Tips Bahagia Saat Bekerja

Bekerja di kantor sebenarnya dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan dan patut dipertahankan, tidak hanya demi mendapatkan gaji atau mengejar promosi jabatan, tetapi juga untuk mewujudkan pemenuhan potensi diri.

2,260 views   |   0 shares
  • Bekerja di kantor atau yang disebut juga pegawai kantoran sering kali dianggap sebagai pekerjaan yang kurang menyenangkan apabila dibandingkan dengan pekerjaan lapangan, freelance, atau berwirausaha. Banyak penyebab stres yang melanda pegawai kantoran, misalnya dikejar-kejar deadline, memiliki bos yang galak, mendapatkan tugas yang tidak sesuai dengan job description, lokasi kantor yang jauh dari rumah, kemacetan lalu lintas, serta ketidakcocokan dengan rekan kerja.

  • Bekerja di kantor sebenarnya dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan dan patut dipertahankan, tidak hanya demi mendapatkan gaji atau mengejar promosi jabatan, tetapi juga untuk mewujudkan pemenuhan potensi diri. Berikut adalah beberapa saran agar Anda merasa bahagia saat bekerja di kantor:

  • 1. Buatlah rencana kerja

  • Buatlah sebuah rencana kerja yang berisi jadwal atau rutinitas kerja Anda sehari-hari. Mulai dari jam berapa Anda tiba di kantor, berapa lama waktu untuk bekerja, dan tugas apa saja yang akan Anda kerjakan dan mudah-mudahan terselesaikan dalam waktu sehari, seminggu, dan seterusnya. Dengan membuat persiapan seperti ini sebelum Anda memulai hari kerja, Anda akan bersemangat bekerja dan lebih terarah dalam melakukan tugas-tugas Anda di kantor. Bekerja sesuai rencana yang telah Anda buat akan memberikan rasa puas karena Anda berhasil menyelesaikan tugas-tugas di kantor. Anda akan mengurangi stres yang disebabkan oleh pekerjaan yang menumpuk dan perasaan dikejar-kejar deadline.

  • 2. Banyak bergerak

  • Anda mungkin tidak punya banyak waktu untuk bergerak apalagi berolahraga ketika Anda memilih untuk menjadi pegawai kantoran. Bekerja di kantor dianggap sebagai pekerjaan yang membosankan dengan berjam-jam duduk di bilik kerja masing-masing sambil menatap layar komputer. Duduk berjam-jam seperti ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Ketika di kantor, sempatkan untuk bergerak, misalnya mengambil segelas minum dari pantry, menghampiri rekan kerja untuk berbincang-bincang sejenak alih-alih mengirim surel atau meneleponnya, dan menggunakan tangga alih-alih lift.

  • 3. Banyak minum air

  • Kebanyakan kantor memiliki sistem pendingin ruangan yang diatur cukup dingin sehingga membuat pegawai kantoran secara tidak sadar merasa tidak haus. Namun, Anda tetap perlu minum air secara teratur. Hindari terlalu banyak minum kopi dan perbanyaklah minum air putih demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

  • 4. Hindari camilan yang tidak menyehatkan

  • Advertisement
  • Terkadang untuk mengusir kantuk atau hanya karena iseng, Anda menyiapkan makanan kecil di meja untuk Anda makan sambil bekerja. Pastikan pilihan camilan Anda menyehatkan, seperti buah-buahan segar atau kacang-kacangan rebus. Camilan seperti keripik atau gorengan memang menggugah selera, tetapi sangat berbahaya bagi lingkar pinggang Anda.

  • 5. Menjalin pertemanan dengan rekan kerja

  • Bertemanlah dengan rekan kerja Anda. Tidak hanya karena Anda harus bertemu dengan mereka setiap hari, tetapi mereka juga dapat membantu Anda mengerjakan tugas-tugas Anda dengan senang hati apabila Anda bersikap baik dan ramah kepada mereka. Anda juga akan menjadi lebih termotivasi untuk pergi kerja karena akan bertemu dan berbincang-bincang dengan rekan kerja Anda.

  • Tentu saja ada kalanya Anda tidak dapat berteman dengan semua orang di kantor karena ada konflik atau ketidakcocokan lainnya. Itu tidak apa-apa. Anda perlu menyadari bahwa Anda tidak dapat mengubah rekan kerja Anda. Satu-satunya yang dapat Anda ubah adalah bagaimana Anda menyikapinya. Bersikaplah sopan dan profesional kepada semua orang di kantor. Hindari bergosip, membentuk kubu, atau mengucilkan rekan kerja yang kurang disukai.

  • 6. Belajar berkata tidak

  • Ketika Anda berteman baik dengan rekan kerja atau ingin mendapatkan perhatian dari atasan, Anda akan cenderung untuk membantunya ketika dia meminta bantuan Anda. Namun, terkadang Anda harus belajar berkata tidak ketika dimintai bantuan oleh teman atau atasan Anda, apalagi ketika pekerjaan Anda sendiri sudah menumpuk dan bantuan yang diminta Anda rasa dapat dilakukannya sendiri atau sama sekali tidak berhubungan dengan job desc Anda. Katakan tidak dengan tegas tetapi tetap sopan dan berikan alasan yang masuk akal, misalnya Anda tidak bisa menemaninya kerja lembur akhir pekan ini karena Anda sudah ada rencana bersama keluarga.

  • 7. Jangan bawa urusan rumah ke kantor dan sebaliknya

  • Ketika Anda sedang menghadapi masalah di rumah, misalnya bertengkar dengan istri/suami atau terlibat utang pribadi, jangan bawa masalah itu ke tempat kerja karena akan memengaruhi kinerja kerja Anda. Sebaliknya, usahakan untuk tidak membawa urusan kantor ke rumah, misalnya bekerja lembur dari rumah atau marah-marah kepada seisi rumah setelah ditegur oleh atasan di kantor. Keluarga Anda tidak pantas menerima hukuman atas kelalaian Anda di tempat kerja. Bersikaplah profesional di tempat kerja dan bersikaplah sebaik mungkin di rumah sendiri.

  • Advertisement
  • 8. Pertahankan sikap positif

  • Terkadang bekerja di kantor bisa membuat bosan atau jenuh. Terkadang Anda melihat rekan kerja mendapatkan promosi jabatan atau kenaikan gaji, dan bertanya-tanya kapan Anda akan mendapatkan promosi atau kenaikan gaji yang Anda idam-idamkan. Terkadang Anda melihat freelancer yang memiliki banyak waktu luang, bekerja dari rumah dengan pakaian tidur, tetapi mendapatkan bayaran yang lebih besar daripada gaji bulanan Anda. Tetaplah berpikir positif ketika Anda merasa bosan menjadi pegawai kantoran. Kembangkan sikap bersyukur bahwa Anda masih diberi kesempatan untuk bekerja (berkarya dan berprestasi) sementara banyak orang di luar sana masih mencari-cari pekerjaan. Jangan lupa untuk sesekali memberi penghargaan kepada diri Anda sendiri atas pencapaian Anda di tempat kerja untuk memotivasi diri sendiri agar bekerja lebih giat lagi.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Tips Bahagia Saat Bekerja

Bekerja di kantor sebenarnya dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan dan patut dipertahankan, tidak hanya demi mendapatkan gaji atau mengejar promosi jabatan, tetapi juga untuk mewujudkan pemenuhan potensi diri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr