Hal-Hal Murah dan Mudah untuk Menaikkan Harga Rumah Kita

Sekecil apapun pendapatan atau upah yang Anda terima, usahakan untuk bisa menabung atau menyisihkannya untuk masa depan Anda.

2,035 views   |   shares
  • Pada era perkembangan jaman yang serba canggih dan modern seperti saat ini, kita harus banyak berinovasi dan berpikir melangkah maju mengikuti arus perkembangan zaman. Jangan berpangku tangan mengharapkan hal-hal yang mustahil. Sekecil apapun pendapatan atau upah yang Anda terima, usahakan untuk bisa menabung atau menyisihkannya untuk masa depan Anda. Dalam hal ini, rumah atau tempat tinggal adalah sesuatu hal yang sangat didambakan bagi setiap keluarga. Untuk mewujudkan sebuah rumah atau tempat tinggal tentunya tidak mudah dan banyak perjuangan yang harus dilalui. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa menaikkan nilai jual rumah Anda:

  • 1. Menentukan lokasi tempat tinggal yang strategis

  • Menentukan lokasi tempat tinggal yang strategis adalah hal yang mendasar untuk investasi jangka panjang. Sebaiknya membeli rumah di dekat jalan raya atau di sekitar lingkungan publik, ini akan membuat harga jual rumah Anda cepat naik, lain halnya membeli rumah di daerah pedesaan yang investasinya lama.

  • 2. Perawatan atap

  • Jika Anda sudah memiliki rumah atau tempat tinggal, perawatan atap memang sepele namun kebiasaan seperti itu tidak dibenarkan. Sebab sebuah rumah jika atapnya dibiarkan dan tidak dirawat pada musim hujan akan mudah bocor dan akan menimbulkan masalah seperti kelapukan pada kayu, cat menjadi kusam dan atap rumah akan menjadi lembab. Ini akan menyusahkan Anda sebagai pemilik rumah. Sebaiknya waktu liburan Anda gunakan seefektif mungkin untuk memeriksa dan membersihkan atap Anda, berjaga-jaga saat musim hujan datang.

  • 3. Mengecat rumah

  • Agar rumah Anda semakin menarik dan enak dipandang, lakukan pengecatan secara berkala, minimal satu tahun sekali. Jangan biarkan rumah Anda tampak kusam dan kotor dikarenakan tembok yang catnya sudah pudar. Pilihlah cat berkualitas baik namun sesuai dengan isi dompet Anda. Sebab cat yang berkualitas sangat berpengaruh pada ketahanan warna pada dinding tembok rumah Anda, dan pilihlah warna yang cerah dan menarik untuk dipandang. Sebelum proses pengecatan bersihkan dahulu kotoran yang menempel pada dinding tembok rumah Anda, agar pada saat pengecatan kotoran tidak ikut menempel pada tembok yang akan Anda cat.

  • 4. Menghiasi rumah dengan tanaman perdu atau bunga

  • Untuk memberikan kesan yang sejuk dan indah dipandang mata, selain keadaan yang selalu bersih juga yang tak kalah pentingnya adalah menanam tanaman perdu atau sejenis bunga. Hal ini sangat mudah dan pasti bisa dilakukan oleh semua orang. Jangan membiarkan rumah Anda tampak gersang tanpa ada satu pun tanaman yang menghiasi tempat tinggal Anda. Karena semegah apapun rumah Anda jika lingkungannya terlihat gersang dan kering pasti tidak akan nyaman dipandang dan harga jual rumah akan turun.

  • Advertisement
  • 5. Memeriksa jaringan kabel

  • Memeriksa instalasi kabel jangan sampai di sepelekan. Jika instalasi kabel yang tidak teratur akan berdampak bahaya pada rumah Anda. Banyak contoh kasus kebakaran rumah dikarenakan arus pendek. Ini dikarenakan jaringan kabel yang tidak tertata dan tidak terawat. Periksa jaringan kabel rumah Anda 6 bulan sekali untuk memastikan kabel tidak ada yang rusak karena ulah tikus di atap Anda. Jika ada yang rusak gantilah dengan yang baru dan tatalah lagi dengan rapi.

  • 6. Menjaga kebersihan secara rutin

  • Salah satu hal yang tak kalah pentingnya adalah faktor kebersihan secara menyeluruh dan hal ini sangat mudah Anda lakukan secara berkala atau rutin. Seperti menyapu, mengepel, membersihkan halaman, serta membersihkan saluran air di sekeliling rumah Anda.

  • 7. Memeriksa sambungan pipa air

  • Periksalah sambungan pipa air baik pipa air bersih maupun pipa air pembuangan. Jika ada kerusakan atau pipa bocor, maka gantilah dengan yang baru karena sambungan pipa sangat rentan terjadi kebocoran. Oleh karena itu, sebelum terjadi kerusakan lebih baik melakukan perawatan secara rutin.

Bantu kami menyebarkan

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Hal-Hal Murah dan Mudah untuk Menaikkan Harga Rumah Kita

Sekecil apapun pendapatan atau upah yang Anda terima, usahakan untuk bisa menabung atau menyisihkannya untuk masa depan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr