Jangan Mandi Malam-Malam

Rematik adalah sebuah kata yang populer untuk menyebutkan penyakit tulang yang sering banyak orang rasakan.

77,491 views   |   74 shares
  • "Jangan mandi malam-malam," nasihat ini sering diberikan orang tua tempo dulu kepada anak-anaknya, "nanti rematik." Betulkah itu? Rematik adalah sebuah kata yang populer untuk menyebutkan penyakit tulang yang sering banyak orang rasakan. Padahal ada begitu banyak macamnya, dari yang hanya menyebabkan rasa ngilu di tulang sampai yang dapat berakibat fatal seperti lupus. Di bawah ini dapat Anda baca beberapa hal tentang penyakit rematik, dari asal-muasal, sampai cara mencegahnya.

  • Penyebab

  • Tentu saja segala penyakit boleh disalahkan kepada sumber yang satu ini, genetik yaitu keturunan dari orang tua. Tetapi selain itu ada pula berbagai macam penyebabnya. Menurut penelitian para ahli, salah satu penyebab dari rematik adalah kekurangan vitamin D. Masuk akal, karena vitamin ini membantu tulang menyerap kalsium sehingga menjadi kuat. Kira-kira ada satu miliar orang di dunia ini yang kekurangan vitamin D. Bahkan di negara makmur seperti AS 70% penduduknya kekurangan vitamin D. Satu dari lima orang dewasa di AS menderita sejenis penyakit rematik. Obat rematik justru dapat menyebabkan kurangnya penyerapan vitamin D pada tulang. Namun dokter dapat menyesuaikan ini dengan memberikan vitamin D lebih banyak.

  • Cara mengetahuinya

  • Kita dapat mengetahui bahwa tubuh kita kekurangan vitamin D antara lain dengan meminta dokter melakukan tes 25-hidroxy vitamin D. Bila Anda merasa sering mengalami pegal linu pada otot, tulang dan sendi, mungkin Anda perlu menjalani tes ini.

  • Pencegahan

  • Sinar matahari mengandung banyak vitamin D. Lalu apakah kita harus berjemur setiap hari di sinar matahari supaya mendapat cukup banyak vitamin D? Tidak usah, salah-salah bisa kena kanker kulit. 15 menit berjemur di bawah sinar matahari sudah memberikan 20.000 IU, jumlah yang kita perlukan dari vitamin ini. Tentu saja jumlah ini tidak akan kita dapat bila hari mendung atau bila kita memakai krim pelindung kulit. Asupan vitamin D juga dapat diperoleh jika kita makan ikan laut yang berminyak seperti salmon, mackerel (sarden) dan tuna. Jamur dan kuning telur juga banyak mengandung vitamin D. Selain makanan pil-pil vitamin D juga banyak dijual di toko. Karena memudahkan tulang menyerap kalsium vitamin D membantu mencegah tulang keropos. Selain itu juga berkhasiat untuk membuat suasana hati riang. Di negara-negara yang mempunyai 4 musim banyak orang merasa murung di musim dingin atau winter blues akibat tidak banyak mendapatkan sinar matahari. Mereka ke luar rumah dengan mengenakan berlapis-lapis baju yang tentunya mencegah terserapnya vitamin D.

  • Advertisement
  • Dua jenis penyakit rematik yang umum

  • 1. Rematik tulang

  • atau osteoarthritis dengan gejala rasa sakit, linu, kaku dan peradangan yang sering terjadi pada pinggul, lutut, dan tangan.

  • 2. Rematik sendi

  • atau rheumatoid arthritis seringnya menyerang tangan dan pergelangan, namun juga bisa menyerang bagian tubuh mana saja selain persendian.

  • Meskipun ada perbedaan antara keduanya namun tidak jarang keduanya memiliki gejala-gejala yang sama, seperti sakit pada sendi-sendi, rasa kaku, peradangan atau pembengkakan. Kadang-kadang penyakit ini membuat Anda sulit beraktivitas. Berbicara dengan dokter dapat membantu Anda menemukan cara lain untuk beraktivitas. Dokter juga dapat mempertimbangkan pengobatan Anda yang sekarang dan mungkin menggantinya dengan cara yang lebih efektif untuk menanggulangi rematik Anda.

  • Rematik dapat mengubah bentuk tulang

  • Berikut adalah pengalaman dari seorang wanita, "Seorang pelanggan di toko tempat saya bekerja dulu menderita rematik yang parah sehingga jari-jari tangan dan kakinya terlipat, tidak dapat diluruskan. Sulit baginya untuk memungut uang receh di meja, dia harus mendorongnya dengan satu tangan ke pinggir meja dan menadahkan tangan yang lain untuk menampungnya. Karena itu saya tidak pernah menaruh uang kembaliannya di atas meja, saya menaruhnya langsung di tangan atau dompetnya. Begitu juga pinggangnya harus memakai ban penahan untuk mengurangi rasa sakit di punggungnya. Untungnya penyakit ini tidak menurun kepada anak-anaknya yang sudah dewasa, mereka tampak sehat-sehat saja."

  • Selain kedua penyakit rematik yang umum, ada jenis rematik yang fatal seperti lupus yang merusak kulit, ginjal, darah, dan kekebalan tubuh serta menimbulkan peradangan pada lapisan paru-paru serta jantung. Penyakit ini tidak boleh diabaikan begitu saja, Anda perlu pergi ke dokter untuk menanggulanginya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Jangan Mandi Malam-Malam

Rematik adalah sebuah kata yang populer untuk menyebutkan penyakit tulang yang sering banyak orang rasakan.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr