Persiapan untuk Keselamatan Ibu Melahirkan

Hal yang paling dinanti oleh tiap pasangan suami istri adalah kehadiran seorang bayi di kehidupan rumah tangga mereka.

3,498 views   |   shares
  • Menurut para ahli survei se-Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat pertama dalam jumlah kematian ibu pada saat melahirkan. Beberapa penyebab terbesar kematian ibu pada saat melahirkan, antara lain perdarahan pada masa persalinan, hipertensi dalam kehamilan, dan terjadinya infeksi di dalam kandungan.

  • Para ahli merekomendasikan supaya pasangan suami istri lebih mempersiapkan segala sesuatunya mulai awal kehamilan hingga waktu kelahiran atau persalinan. Berikut saran-saran yang sangat diutamakan dalam persiapan persalinan:

  • 1. Persiapan penanganan untuk melahirkan

  • Mulai dari awal masa kehamilan, pasangan suami istri harus sudah menyepakati di mana persalinan dilaksanakan, dan kepada dokter ataukah bidan proses persalinan ditangani. Tanyakan kepada dokter ataupun bidan tanggal persalinan supaya dapat mempersiapkan segala kebutuhan seperti menyiapkan biaya persalinan atau jaminan kesehatan, menyiapkan pendonor darah jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

  • 2. Stimulasi gizi terhadap ibu dan janin

  • Stimulasi nutrisi terbaik pada awal masa kehamilan sangatlah mempengaruhi proses pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil dan akan mendukung keselamatan ibu dan janin pada saat persalinan. Dokter menganjurkan pola makanan bergizi untuk ibu hamil seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan daging yang diberikan secara seimbang. Porsi makan ibu harus lebih banyak daripada sebelum hamil. Beri nutrisi tambahan seperti susu kehamilan, pil penambah darah, dan multivitamin. Pilihlah makanan yang tidak berlemak contohnya roti, umbi-umbian, biskuit, dan buah-buahan jika terjadi rasa mual, ingin muntah, atau pada saat kurang nafsu makan. Dokter tidak menganjurkan ibu hamil mengonsumsi jamu-jamu kesehatan, jauhkan dari rokok, minuman keras, serta segala macam obat-obatan kecuali resep dokter maupun bidan.

  • 3. Jadikan pemeriksaan kehamilan sebagai rutinitas

  • Berbagai macam permasalahan pada masa kehamilan itu bisa saja terjadi, tanpa pemeriksaan tiap bulan atau minimalnya empat kali selama masa kehamilan tidak dapat diketahui keganjilan dan permasalahan yang harusnya dibenahi sejak dini. Keluhan-keluhan yang dialami jika menurut Anda itu tidak normal segera periksakan ke pelayanan kesehatan yang sudah ditentukan. Melakukan pemeriksaan hendaknya dilakukan secara rutin pada satu tempat saja karena pihak dokter dapat mengetahui perkembangan janin dan kondisi sang ibu.

  • 4. Beri dukungan moral dan pendampingan

  • Dukungan moral dari orang-orang terdekat sebagai faktor pendukung terhadap ibu hamil untuk dapat lebih antusias dalam melewati masa-masa kehamilannya. Di samping itu, ibu juga dapat terhindar dari bahaya stres yang dapat mengakibatkan gangguan dan gejala-gejala buruk pada kehamilan. Upayakan bagi para suami juga memberikan pendampingan pada saat proses melahirkan karena dengan sentuhan dan belaian hangat dari sang suami dapat membuat suasana nyaman dan tenang bagi si calon ibu.

  • Advertisement
  • 5. Kesiapan mental calon ibu

  • Kesiapan mental sangat dibutuhkan dari awal kehamilan sampai proses melahirkan. Dibutuhkan mental yang kuat pada saat hamil, karena apabila ibu stres dapat menyebabkan kesehatan ibu menurun dan berakibat gangguan pada tumbuh kembang janin. Kondisi mental yang terjaga juga dapat berpengaruh pada kelancaran persalinan karena menambah keyakinan untuk ibu berjuang mengeluarkan bayi dalam rahimnya.

  • 6. Ikuti senam hamil dan pelatihan persiapan kelahiran secara rutin

  • Senam ibu hamil adalah olahraga untuk ibu dalam masa kehamilan dan merupakan rekomendasi para dokter dan bidan dalam memperkecil angka permasalahan dalam proses persalinan. Senam hamil sangat dibutuhkan dalam persiapan melahirkan karena dapat menjaga kondisi fisik tetap bugar sehingga mempermudah proses persalinan.

  • Pelatihan persiapan kelahiran juga harus diikuti karena dapat mempermudah dokter atau bidan dalam memberi aba-aba tentang apa yang harus dilakukan oleh ibu pada waktu persalinan. Kegiatan-kegiatan ini sudah dipersiapkan di setiap tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas.

  • Semoga saran-saran ini membantu Anda dalam menjaga kesehatan ibu dan janin serta dapat mendukung kelancaran proses persalinan. Hal yang paling dinanti oleh tiap pasangan suami istri adalah kehadiran seorang bayi di kehidupan rumah tangga mereka, maka bagi para suami berilah perhatian secara khusus terhadap ibu hamil, karena hidup matinya sang ibu sangat dipertaruhkan dalam hal ini. Berserah kepada Tuhan adalah jalan paling aman pada saat kegelisahan melanda diri Anda, berdoalah dan berilah yang terbaik untuk istri Anda.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Persiapan untuk Keselamatan Ibu Melahirkan

Hal yang paling dinanti oleh tiap pasangan suami istri adalah kehadiran seorang bayi di kehidupan rumah tangga mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr