Hal Terbaik Membantu Orang yang Sedang Sedih

Kebanyakan dari semua yang dilakukan seseorang yang sedang sedih memperlihatkan ketidakberdayaan orang itu.

5,135 views   |   shares
  • Kesedihan adalah reaksi spontan yang sifatnya sementara karena tiba-tiba Anda kehilangan seseorang yang Anda kasihi, entah karena kematian, atau meninggalkan Anda oleh sebab lain seperti perceraian atau sedang menjalankan tugas yang berbahaya dan sebab lainnya.

  • Kesedihan adalah bagian dalam kehidupan manusia terlepas dari betapa kuatnya iman seseorang. Misalnya, seseorang yang percaya bahwa ada kehidupan setelah kematian tidak serta merta merasa sukacita bila ditinggal mati oleh orang yang dikasihi. Reaksi spontannya adalah sedih dan duka.

  • Bukankah kalau memang ada kehidupan yang lebih baik setelah kematian secara logika seharusnya seseorang menyambut kematian sebagai alasan untuk bersukacita, karena dia tidak lagi akan mengalami sakit dan penderitaan jasmani lainnya?

  • Itu berarti bahwa kesedihan seseorang berasal dari sisi emosional seseorang, bukan pikiran sadar seseorang. Oleh karena itu, kesedihan hendaknya ditanggapi oleh seseorang yang ingin membantu mereka yang sedang sedih dengan usaha memahami emosi seseorang betapa pun tidak masuk akalnya.

  • Kebanyakan dari semua yang dilakukan seseorang yang sedang sedih memperlihatkan ketidakberdayaan eorang itu.

  • Tidak ada satu tindakan mujarab untuk semua reaksi kesedihan seseorang sama seperti tidak ada satu obat untuk semua penyakit. Nasihat dan wejangan serta bantuan sering kali justru 'mengganggu' dan tidak menolong. Perkataan, "Apa saja yang kamu butuhkan telepon saya" atau "Adakah sesuatu yang lain yang dapat saya bantu?" juga tidak menolong.

  • Menunggu saat seseorang yang sedih mulai meninggalkan kesedihannya adalah yang terbaik sebelum mengajaknya melakukan sesuatu, misalnya liburan atau sekadar menonton bioskop atau jalan-jalan. Memberi mereka waktu dan tempat untuk melampiaskan kesedihan adalah sehat.

  • Ekspresi sedih setiap orang berbeda. Ada yang menangis meraung-raung, ada yang meratap. Kalau menjumpai seseorang yang ekspresi sedihnya adalah menangis, jangan disuruh berhenti, tetapi sediakan bahu Anda untuk tempatnya menangis.

  • Beberapa orang bahkan berbicara panjang lebar meskipun dia tidak mengharapkan lawan bicaranya menanggapinya. Untuk menghibur mereka yang demikian, maka langkah terbaik adalah menyediakan telinga untuk mendengarkan. Ini bukan berarti pura-pura mendengarkan, tetapi mendengarkan dengan tulus dan berusaha memahami perasaannya tanpa tergesa-gesa membuat tanggapan atau wejangan.

  • Sementara yang lain lebih memilih untuk menyembunyikan perasaannya, dan menyimpannya dalam hati. Kelompok ini hanya ingin sendirian. Pergi ke tempat-tempat yang sunyi dan merenunginya. Untuk mereka yang demikian, tentu saja kehadiran Anda akan mengganggu, tetapi bukan tidak mungkin kunjungan sekali-kali secara singkat akan disambut dengan gembira, terutama kalau dilakukan karena rasa persahabatan atau perhatian yang tulus dan tidak ada agenda tersembunyi lain. Yang penting dia memperoleh kesan bahwa dia tidak sendirian dalam menghadapi tantangan hidupnya.

  • Advertisement
  • Ada yang justru mengerjakan sesuatu tanpa kenal waktu. Dia mungkin akan membongkar dan memasang sesuatu terus menerus. Ada yang melukis sepanjang hari. Ada yang membersihkan rumahnya berkali-kali sehari seolah-olah dengan bersihnya rumahnya akan menghapus kesedihannya. Orang-orang demikian akan kehabisan tenaga dan kadang-kadang jatuh sakit. Oleh karena itu, untuk orang yang ingin membantu mereka yang mengekspresikan kesedihannya demikian perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk mengambil langkah pencegahan. Semoga kesedihannya reda sebelum seseorang itu jatuh sakit.

  • Ada yang 'dendam' kepada semua orang karena semua orang dan 'dunia' tidak menaruh perhatian kepadanya. Dunia bereaksi seperti tidak pernah terjadi sesuatu. Mereka yang demikian mengubah kesedihannya menjadi kebencian dan ingin mencari kesalahan orang lain atas hilangnya sesuatu atau seseorang yang dikasihinya. Orang semacam ini akan menjadi rentan terhadap bujukan-bujukan pihak ekstrim. Misalnya, beberapa pelaku bom bunuh diri rela menjadikan dirinya sebagai korban dan penganiaya sekaligus, karena keluarganya atau seseorang yang dekat kepadanya meninggal dunia karena terbunuh oleh peluru nyasar musuh atau serangan militer. Ini adalah sesuatu yang paling sulit, karena ekspresi kesedihannya sekarang berubah menjadi kekerasan. Intervensi mungkin dibutuhkan sebelum ekspresi perasaannya benar-benar mengambil banyak korban.

  • Ada yang makan banyak-banyak. Setiap yang dikunyah dan ditelan sama seperti mengunyah dan menelan kesedihannya. Perilaku semacam ini berbahaya untuk kesehatan seseorang. Sebenarnya perbuatannya didorong oleh keinginan 'menghancurkan' dirinya (self destructive behavior). Melampiaskan kesedihan dengan makanan perlu mendapat perhatian, karena untuk jangka panjang dia akan menyesali dirinya dan sering kali menurunkan berat badannya yang tidak sehat itu tidak mudah. Untuk mereka yang demikian, sebaiknya dilakukan intervensi sebelum terlambat.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Hal Terbaik Membantu Orang yang Sedang Sedih

Kebanyakan dari semua yang dilakukan seseorang yang sedang sedih memperlihatkan ketidakberdayaan orang itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr