah anak Anda ketika hari itu tiba. Bagaimanapun beban hutang dapat memberatkan siapa pun juga.

  • Advertisement
  • Jika Anda perlu untuk meminjam sedikit untuk menutupi kekurangan dana antara tabungan, atau sumber pendapatan lainnya (hibah, beasiswa, kerja paruh waktu dan pada waktu liburan) dengan biaya pengeluaran untuk kuliah, hal tersebut adalah wajar. Meminjam 10 sampai 20 persen dari seluruh biaya kuliah seharusnya tidak akan merusak dana pensiun atau kehidupan anak Anda. Berpikir tentang pinjaman dan kuliah sebagai alternatif terakhir jika tidak ada jalan lain. Jangan biarkan pinjaman kuliah menjadi cara untuk membayar kuliah Anda.

  • Dengan memulai rencana tabungan ketika masih kecil, Anda dapat memberikan anak Anda pilihan yang lebih baik untuk pendidikan perguruan tinggi ketika dia berusia 18 tahun.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Set up your child's college fund when she's a newborn" karya Devin Thorpe.

Baca, hidupkan, bagikan!

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sedini Mungkin

Satu-satunya waktu yang lebih baik selain ketika anak kita baru lahir untuk memulai menabung dana pendidikan anak adalah ketika kita baru menikah dan memutuskan untuk memiliki anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr