Ibu adalah Sahabat Terbaik untuk Anak Gadis

Luangkanlah waktu sebanyak-banyaknya untuk bisa setiap saat bercengkrama dengan mereka, dengarkanlah keluh kesahnya, ajari mereka bahwa kasih, persahabatan, solidaritas dan kepedulian tidak akan pernah mengecewakan.

5,849 views   |   11 shares
  • Ayah dan ibu sebagai orang tua memiliki peran penting yang tak terpisahkan, bersama-sama mereka diharapkan mampu saling membantu untuk dapat menciptakan keluarga yang bahagia dan sejahtera, di mana kelak anak-anak akan dapat tumbuh dan dibesarkan secara layak dengan penuh cinta kasih serta perhatian.

  • Meskipun sebagai satu tim yang tak terpisahkan, dalam kenyataannya peran orang tua ibu dan ayah, mereka memiliki tugas serta tanggung jawab masing-masing, mereka juga dibekali dengan kemampuan yang berbeda-beda, sehingga apa yang bisa dilakukan oleh ayah belum tentu ibu dapat melakukannya, dan sebaliknya.

  • Sesuai dengan judulnya, "Ibu adalah Sahabat Terbaik untuk Anak Gadis" kenyataan memang berkata demikian. Seorang ayah tunggal di Amerika suatu kali pernah berkata di acara pernikahan putrinya, "Selama ini, seberapa pun besar saya telah berusaha untuk menjadi ayah yang baik bagi putri saya, hal itu tidak akan pernah bisa menggantikan kasih sayang tulus seorang wanita. Wanita adalah sumber inspirasi bagi seorang anak, hanya wanita yang bisa memahami perasaan wanita."

  • Kini, kepada Anda para ibu di manapun Anda berada, putri Anda adalah mutiara Anda yang paling berharga, namun hal ini bukan berarti mengizinkan Anda untuk mengabaikan putra Anda karena anak-anak Anda adalah harta yang tak ternilai harganya. Akan tetapi, putri Anda memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh putra Anda, karena mereka kelak juga akan menjadi sumber inspirasi bagi anak-anaknya. Teladan Anda para ibu sangat memengaruhi perkembangan emosi serta kepribadiannya. Contoh serta nasihat yang Anda berikan akan menginspirasi kehidupan mereka kelak ketika sudah tumbuh dewasa.

  • Oleh karena itu, apa saja yang seharusnya setiap para ibu perlu lakukan, agar bisa menjadi sahabat terbaik untuk anak gadisnya, supaya mereka kelak dapat tumbuh menjadi pribadi yang luar biasa yang bisa menginspirasi, berikut ulasannya:

  • 1. Ibu harus bisa bertanggung jawab

  • Tunjukkan kepada putri Anda bahwa tanggung jawab bukan hanya tugas para suami. Sebagai seorang ibu Anda juga memiliki peran dan tanggung jawab yang tidak kalah besarnya untuk membimbing serta memastikan seluruh anggota keluarga dalam keadaan baik.

  • 2. Ibu harus sopan dalam bertutur kata

  • Tutur kata yang sopan dan lemah lembut dapat menentramkan hati. Perasaan anak gadis pun demikian, mereka sangat rentan dengan kata-kata kasar. Oleh karena itu, tunjukkanlah teladan Anda di hadapan mereka. Bagaimana Anda sebaiknya bertutur kata dalam keseharian Anda, ini akan membantu mereka untuk melakukan hal yang sama dalam kehidupannya.

  • Advertisement
  • 3. Ibu harus penuh solidaritas serta kepedulian

  • Jadikanlah ibu sebagai sosok makhluk yang penuh pengertian. Anak gadis sangat memerlukan tempat di mana solidaritas dan kepedulian bisa dia dapatkan dan itu hanya ada dalam diri seorang ibu. Luangkanlah waktu sebanyak-banyaknya untuk bisa setiap saat bercengkrama dengan mereka, dengarkanlah keluh kesahnya, ajari mereka bahwa kasih, persahabatan, solidaritas dan kepedulian tidak akan pernah mengecewakan.

  • 4. Ibu harus bisa mengatasi amarahnya

  • Setiap anak, baik laki-laki maupun perempuan, menganggap bahwa ibu adalah makluk yang penuh dengan kesabaran. Ibu adalah sosok penyembuh di mana obat kedamaian hati bisa diperoleh. Oleh karena itu, jangan pernah mengecewakan mereka. Untuk bisa diandalkan oleh mereka, Anda terlebih dahulu harus mampu mengatasi kemarahan Anda.

  • 5. Ibu harus bisa menjadi pemberi nasihat

  • Ketika anak gadis menghadapi masalah kepada siapakah mereka sebaiknya berkeluh kesah? Jawabannya hanya kepada seorang ibu karena hanya pada ibu terdapat sumber nasihat serta kebijaksanaan.

  • 6. Ibu harus bisa menjadi sahabat terbaik

  • Meskipun ayah bisa menjadi sahabat terbaik untuk anak-anaknya, akan tetapi sahabat terbaik untuk anak gadis hanyalah seorang ibu. Ibu akan bisa memahami perasaan putrinya dengan lebih mendalam karena kepekaan ibu tidak ada yang bisa menandinginya.

  • 7. Ibu harus bisa menjaga harga diri

  • Setiap anak gadis harus diajari supaya mereka mampu menjaga harga dirinya, mereka harus tahu bagaimana memperlakukan dirinya dan juga harus tahu bagaimana seharusnya memperlakukan orang lain. Ibu yang memiliki harga diri akan membuat putrinya sangat bangga, sehingga mereka kelak akan memiliki rasa percaya diri yang baik di dalam kehidupannya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Ibu adalah Sahabat Terbaik untuk Anak Gadis

Luangkanlah waktu sebanyak-banyaknya untuk bisa setiap saat bercengkrama dengan mereka, dengarkanlah keluh kesahnya, ajari mereka bahwa kasih, persahabatan, solidaritas dan kepedulian tidak akan pernah mengecewakan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr