Hal Lain yang Perlu Anda Lihat dalam Mencari Pasangan

Dalam memilih pasangan hidup Anda harus selektif, bukan berarti menyarankan Anda untuk menjadi seorang pemilih, melainkan untuk berhati-hati supaya Anda tidak sampai mendapatkan kucing dalam karung.

8,678 views   |   26 shares
  • Harapan bisa menikah satu kali dan untuk seumur hidup adalah impian dari setiap orang. Menikah dengan orang yang paling dicintai juga akan bisa membuat hubungan pernikahan bertahan awet hingga usia senja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Anda yang saat ini sedang mencari pasangan hidup. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam mencari pasangan:

  • 1. Latar belakang keluarganya

  • Ketika memilih pasangan hidup, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tentang latar belakang keluarganya. Faktor keluarga sangat penting karena di dalam keluarganya dia selama ini tumbuh serta dibesarkan, singkatnya bila keluarga dia baik, maka dapat dipastikan dia telah mendapatkan pola asuh yang baik dari kedua orang tuanya. Perhatikan apakah kedua orang tuanya bercerai, terlibat perkara kriminal atau tidak. Bila bercerai, pastikan apakah perceraian orang tuanya berpengaruh besar terhadap perkembangan emosionalnya atau tidak, dan bila orang tuanya pernah tersangkut masalah kriminal pastikan bahwa calon Anda nantinya tidak ikut-ikutan untuk melakukan hal yang sama.

  • 2. Ketahui kekurangan calon pasangan Anda

  • Di awal perkenalan dan berpacaran biasanya yang nampak hanyalah sisi baiknya saja dari pasangan, seakan-akan Anda telah menemukan cinta sejati Anda. Akan tetapi jangan mudah tertipu daya, Anda harus menyelidiki terlebih dahulu siapa sebenarnya orang yang Anda cintai saat ini. Perasaan cinta hendaknya tidak membutakan akal dan pikiran sehat Anda, karena itu terlebih dahulu ketahui kekurangan calon pasangan Anda supaya Anda dapat memastikan apakah Anda bisa menerima kekurangannya atau tidak.

  • 3. Ketahui kebiasaannya

  • Setiap orang memiliki kebiasaan-kebiasaan karena mereka dilahirkan dan dibesarkan di dalam keluarga dan lingkungan serta tradisi yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kebiasaan positif, tetapi tidak sedikit pula yang memiliki kebiasaan negatif. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui dengan baik apa saja yang menjadi kebiasaan-kebiasaan calon pasangan Anda, sekali lagi bila dia memiliki kebiasaan yang buruk, maka sebisa mungkin Anda jangan sampai dibutakan oleh cinta. Mungkin di awal perkenalan Anda masih bisa mentolerir kebiasaan buruknya, tetapi bila hal itu tetap dia lakukan hingga Anda berdua menikah dan belum juga hilang, maka cinta Anda perlahan-lahan kepadanya bisa luntur dan mati bahkan berubah menjadi kebencian.

  • 4. Mengenal karakternya dan kepribadiannya dengan baik

  • Advertisement
  • Dalam memilih pasangan hidup Anda harus selektif, bukan berarti menyarankan Anda untuk menjadi seorang pemilih, melainkan untuk berhati-hati supaya Anda tidak sampai mendapatkan kucing dalam karung. Menjadi seorang pemilih juga tidak ada salahnya karena ini demi kebahagiaan Anda berdua ke depannya. Oleh karena itu, hal terpenting yang perlu Anda lihat dalam mencari calon pasangan hidup adalah mengenai karakter dan kepribadiannya. Pastikan selalu bahwa calon pasangan Anda memiliki karakter dan kepribadian yang baik dan memiliki sopan santun serta budi pekerti. Ketahuilah bahwa kebahagiaan keluarga Anda kelak akan bisa selalu dipertahankan bila Anda bisa menemukan calon pasangan yang demikian.

  • 5. Pekerjaan dan penghasilan

  • Jangan naif, untuk tetap bisa hidup dan bahagia tidak hanya dibutuhkan cinta. Ketahuilah, kesulitan ekonomi sering kali menjadi faktor utama hancurnya sebuah hubungan. Cinta yang dulu pernah membara lama-lama bisa pudar dan berujung dengan saling membenci dan pertengkaran bila sudah berkaitan dengan kesulitan ekonomi. Oleh karena itu, sebelum menemukan calon yang Anda rasa tepat untuk menjadi pendamping Anda, perhatikanlah tentang faktor pekerjaannya. Adalah lebih baik bila keduanya sama-sama bekerja karena dengan cara ini akan membuat sumber pendapatan Anda semakin bertambah.

  • 6. Kejujuran

  • Setiap orang bisa berbuat baik bahkan seorang penjahat sekalipun bisa berbuat baik, akan tetapi tidak semua orang bisa berbuat jujur. Kejujuran adalah sebuah harga mati, melalui kejujurannya seseorang akan bisa dikenali kualitasnya. Oleh karena itu, bila Anda sudah yakin untuk menetapkan calon pasangan hidup yang menjadi pilihan Anda, maka hal terakhir yang perlu Anda uji dari si dia adalah mengenai kejujurannya. Ketahuilah bahwa kejujuran pasangan akan mampu untuk membuat kehidupan pernikahan Anda senantiasa bahagia hingga kapanpun.

  • 7. Pastikan si dia penuh dengan toleransi

  • Apa jadinya bila suatu hari nanti ketika Anda sudah menikah dia mengekang kehidupan Anda serta mengatur segala aktivitas Anda. Meskipun ekonomi Anda mungkin berkecukupan, tetapi bila hidup Anda dibatasi apa yang akan Anda rasakan. Oleh karena itu, di awal perkenalan ini adalah saat yang tepat untuk memahami calon Anda, pastikan bahwa dia memiliki rasa toleran terhadap apapun yang Anda lakukan dan terbuka untuk menerima segala kritik dan saran dari Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Hal Lain yang Perlu Anda Lihat dalam Mencari Pasangan

Dalam memilih pasangan hidup Anda harus selektif, bukan berarti menyarankan Anda untuk menjadi seorang pemilih, melainkan untuk berhati-hati supaya Anda tidak sampai mendapatkan kucing dalam karung.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr